Don't Show Again Yes, I would!

Ini Dia 8 Keterampilan Mengajar yang Harus Dimiliki Oleh Guru

Seorang guru memiliki tugas dan kewajiban yang harus dilakukan untuk menjadi guru profesional. Terdapat tujuan-tujuan yang harus dicapai selama proses pembelajaran. Sehingga guru dituntut untuk memiliki berbagai keterampilan. Terdapat 8 keterampilan mengajar yang harus dimiliki oleh guru.

Tujuan dari keterampilan mengajar tersebut adalah agar guru dapat melakukan proses pembelajaran dengan baik, dan tercapainya tujuan belajar.

Lalu apa saja keterampilan mengajar yang diperlukan oleh guru? Ayo simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengapa Perlu Keterampilan Mengajar

Keterampilan mengajar adalah dasar kemampuan yang khusus dan harus dimiliki oleh guru dalam upaya melakukan tugasnya secara efektif dan efisien. Kemampuan guru dalam mengajar dapat dilihat dari beberapa indikator seperti tercapainya kompetensi dan tujuan pembelajaran. Untuk memiliki keterampilan dalam mengajar tentu saja diperlukan pengetahuan, dan kemampuan khusus. Hal ini dapat dilatih dan dipelajari.

Dengan memiliki keterampilan mengajar yang baik, maka guru dapat menjalankan pembelajaran lebih efektif. Selain itu, tujuan pembelajaran akan mudah tercapai. Dengan memahami keterampilan mengajar yang baik maka guru akan dapat menerapkan metode dan cara mengajar yang sesuai dengan peserta didik. Guru juga akan dapat memahami bagaimana cara memberikan stimulus yang benar saat proses interaksi belajar.

Dengan adanya keterampilan yang baik, maka pengetahuan yang disampaikan guru akan dapat mudah dimengerti dan dipahami oleh peserta didik. Jika peserta didik dapat memahami dengan baik, maka tujuan pembelajaran juga akan tercapai.

Selain itu, keterampilan mengajar juga diperlukan oleh guru supaya dapat menguasai materi dengan baik dan guru memahami bagaimana menyampaikan materi dengan tepat.

Macam-macam Keterampilan Mengajar Guru

Keterampilan Menjelaskan 

Keterampilan mengajar yang harus dimiliki oleh guru adalah kemampuan untuk menjelaskan sebuah materi atau informasi. Keterampilan ini adalah bagaimana cara guru menyajikan informasi yang terorganisir dan sistematis dengan menunjukkan adanya hubungan bagian satu dengan bagian lainnya.

Keterampilan Memberi Penguatan

Guru harus dapat mendorong peserta didik untuk senantiasa berperilaku baik, dan dapat mengubah karakter peserta didik menjadi lebih baik. Oleh karena itu diperlukan keterampilan memberikan penguatan.

Pemberian penguatan ini maka guru harus dapat memahami siswanya dengan baik, misal saat siswa kesulitan dalam mengikuti pembelajaran guru harus dapat mencari solusi tepat akna masalah tersebut, kemudian memberikan dorongan kepada peserta didik untuk tetap semangat.

Keterampilan Bertanya

Saat melakukan pembelajaran guru dan peserta didik akan melakukan komunikasi. Kebanyakan interaksi yang terjadi terjalin karena guru bertanya pada peserta didik. Pertanyaan juga dapat digunakan guru untuk memberikan stimulus dan memunculkan respon yang kritis dari siswa. Oleh karena itu guru memerlukan keterampilan bertanya ini.

Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran

Membuka dan menutup sebuah pembelajaran menjadi salah satu keterampilan yang diperlukan oleh seorang guru.

Keterampilan membuka pelajaran adalah bagaimana guru dapat menarik perhatian siswa, memberikan motivasi, serta acuan atau rujukan agar siswa dapat masuk ke pelajaran dengan baik dan tertarik dengan pembelajaran yang akan dilakukan. kegiatan menutup pembelajaran merupakan kemampuan bagaimana guru dapat mengorganisasikan pembelajaran yang telah dilakukan, memberikan feedback dan saran serta tindak lanjut untuk mempelajari materi baru.

Keterampilan Mengadakan Variasi

Keterampilan mengajar selanjutnya adalah bagaimana guru dapat memberikan variasi yang akan menjadi stimulus supaya peserta didik tidak merasa jenuh dan bosan. Variasi ini dapat berkaitan dengan cara guru mengajar. Seperti media pembelajaran yang digunakan atau metode pendekatan

Keterampilan Mengajar Perorangan atau Kelompok Kecil

Guru harus dapat mengajar secara perorangan atau kelompok kecil seperti 3 hingga 5 siswa. Guru dalam hal ini harus dapat membimbing proses diskusi misalnya dengan teratur dan membuat semua anggota berpartisipasi.

Keterampilan Membimbing Diskusi

Metode diskusi sering kali dipakai dalam berbagai pelajaran, oleh karena itu seorang guru harus memiliki keterampilan dalam membimbing diskusi. Guru harus dapat mengarahkan dan membimbing peserta didik untuk melakukan diskusi dengan baik.

Keterampilan Mengelola Kelas

Ini adalah keterampilan mengajar yang sangat penting dna harus dimiliki guru. Karena dengan menciptakan kelas yang kondusif dan tidak ada gangguan atau permasalahan yang dapat mendistraksi peserta didik, maka tujuan pembelajaran juga akan mudah tercapai.

Dalam hal ini keterampilan yang diperlukan seperti guru dapat mengatasi situasi yang tidak kondusif di kelas dengan baik. 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *