Don't Show Again Yes, I would!

Jurusan Kuliah di Fakultas Teknik, Beserta Prospek Kerjanya

Jurusan kuliah fakultas teknik merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati oleh pelajar Indonesia. terdapat banyak jurusan di kuliah fakultas teknik yang memiliki prospek kerja bagus.

Tentu saja memilih jurusan kuliah bukanlah perkara yang mudah, sehingga perlu dipertimbangkan dengan baik.

Namun, bagi adik-adik yang ingin kuliah di fakultas teknik berikut ini adalah beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang dapat diambil.

Jurusan Kuliah di Fakultas Teknik

Terdapat berbagai pilihan jurusan kuliah di fakultas teknik yang dapat ,menjadi inspirasi adik-adik dalam menentukan pilihan.

Dengan banyaknya pilihan tersebut, maka kamu harus mempertimbangkan dengan tepat pemilihan jurusan kuliah. Karena hal tersebut dapat menentukan masa depan dan dunia kerja yang akan adik-adik meski nantinya.

Berikut ini adalah beberapa jenis jurusan kuliah yang ada di fakultas teknik beserta prospek kerjanya.

Jurusan Teknik Elektro

Jurusan kuliah di fakultas teknik yang cukup banyak diminati adalah teknik elektro. Yang akan dipelajari saat berkuliah di jurusan ini adalah tentang pembuatan dan pengembangan teknologi elektro seperti jaringan, sistem tenaga listrik, robotika, elektronik dan lain sebagainya.

Peluang kerja yang akan kamu dapatkan jika berkuliah di jurusan teknik elektro adalah menjadi insinyur listrik, pengembang robotik, electrical design engineer, hardware engineer, analisis sistem, pegawai negeri sipil atau PNS.

Teknik Mesin

Jurusan satu ini banyak diminati oleh calon mahasiswa laki-laki, seperti namanya dalam perkuliahan kamu akan mempelajari tentang sel beluk permesinan.

Hal-hal yang dibeli dari jurusan ini seperti pengembangan teknologi mesin seperti kendaraan, alat produksi, hingga lat-lat berat.

Sedangkan prospek kerja yang akan kamu dapatkan adalah menjadi konsultan mekanik bekerja di industri otomotif, desainer mekaik bekerja di industri pertambangan, dan PLN, teknisi atau operator mesin dan lain sebaiknya.

Teknik Informatika

Bagi kamu yang ingin bekerja di dunia teknologi dan informasi sepertinya akan cocok mengambil jurusan kuliah satu ini.

Berkuliah di jurusan ini kamu akan belajar tentang pemrograman, bahasa pemrograman, pengembangan perangkat lunak, kecerdasan buatan, big data, dan lain sebagainya.

Sedangkan peluang kerja yang akan kamu dapatkan setelah lulus adalah sebagai pengembang web, insinyur perangkat lunak, administrator jaringan, front end developer, iOS developer, data scientist dan data analyst, konsultan IT, dan masih banyak lagi.

Jurusan informatika merupakan salah satu jurusan yang memiliki peminat banyak bagi calon mahasiswa, yang ingin berulah di bidang teknologi.

Jurusan Teknik Sipil

Jika kamu memiliki bakat mengapa presisi mungkin jurusan ini adalah pilihan yang tepat. Teknik sipil adalah jurusan yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur seperti gedung, jembatan, jalan dan lain sebagainya.

Kamu akan belajar bagaimana cara merancang, membangun dan merenovasi sebuah bangunan dan infrastruktur dengan benar. Tidak hanya rancangan dan pembangunan tetapi dalam jurusan ini kamu juga mempelajari perawatan struktur bangunan dan lingkungan di sekitarnya.

Prospek kerja yang akan dapatkan adalah menjadi structural engineer, surveyor pengendalian bandungan, kontaktor, konsultan konstruksi, insinyur lingkungan, dan lain sebagainya.

Teknik Industri

Jurusan kuliah di fakultas teknik selanjutnya adalah teknik industri yang menghubungkan antar bidang ilmu teknik dengan ilmu manajemen.

Dalam jurusan ini kamu akan belajar bagaimana cara mengoptimalkan kegiatan manusia dalam bidang industri seperti produksi, pengelolaan dan ekonomi.

Peluang kerja yang akan kamu dapatkan setelah lulusan dari jurusan Teknik Sipil adalah menjadi peneliti Market, perancangan produksi, manajemen dan perancangan distribusi, pengembang produk, manajemen tenaga kerja, supply chain and operation control serta masih banyak lagi.

Teknik Perminyakan

Teknik perminyakan adalah mata kuliah yang mempelajari tentang penambangan fluida, yaitu berupa minyak bumi, panas bumi, dan gas alam.

Hal-hal yang akan dipelajari seperti eksplorasi, eksploitasi, dan pengelolaan hasil tambang.

Kamu akan berpeluang bekerja di perusahaan pertambangan yang terkenal dengan gajinya yang tinggi. Prospek kerja yang akan kamu dapatkan antara lain adalah sebagai teknik tembang, kontraktor, ahli produsen minyak, ahli k3, insinyur pengeboran, ahli teknik energi dan lain-lain.

Teknik Perkapalan

Menjadi salah satu jurusan kuliah yang banyak diminati adalah teknik perkapalan. Kamu akan mempelajari segala hak yang berkaitan dengan kapal, seperti perancangan dan pembangunan kapal, pegoeraisanm dan sistem bisni di aramda kapal.

Kamu dapat bekerja di perusahan BUMN maula swasta deg posisi sebagai surveyor kapal, marine project manager, konsultan desain dan rekayasa, welding inspector, engineer kapal dan lain-lain

Teknik Nuklir

Jurusan teknik nuklir adalah jurusan kuliah yang akan mempelajari ilmu inti atom serta menggunakan prinsip fisika nuklir.

Hal yang kamu pelajari antara lain adalah pemanfaatan enerhi nulki, pemgembangan teknolohi nilkur, ielmu rekayasa menulis dan keselamatan serta keamanan berkarya dengan nuklir.

Prospek kerja yang akan kamu apakan jika berkuliah di jurusan ini adalah dapat bekerja di lembaga pemerintahan BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional), bekerja di BAPETEN (Badan pengawas Tenaga Nuklir), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, bekerja di Pertamina dan lain sebagainya.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *