Don't Show Again Yes, I would!

Jenis Otot pada Manusia: Pengertian, Fungsi dan Ciri-ciri

Otot pada manusia dibedakan menjadi 3 jenis yaitu otot polos, otot lurik, dan otot jantung. Setiap jenis otot mempunyai karakteristik dan fungsinya masing-masing.

Otot pada manusia merupakan bagian tubuh yang sangat penting dan berhubungan dengan kemampuan manusia bergerak. Oto merupakan salah satu sistem gerak pada manusia. Otot disebut dengan sistem gerak aktif karena dapat menggerakkan tulang sehingga tubuh manusia dapat bergerak dengan bebas.

Untuk mengetahui dan mengenal lebih jauh jenis otot pada manusia, ayo simak materi berikut ini.

Pengertian otot pada manusia

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia otot adalah bagian dari jaringan kenyal yang ada dalam tubuh manusia serta hewan yang berfungsi untuk menggerakkan tubuh. Sehingga otot pada manusia merupakan anggota gerak yang berguna menggerakkan tubuh.

Otot pada manusia disebut dengan anggota gerak aktif, hal tersebut disebabkan karena kemampuan otot yang dapat bergerak sendiri.

Sedangkan tulang adalah anggota gerak pasif karena tidak dapat bergerak sendiri.  Jadi peran otot adalah sebagai penggerak tulang.

Sebagai anggota gerak aktif, otot memiliki 3 kemampuan utama yaitu kontraksibilitas, ekstensibilitas dan elastisitas.

  • Kontraktibilitas merupakan kemampuan otot untuk dapat memendek atau memanjang saat melakukan kegiatan.
  • Eksitabilitas adalah kemampuan otot untuk dapat memanjang lebih panjang dari ukuran sebelumnya.
  • Elastisitas yaitu kemampuan otot untuk kembali lagi pada ukuran semula.

Otot termasuk dalam jaringan dalam tubuh manusia yang tersusun paling banyak jumlahnya. Jaringan otot terdiri dari sel-sel panjangnya yang disebut dengan serabut otot, dimana jaringan ini dapat berkontraksi ketika mendapatkan rangsangan. Dapat dikatakan hampir setengah tubuh manusia terdapat jaringan otot.

Fungsi otot pada manusia

Fungsi utama dari otot pada manusia adalah sebagai anggota gerak aktif, namun selain itu otot juga memiliki kemampuan lain yang berfungsi sebagai berikut ini.

Melindungi organ-organ manusia

Otot pada manusia melindungi dan menjaga organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati dan lain sebagainya.

Menjaga suhu tubuh

Kontraksi otot dapat membuat tubuh menjadi panas, sehingga beberapa persen suhu panas dalam tubuh ini dihasilkan karena otot bekerja. Saat suhu tubuh turun maka otot akan meningkatkan aktivitasnya yang membuat suhu tubuh menjadi naik dan menjaga tubuh.

Mempertahankan postur tubuh

Otot berfungsi untuk menjaga postur tubuh agar tetap tegak, sehingga jika kalian memiliki otot yang kuat maka postur tubuh akan terlihat bagus. Saat otot tubuh lemah maka akan berpengaruh pada postur tubuh.

Mendukung proses pencernaan

Otot melindungi organ-organ dalam manusia, selain itu otot yang bekerja di lambung dan pada organ sistem pencernaan lain maka otot tersebut berguna dalam proses pencernaan. Misal ada gerak mendorong makanan yang ada pada kerongkongan.

Membantu pernapasan

Otot diafragma akan melakukan fungsinya saat manusia bernafas, selama proses pernapasan tersebut diagrafama akan datar sehingga organ paru paru membesar dan dapat menampung oksigen.

Jenis Otot pada Manusia

Jenis otot pada manusia dapat dibedakan dari struktur dan fungsinya, berikut ini adalah ketiga jenis otot tersbeut.

Otot Polos

Otot polos pada manusia berada pada organ-organ dalam seperti jantung, hati, paru-paru, usus, dan lain sebagainya. Otot polos bekerja tidak kenal lelah dan secara tidak sadar sehingga organ-organ tersebut dapat bekerja terus menerus. Ciri-ciri dan karakteristik otot polos adalah sebagai berikut.

Ciri-ciri dari otot polos antara lain adalah sebagai berikut:

  • Bekerja secara tidak sadar
  • Tidak mudah lelah
  • Bekerja secara teratur dan lambat
  • Berbentuk gelendong dengan kedua ujungnya runcing
  • Memiliki inti sel terletak pada tengah sel dan hanya ada satu

Otot Lurik

Jenis otot pada manusia selanjutnya adalah lurik yang terletak dan menempel pada kerangka tubuh manusia. Otot ini berperan dalam sistem gerak manusia seperti saat berjalan, berlari, meloncat, dan lain-lain. Oleh karena itu, otot ini bekerja secara sadar sehingga dipengaruhi oleh kemampuan berpikir manusia. Ciri-ciri otot lurik antara lain adalah sebagai berikut.

  • Bekerja sesuai dengan perintah dan otak manusia
  • Berbentuk panjang dan silindris, memiliki serat yang gelap dan terang
  • Terletak di rangka tubuh
  • Gampang lelah
  • Inti sel letaknya di tepi dan banyak

Otot Jantung

Seperti namanya otot jantung terletak di jantung, yang memiliki fungsi utama memompa darah ke seluruh tubuh. Saat kita merasakan denyut jantung maka kita dapat merasakan aktivitas otot saat berkontraksi dan berelaksasi. Kerja otot jantung adalah tidak sadar dan terus menerus. Otot ini memiliki cara kerja sama dengan otot polos tetapi bentuknya menyerupai otot lurik.

Ciri-ciri otot jantung adalah sebagai berikut

  • Bekerja secara tidak sadar
  • Tidak mudah lelah
  • Bekerja teratur dan lambat
  • Bentuknya silindris bercabang
  • Inti sel terletak di bagian tengah pusat

Demikian pengertian, fungsi otot manusia serta jenis otot pada manusia beserta dengan ciri-cirinya.

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *