Don't Show Again Yes, I would!

Ice Breaking di Kantor Seru, Jadikan Kerja Lebih Semangat

Apa saja contoh ice breaking di kantor yang seru dan menyenangkan? Bekerja setiap hari di kantor dapat membuat pegawai jenuh dan bosan melakukan rutinitas yang sama setiap hari.

Nah, untuk menghilangkan kejenuhan di kantor dapat melakukan ice breaking di sela-sela istirahat atau saat melakukan sebuah acara.

Selain menghilangkan kejenuhan, ice breaking di kantor dapat meningkatkan hubungan antar teman kerja.

Berikut ini adalah rekomendasi ice breaking di kantor yang seru dan menyenangkan.

Mengenal Ice Breaking

Sebelum mengetahui contoh-contoh ice breaking di kantor yang seru tidak ada salahnya mengetahui pengertian ice breaking.

Pengertian ice breaking adalah kegiatan yang dilakukan untuk mencairkan suasana saat melakukan kegiatan supaya menghilangkan rasa jenuh, bosan, dan capek sehingga dapat meningkatkan semangat kembali.

Istilah ice breaking diambil dari bahasa Inggris yang artinya adalah pemecah es, secara istilah adalah metode atau suatu cara untuk mencairkan suasana atau memperkenalkan dan memulai sebuah kegiatan dengan menyenangkan.

Manfaat Ice Breaking

Menerapkan ice breaking di kantor akan mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut.

  • Membuat suasana kaku menjadi cair dan lebih nyaman
  • Membuat suasana rileks
  • Melatih fokus atau konsentrasi peserta
  • Melatih kerjasama tim
  • Membentuk jiwa kepemimpinan
  • Menghilangkan rasa bosan, jenuh dan mengantuk
  • Mengoptimalkan kreativitas, logika dan daya pikir
  • Mempererat hubungan antar peserta

Contoh Ice Breaking di Kantor

Berikut ini adalah rekomendasi ice breaking di kantor yang dapat diterapkan untuk mengembalikan semangat pegawai.

Tebak Logo Produk

Ice breaking di kantor yang seru adalah permainan tebak logo produk. Kegiatan ini cocok dilakukan di tempat kerja, dapat dilakukan di sela-sela kegiatan kantor atau di sebuah acara.

Cara melakukan ice breaking ini sangat mudah, caranya siapkan gambar beberapa logo dapat dilakukan dengan proyektor, laptop atau dicetak.

Kemudian peserta akan berbaris dan menebak produk sesuai dengan logo yang ditempel. Jika peserta salah dapat dihukum dengan dicoret mukanya menggunakan tepung.

Sambung Lagu

Jenis ice breaking ini tentu sudah tidak asing lagi, karena banyak dilakukan dalam banyak kegiatan.

Kegiatan ice breaking di kantor menggunakan permainan sambung lagu adalah kegiatan yang menyenangkan dan dapat mencairkan suasana.

Caranya adalah dengan menyanyikan salah satu lagu, kemudian saat pemimpin memberikan aba-aba stop peserta berhenti bernyanyi.

Kata terakhir yang diucapkan harus diteruskan menjadi lagu lain untuk peserta selanjutnya.

Kuis Trivia

Ice breaking menggunakan metode kuis dapat meningkatkan semangat pegawai, untuk lebih membuat kegiatan ini seru dapat disiapkan beberapa hadiah.

Melakukan kuis trivia cukup mudah hanya perlu menyiapkan pertanyaan terkait kantor seperti sejarah, nama-nama pemimpin, budaya dan presentasi kantor.

Kemudian pegawai akan berusaha menjawab kuis yang diberikan untuk mendapatkan hadiah.

Berburu Harta Karun

Ice breaking di kantor dengan melakukan permainan berburu arta katus menjadi kegiatan yangs eru dilakukan.

Cara memainkan adalah pemimpin ice breaking membuat daftar barang-barang yang harus ditemukan oleh tim peserta. Barang-barang harus ada disekitar kantor.

Kemudian setiap tim peserta akan berusaha dengan cepat menemukan barang=barang tersebut.

Building Tower

Nah, ice breaking satu ini dapat dilakukan di sela-sela istirahat atau waktu coffee break di kantor. Kegiatan ini akan membantu membangun kekompakkan tim kerja.

Carana adalah membagi karyawan menjadi beberapa tim, kemudian setiap tim akan ditugaskan membanguns beuah menara tinggi.

Namun, bahan yang digunakan untuk membuat menara arus menggunakan benda benda yang ada di sekitar kantor.

Tim yang berhasil membuat menara paling tinggi dalam durasi waktu yang telah ditentukan, akan menjadi pemenangnya.

Truth and Dare

Permainan truth and dare sudah tidak asing lagi ditelinga kita, karena tidak hanya di kantor tetapi kegiatan  ini sering dilakukan di berbagai tempat.

Permainan ini cukup simpel hanya perlu menyiapkan sebuah botol. Kemudian karyawan akan mengelilingi botol. Lalu, botol akan diputar, peserta yang ditunjuk oleh botol adalah yang akan menjawab.

Peserta lain saat memberikan pernyataan pada siswa terpilih, jika peserta terpilih memutuskan truth mak harus menjawab dengan jujur. Tetapi, jika tidak berani menjawab jujur akan melakukan hukuman.

Kursi Goyang 

Ice breaking di kantor selanjutnya yang menyenangkan adalah melakukan permainan kursi goyang. Caranya mudah, yang perlu disiapkan adalah lagu dan kursi.

Pertama pemimpin permainan akan memainkan sebuah lagu yang asik kemudian kursi di tata melingkar dengan jumlah kurang dari peserta ice breaking.

Saat lagu dimainkan karyawan harus berjoget sambil mengelilingi kursi, saat lagu berhenti peserta harus berebut untuk duduk di kursi. Peserta yang tidak mendapatkan kursi harus keluar dari permainan, setiap ada yang keluar satu kursi juga harus dikeluarkan.

Peserta paling lama bertahan adalah yang menang, kegiatan ini dapat memperkuat hubungan antar karyawan, serta mencairkan suasana.

Tepuk Angka

Ice breaking tepuk angka adalah permainan yang sangat sederhana tanpa membutuhkan peralatan khusus. Permainan ini dapat dilakukan saat istirahat atau acar tertentu untuk menghidupkan kegiatan.

Caranya adalah setiap karyawan akan berhitung mulai dari satu hingga seterusnya, tetapi setiap kelipatan yang ditentukan misal setiap kelipatan 3 maka hitungan harus diganti dengan tepuk tangan tanpa menyebutkan angkanya.

Dengan permainan ini akan melatih konsentrasi dan fokus karyawan, sehingga saat bekerja akan kembali fokus.

Demikian adalah contoh-contoh ice breaking di kantor yang seru dan menyenangkan.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *