Don't Show Again Yes, I would!

Hati-hati! Hal Berikut Ini Jadi Penyebab Gagal Lolos Seleksi Administrasi CPNS

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 segera dibuka, sebelum itu perhatian hal-hal penyebab gagal lolos seleksi administrasi yang dibahas dalam artikel kali ini.

Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab gagal lolos seleksi administrasi CPNS. Sehingga peserta perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Dengan memperhatikan faktor penyebab gagal lolos seleksi administrasi CPNS, maka kamu dapat meningkatkan peluang untuk lolos.

Penyebab Gagal Seleksi Administrasi CPNS

Menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diinginkan. Pendaftar CPNS dan PPPK juga tidak pernah sepi pelamar setiap tahun. Namun, terkadang terdapat pelamar yang tidak sengaja atau kurang teliti selama seleksi yang membuat mereka gagal.

Tes pertama yang harus dilewati oleh pelamar adalah seleksi administrasi CPNS. Dalam seleksi administrasi dibutuhkan ketelitian karena akan mempengaruhi kelulusan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membuat gagal seleksi administrasi CPNS.

Tidak Sesuai Syarat

Untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi CPNS kamu harus memenuhi persyaratan yang ada. Jika dari satu syarat saja tidak sesuai akan mempengaruhi kelulusan seleksi administrasi CPNS. Jadi, perhatikan dengan benar persyaratan yang ada.

Usia Tidak Sesuai

Untuk dapat melamar pada seleksi CPNS usia minimal adalah 18 tahun dan maksimal 35 tahun sedangkan maksimal 40 tahun untuk pelamar jabatan dokter dan dokter gigi.

Jika kamu belum berusia 18 tahun atau melebihi usia maksimal maka tentu saja akan tidak lolos seleksi administrasi CPNS.

Melakukan atau Pernah Manipulasi Berkas

Manipulasi dokumen dan identitas diri sangat dilarang pada seleksi CPNS. Jika kamu mencoba mengisi dan mengunggah berkas yang tidak benar maka dapat terancam pidana denda paling banyak Rp 75 juta atau kurungan 6 Tahun.

Selain itu, jika didapati peserta yang pernah melakukan kecurangan pada tes sebelumnya juga tidak akan bisa lolos seleksi administrasi CPNS. Bahkan jika ada yang melakukan kecurangan maka namanya akan di banned dan tidak akan dapat mendaftar seumur hidup.

Salah Membubuhkan e Materai

Membubuhkan e materia adalah salah satu tahap yang harus dilakukan dalam tahap seleksi administrasi CPNS. E materai biasa digunakan untuk surat lamaran atau surat pernyataan. Jangan sampai salah membubuhkan e materai pada dokumen yang diperlukan karena dapat berpengaruh pada lulus seleksi administrasi.

Surat Lamaran Tidak Sesuai

Terdapat perbedaan penulisan surat lamaran pada beberapa instansi dan lembaga pada seleksi CPNS. Biasanya telah disediakan format untuk surat lamaran pada masing-masing instansi.

Kamu harus mengunggah format surat lamaran sesuai dengan instansi tujuan, menggunakan surat laman yang tidak sesuai format dapat membuat kamu gagal seleksi administrasi.

Kualifikasi Pendidikan Tidak Sesuai

Setiap posisi pada seleksi CPNS memiliki syarat kualifikasi pendidikan yang harus sesuai. Sehingga salah satu faktor kegagalan dalam lolos seleksi administrasi CPNS adalah karena ketidaksesuaian kualifikasi pendidikan. Jika instansi membutuhkan S1 Teknik Kimia, maka kualifikasi pendidikan yang dapat mendaftar juga S1 Kimia.

Hasil Scan Dokumen Tidak Terbaca

Tes seleksi administrasi CPNS dilakukan lewat daring, dan pelamar diharuskan mengunggah beberapa dokumen sesuai persyaratan. Dokumen yang diunggah harus di scan terlebih dahulu. Sehingga jika hasil scan tidak jelas dan tidak dapat dibaca, maka kamu akan gagal dalam tes seleksi administrasi CPNS.

Biasanya file yang kompres ke ukuran yang lebih kecil akan membuat tampilannya menjadi tidak jelas, sehingga sebelum mengunggahnya, pastikan kembali apakah dokumen dapat terbaca atau tidak.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *