Don't Show Again Yes, I would!

Game Edukasi untuk Anak SD yang Mendukung Proses Pembelajaran

Apa saja game edukasi untuk anak SD yang dapat diterapkan selama proses pembelajaran? Terdapat banyak permainan yang dapat dilakukan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

Permainan dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga peserta didik lebih aktif. Ada beberapa game edukasi untuk anak SD yang sederhana dan menyenangkan untuk dilakukan.

Tidak hanya menyenangkan tetapi game edukasi untuk anak SD juga memiliki manfaat dan kegunaan dalam mendukung proses pembelajaran untuk mencapai sebuah tujuan belajar.

Berikut ini adalah ulasan beberapa contoh game edukasi untuk anak SD.

Game Edukasi untuk Anak SD

Permainan Tebak Kata

Permainan tebak kata menjadi game edukasi untuk anak SD yang dapat memperkaya kosakata anak.

Tidak hanya dilakukan di sekolah, permainan tebak kata dapat diterapkan di rumah. Penerapan di sekolah guru tidak perlu menyiapkan alat dan bahan dan dapat diterapkan pada setiap level siswa. Guru dapat menentukan tema yang akan digunakan misal, tema tentang pekerjaan, hewan atau kata kerja.

Permainan Kosa Kata Bahasa Inggris

Nah, permainan satu ini dapat diterapkan dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Siswa akan diajak untuk mengenal dan mengingat beragam kosakata bahasa inggris. Permainan kosakata bahasa Inggris dapat dilakukan dengan sistem mengubah sebuah kata bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris.

Guru juga dapat menerapkan dengan cara memainkan tebak-tebakan, hal ini dapat membuat siswa antusias selama proses pembelajaran.

Word chain

Permainan edukatif untuk anak SD selanjutnya adalah permainan sambung kata atau word chain. Jenis permainan ini dapat dilakukan dalam berbagai alternatif. Misal guru menyebutkan satu kata kemudian siswa satu persatu harus menyebutkan kata untuk yang berkaitan dengan yang disebutkan guru.

Alternatif lain adalah guru dapat menyebutkan satu kata, kemudian siswa akan menyebutkan kata dengan awalan suku kata terakhir dari kata yang disebutkan guru.

Misal guru menyebutkan kata “Lari”, maka sisa harus menyebutkan kata yang berawalan “-ri”, seperti “Rintangan”, “Rindang”, “Risau”. Lalu siswa selanjutnya juga akan menyebutkan kata yang berawalan suku kata terakhir yang telah disebutkan oleh siswa tadi.

Permainan edukatif ini dapat membuat siswa memperkaya kosakata serta mendorong siswa untuk berpikir dengan cepat.

 Permainan Oper Bola

Permainan oper bola dikombinasikan dengan tanya jawab akan membuat siswa lebih antusias dalam melakukan pembelajaran. Permainan ini juga dapat membuat suasana kelas lebih menyenangkan.

Cara melakukan permainan ini cukup mudah, guru hanya perlu menyiapkan bola plastik atau bola dari kertas. Kemudian guru akan memutar sebuah lagu, saat lagu diputar bola akan dioper oleh siswa secara bergantian. Saat musik berhenti, maka sisa yang memegang bola harus menjawab pertanyaan yang akan diajukan oleh guru.

Game edukatif ini dapat akan mendorong siswa untuk belajar lebih giat, selain itu siswa juga akan belajar fokus dan konsentrasi.

Memory Game

Memory game adalah jenis game edukatif untuk anak SD yang dapat dilakukan secara online atau offline. Jenis permainan ini juga dapat dilakukan pada berbagai mata pelajaran, matematika sekalipun.

Misal untuk pelajaran ,matematika, guru dapat membuat sebuah soal dimana siswa harus mencocokkan rumus dengan bangun datar yang tepat.

Dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, guru dapat menyiapkan berbagai kartu yang berisi kosakata bahasa Inggris, kemudian guru menyiapkan kartu lainnya dimana isinya adalah terjemahan bahasa Indonesia dari katu pertama.

Lalu kartu akan diajak, dan siswa bertugas mencocokkan kartu bahasa Inggris dengan kartu Bahasa Indonesia sesuai dengan durasi waktu yang ditentukan.

Metode Quiz

Salah satu game edukatif untuk anak SD yang seru untuk dilakukan dalam proses pembelajaran adalah quiz.

Kuis online maupun offline akan memacu motivasi siswa dalam belajar lebih giat. Semua mata pelajaran dapat menggunakan metode quiz ini.

Untuk lebih memotivasi siswa, guru dapat memberikan hadiah atau reward berupa benda atau poin pada siswa yang dapat menyelesaikan quiz dengan tepat.

Permainan Teka-Teki

Teka teki menjadi salah satu game edukatif untuk anak SD yang patut dilakukan. Game ini dapat dilakukan pada berbagai jenis mata pelajaran. Guru dapat menyiapkan teka teki dapat pula berupa puzzle atau teka teki silang. Kemudian disiapkan pertanyaan dan siswa harus menyelesaikan teka teki dengan benar. Permainan ini dapat dilakukan secara berkelompok maupun individu.

Demikian adalah beberapa rekomendasi game edukatif untuk anak SD yang dapat diterapkan dalam sebuah proses pembelajaran. 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *