Don't Show Again Yes, I would!

Gamifikasi dalam Pembelajaran, Keuntungan dan Tantangan yang Harus Dihadapi

Seiring perkembangan zaman yang terus mengalami kemajuan, khususnya dalam bidang teknologi dan pengetahuan. Munculah konsep pendekatan pembelajaran dengan metode gamifikasi.

Apa itu gamifikasi dalam pembelajaran? Bagi guru menerapkan metode pembelajaran ini dapat membawa keuntungan bagi kegiatan belajar mengajar.

Namun, selain keuntungan guru juga perlu siap dengan tantangan-tantangan yang harus dihadapi dalam penerapan metode pembelajaran gamifikasi.

Mau tahu bagaimana konsep gamifikasi dalam pembelajaran? Ayo simak ulasan berikut ini.

Gamifikasi dalam Pembelajaran

Gamifikasi adalah metode pembelajaran yang mengadaptasi elemen-elemen dalam game thinking seperti skor, poin atau hadiah untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Selain itu, gamifikasi juga memberikan motivasi bagi siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

Metode pembelajaran ini dapat diterapkan dengan permainan berbasis edukatif, yang memberikan tantangan kepada siswa untuk menyelesaikan sebuah persoalan.

Metode ini akan memberikan pengalaman berbeda pada peserta didik, yang biasanya kegiatan pembelajaran didominasi oleh aktivitas transfer ilmu antara guru dan siswa. Namun, dengan pendekatan gamifikasi kegiatan pembelajaran akan berpusat pada peserta didik.

Gamifikasi terinspirasi dari game-game dan simulasi permainan yang berkembang di antara anak muda. Siswa bertindak sebagai player dan harus menyelesaikan sebuah permainan atau misi yang telah disusun oleh guru.

Perlu diingat bahwa game dan gamifikasi adalah sesuatu yang berbeda meskipun memiliki beberapa persamaan konsep. Dalam gamifikasi konsep pembelajaran dianalogikan dengan game thinking seperti menyelesaikan misi, atau pemberian pencapaian dilakukan seperti ada sistem  game. Sedangkan dalam game sendiri lebih mengutamakan sisi desain visual menarik untuk dijadikan hiburan oleh pemain.

Keuntungan Penerapan Gamifikasi

Penerapan gamifikasi dalam strategi pembelajaran memberikan keuntungan-keuntungan bagi siswa dan guru.

Selain seperti yang telah disebutkan diatas bahwa gamifikasi dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik, metode ini juga dapat meningkatkan pemahaman topik pembelajaran.

Untuk selengkapnya berikut ini adalah keuntungan-keuntungan penerapan gamifikasi dalam sebuah pembelajaran.

Meningkatkan Keterlibatan Siswa

Penerapan gamifikasi didesain dengan menarik dan menyenangkan sehingga, secara tidak sadar siswa telah melakukan pembelajaran sesuai tujuan belajar dengan cara yang menyenangkan.

Sehingga diharapkan dengan strategi pembelajaran seperti ini, peserta didik dapat aktif di kegiatan belajar mengajar. Mereka akan merasa tertantang untuk menyelesaikan misi atau mendapatkan poin dan hadiah yang dapat memacu keaktifan peserta didik.

Meningkatkan Motivasi Peserta Didik

Selain, meningkatkan keterlibatan gamifikasi juga membuat peserta didik menjadi termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

Pernahkan kamu mendapati siswa yang bosan dan terlihat jenuh selama pembelajaran? Saat keterlibatan siswa meningkatkan mak siswa dapat memotivasi dirinya untuk mengikuti kegiatan. Motivasi ini juga didapatkan karena siswa merasa tertantang dan ingin mendapatkan penilaian yang baik.

Mendorong Kemampuan Interaksi Sosial

Gamifikasi dengan permainan edukatif menggunakan teknik kolaboratif, dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan interaksi sosial siswa.

Siswa akan aktif dalam berkomunikasi untuk bekerjasama dengan masing-masing kelompok agar mereka mendapatkan hasil yang diinginkan. Dalam proses tersebutlah siswa akan meningkatkan interaksi sosial yang dapat berguna saat mereka sudah lulus.

Membantu Peserta Didik Memiliki Kemampuan Berpikir Kritis

Guru dapat mendesain permainan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Dengan cara tersebut akan mendorong peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis dan dapat menyelesaikan sebuah masalah dengan kemampuan problem solving.

Selain itu, peserta didik juga dapat menyelesaikan persoalan dengan cara dan ide-ide yang kreatif karena setiap individu memiliki cara berpikir yang berbeda. Hal ini membuktikan bahwa satu masalah dapat diselesaikan dengan berbagai cara dan metode yang berbeda.

Belajar Lebih Menyenangkan dan Interaktif

Dengan adanya konsep gamifikasi siswa akan diberi sebuah misi atau permainan untuk mencapai tingkat tertentu dan mendapatkan poin. Dengan metode ini siswa akan merasa bahwa belajar adalah hal yang menyenangkan. Gamifikasi juga termasuk metode belajar interaktif dan meningkatkan berbagai keterampilan siswa.

Melatih Sikap Kompetitif yang Sehat

Seperti halnya dalam sebuah permainan, konsep gamifikasi menjadikan antar kelompok tertantang. Sehingga timbulnya sikap kompetitif yang sehat antar siswa.

Melatih Kerjasama Peserta Didik

Penerapan gamifikasi dapat dilakukan dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Jika ingin berhasil memecahkan persoalan, maka setiap kelompok harus dapat bekerjasama dengan baik. sehingga metode ini menjadikan siswa terbiasa bekerjasama.

Tantangan Penerapan Gamifikasi

Selain berbagai keuntungan, gamifikasi juga memberikan tantangan yang harus dihadapi oleh guru. Beberapa tantangan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Membutuhkan Perencanaan dan Desain yang Tepat

Meskipun penerapan gamifikasi terkesan menyenangkan, namun diperlukan perencanaan yang matang oleh guru. Desain dan perencanaan harus dapat dilakukan secara optimal. Karena jika tidak didesain dengan menarik justru akan menimbulkan kebingungan untuk peserta didik.

Ketergantungan

Bagi peserta didik gamifikasi memang proses pembelajaran yang menyenangkan. Namun, diperhatikan jangan sampai siswa menjadi ketergantungan dalam permainan bukan topik pembelajarannya. Dapat saja siswa hanya fokus pada menyelesaikan misi dan tantangan bukan untuk memahami pentingnya topik yang dibahas atau dikerjakan. oleh karena itu, guru harus dapat menyeimbangkan pelaksanaan metode belajar ini dengan efektif.

Membutuhkan Media atau Teknologi

Beberapa gamifikasi dilakukan dengan menggunakan media, alat atau teknologi yang mendukung. Sedangkan untuk beberapa sekolah ada yang tidak memiliki tekn0logi tersebut. Hal ini dapat menjadi penghambat karena kurangnya pemerataan alat dan media pembelajaran.

Itulah pengertian tentang konsep gamifikasi dalam dunia pendidikan khususnya untuk proses pembelajaran. Gamifikasi menawarkan berbagai keuntungan untuk diterakan. Tetapi dalam implementasinya metode ini perlu dipersiapkan dengan baik dan tepat agar efektif untuk proses kegiatan belajar mengajar.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *