Don't Show Again Yes, I would!

Ide Class Meeting SD Menyenangkan dan Menarik

Kegiatan class meeting dilakukan setelah masa ujian semester selesai, mulai dari jenjang SD, SMP, hingga SMA/SMK. Jika kamu sedang mencari ide class meeting SD yang menarik dan menyenangkan berikut ini akan duniamu.id berikan rekomendasinya.

Terdapat banyak ide class meeting SD yang dapat diterapkan tidak hanya menyenangkan, tetapi beberapa kegiatan juga bersifat edukatif.

Kegiatan class meeting memiliki beberapa manfaat untuk siswa, salah satunya adalah wadah refreshing, sehingga siswa tidak tertekan setelah beberapa minggu mempersiapkan ujian semester.

Mau tau ide class meeting SD apa saja yang dapat diterapkan, ayo simak ulasan berikut ini.

Mengenal Manfaat Class Meeting

Sebelum mempelajari ide class meeting SD yang berbagai macam, tidak ada salahnya kita mengetahui lebih dekat apa saja manfaat kegiatan ini.

Class meeting diambil dari istilah Bahasa Inggris yang artinya adalah pertemuan antar kelas. Kegiatan ini biasanya dilakukan secara rutin setelah berakhirnya penilaian akhir semester.

Kegiatan yang dilakukan untuk mengisi class meeting biasanya adalah perlombaan dan pertandingan. Baik dalam bidang olahraga maupun non olahraga yang dipersiapkan oleh panitia untuk peserta didik.

Selain itu, biasanya panitia juga mempersiapkan berbagai macam hadiah yang akan diberikan pada pemenang lomba. Kegiatan class meeting yang dilakukan di sekolah-sekolah tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah sebagai berikut.

Refreshing

Setelah mempersiapkan dan melaksanakan ujian semester, energy siswa pasti akan terkuras. Sehingga, diperlukan kegiatan yang dapat merefresh kembali pikiran, supaya tidak jenuh dan lelah. Nah, salah satu kegiatan tersebut adalah class meeting.

Mengembangkan bakat minat

Tidak hanya sebagai wadah refreshing, tetapi class meeting juga dapat digunakan oleh guru untuk melihat bakat minat siswa. Misal diadakan perlombaan sepak bola, basket atau lainnya, guru dapat melihat talenta peserta didik, untuk kemudian dikembangkan lebih jauh.

Melatih kerjasama dan kekompakan

Banyak ide class meeting SD yang dilakukan secara berkelompok, sehingga hal ini dapat menumbuhkan sikap kerjasama dan kekompakkan siswa.

Menubuhkan sikap kompetitif dan sportif

Perlombaan dan pertandingan aka menumbuhkan sikap mental kompetitif dan sportif bagi siswa.

Ide Class Meeting SD

Pada jenjang Sekolah Dasar rata-rata memiliki rentang usia yang lebih beragam karena ada 6 kelas. Sehingga terdapat banyak pula ide class meeting SD yang dapat diterapkan untuk mengisi waktu kosong setelah ujian semester.

Perlombaan Permainan Tradisional

Kegiatan class meeting SD yang pertama adalah perlombaan permainan tradisional, seperti engklek, congklak, lompat tali, petak umpet dan gasing.

Lomba ini dilakukan dengan menyenangkan dan bertujuan mengenalkan serta melestarikan budaya lewat permainan tradisional.

Namun, dalam penerapan perlombaan ini guru harus memperhatikan keamanan siswa siswinya. Lebih baik melakukan demonstrasi terlebih dahulu dan memastikan kemananannya.

Lomba Memasak

Ide class meeting SD selanjutnya adalah perlombaan memasak yang dapat mengeksplorasi kreativitas dan menumbuhkan kemandirian dari peserta didik.

Kegiatan ini dapat dilakukan untuk siswa kelas 4, 5 dan 6 SD. Guru menyiapkan siswa secara berkelompok kemudian membagikan resep mudah yang dapat mereka buat. Atau dapat ditentukan tema masakan seperti masakan/minuman tradisional, snack atau jajanan pasar dan lain sebagainya.

Fashion Show

Kegiatan fashion show dapat menjadi ide class meeting SD yang menarik dan menyenangkan. Setiap kelas dapat mengikuti perlombaan ini dengan mengirim beberapa siswa yang ingin berpartisipasi.

Agar kegiatan lebih menyenangkan guru dapat menentukan tema peragaan busana. Misal tema “Pahlawan”, “Pekerjaan”, atau busana menggunakan bahan-bahan bekas seperti plastik, kresek, kardus dan lain sebagainya.

Selain itu, guru juga dapat memberikan tema busana tradisional. Kegiatan ini akan meningkatkan kreativitas dan rasa percaya diri siswa. Guru juga dapat menyiapkan hadiah menarik untuk pemenang lomba.

Lomba Menulis Cerpen

Ide class meeting SD berikutnya memiliki unsur edukatif yaitu lomba menulis cerita pendek. Kegiatan ini akan mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang penulisan.

Siswa yang ingin mengikuti perlombaan cerpen dapat menulis cerita mereka lalu mengumpulkan pada guru. Guru dapat menentukan tema cerpen atau tidak membatasi tema sehingga siswa dapat mengembangka kreativitasnya tanpa batas.

Pertandingan Olahraga

Salah satu ide class meeting SD yang banyak dilakukan adalah pertandingan olahraga, seperti sepak bola, futsal, tarik tambang, kasti, lomba lari dan lomba voli. Banyak sekali ide-ide pertandingan olahraga yang dapat dilakukan selama kegiatan class meeting.

Kegiatan ini dapat dilakukan antar kelas. Melakukan kegiatan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik siswa dan mempererat persahabatan antar siswa.

Lomba E Sport

Game kini bukan lagi sekedar permainan untuk menghabiskan waktu luang, tetapi telah berkembang menjadi e sport. Lalu, guru juga dapat menerapkan sebuah perlombaan e sport selama kegiatan class meeting.

Namun, untuk menerapkan perlombaan e sport diperlukan persiapan yang matang, karena membutuhkan pernagkan seperti handphone dan jaringan internet.

Lomba Kebersihan dan Menghias Kelas

Salah satu ide class meeting SD yang dapat menumbuhkan kerjasama dan kekompakan siswa adalah perlombaan kebersihan dna menghias kelas.

Dengan kegiatan ini peserta didik akan bekerja sama bersama teman dalam membersihkan kelas serta menghias.

Demikian adalah beberapa ide class meeting SD yang dapat diterapkan setelah ujian semester selesai.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *