Don't Show Again Yes, I would!

Karya Seni 3 Dimensi: Pengertian, Unsur, dan Contohnya

Pernahkah kamu melihat sebuah patung? Tahukah kamu bahwa patung termasuk dalam jenis karya seni 3 dimensi?.

Karya seni dibuat dengan tujuan tertentu, dengan keunikan dan karakteristiknya masing-masing. Begitu juga dengan karya seni 3 dimensi yang memiliki beberapa fungsi tertentu. Karya seni 3 dimensi juga memiliki unsur-unsur yang membedakan dengan jenis karya seni lainnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis karya seni 3 dimensi, termasuk unsur contoh, teknik dan contohnya, simak ulasan di bawah ini.

Pengertian karya seni 3 dimensi

Secara umum karya seni 3 dimensi adalah karya seni yang memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi yang diciptakan manusia dengan tujuan tertentu. dalam karya seni 3 dimensi terdapat panjang, lebar dan tinggi sehingga terlihat volume dan adanya ruang dalam karya seni tersebut.

Dengan pengertian tersebut sehingga karya seni 3 dimensi dapat dilihat dari berbagai sisi. Kita dapat menemui karya seni 3 dimensi di beberapa tempat, tidak hanya di galeri saja tetapi banyak juga dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari.

Karya seni tiga dimensi memiliki ciri khusus yaitu memiliki panjang. Lebar, dan tinggi, menempati ruang serta dapat dilihat dari segala sudut pandang.

Unsur karya seni 3 dimensi

Untuk menjadi karya seni yang indah dan menarik karya seni 3 dimensi memiliki unsur-unsur, yaitu sebagai berikut.

Bentuk

Sebuah karya seni 3 dimensi berupa sebuah bentuk seperti bangun atau plastis. Bangun biasanya bentuknya polos. Sedangkan plastis bukan hanya dilihat dari bentuk tetapi juga kegunaannya seperti kursi. Terdapat 2 bentuk dalam karya seni ini yaitu bentuk formal dan bentuk non formal.

Bentuk formal, yaitu bentuk yang memiliki ukuran sesuai dengan namanya seperti kubus, kerucut, silinder, balok dan lain-lain.

Bentuk non formal, merupakan bentuk karya seni 3 dimensi yang bentuknya tidak beraturan dan memerlukan sebuah ukuran ketentuan.

Tekstur

Unsur karya seni 3 dimensi selanjutnya adalah tekstur, yaitu kondisi permukaan atau lapisan benda. Tekstur merupakan sifat permukaan benda, seperti halus, kasar, bergelombang, licin, dan lain sebagainya. Unsur tekstur ini terdapat 2 jenis berdasarkan jenisnya yaitu tekstur nyata dan tekstur semu.

  • Tekstur nyata, adalah tekstur yang memiliki nilai sesuai dengan penglihatan.
  • Tekstur semu, adalah tekstur yang mempunyai nilai kandungan tidak sama dengan penglihatan atau perabaan.

Ruang

Ruang adalah unsur karya seni 3 dimensi yang menunjukan dimensi karya tersebut, ruang dalam karya seni adalah yang membentuk volume. Terdapat dua jenis ruang yaitu ruang nyata dan ruang imajinasi.

  • Ruang nyata, adalah ruangan yang terlihat saat dalam keadaan benar-benar ada seperti ruang tamu.
  • Ruang imajinasi, adalah ruangan yang hanya dapat dirasakan melalui khayalan atau imajinasi seperti ruangan yang ada pada gambaran.

Warna

Warna menjadi unsur karya seni yang membuat karya tersebut lebih menarik dan terpancar keindahan. Beberapa warna juga disesuaikan dengan arti karya seni tersebut, seperti warna putih untuk melambangkan kesucian, warna merah bermakna keberanian dan lain sebagainya.

Jenis karya seni 3 dimensi

Sebuah karya seni dibuat dengan maksud dan tujuan serta fungsi tertentu begitu juga dengan karya seni 3 dimensi. Berdasarkan fungsinya karya seni 3 dimensi dibedakan menjadi dua yaitu karya seni rupa murni dan karya seni rupa terapan.

Karya seni rupa murni

Pure art atau karya seni rupa murni adalah karya seni 3 dimensi yang diciptakan dengan fungsi semata-mata hanya untuk dinikmati keindahannya saja, sehingga karya seni dibuat dengan sangat bagus. Contoh karya seni murni adalah patung.

Karya seni terapan

Applied art atau karya seni terapan adalah sebuah karya seni yang dibuat selain dinikmati keindahannya juga memiliki nilai guna untuk dipakai membantu pekerjaan atau digunakan oleh manusia. Contoh karya seni terapan adalah kursi rotan, lemari rotan, tikar rotan.

Contoh karya seni 3 dimensi

Contoh dari karya seni 3 dimensi mudah ditemukan di berbagai tempat dekat dengan keseharian masyarakat. Berikut ini contoh-contoh karya seni 3 dimensi.

Karya seni kriya

Kriya adalah karya seni 3 dimensi yang menggunakan keterampilan tangan dan memperhatikan bentuk fisik serta keindahan. Contoh karya seni kriya biasanya digunakan untuk dekorasi, furnitur dan lain sebaiknya.

Untuk membuat karya seni kriya dapat menggunakan beberapa teknik antara lain adalah sebagai berikut.

  • Teknik pahat atau ukir, biasa digunakan dalam pembuatan karya seni 3 dimensi seperti patung arca, yang membutuhkan teknik pahat atau ukir untuk membuat dekorasinya.
  • Teknik butsir, adalah teknik yang digunakan pada karya seni 3 dimensi biasanya terbuat dari tanah liat, menggunakan bahan yang lunak, teknik butsir adalah teknik menambah dan mengurangi objek.
  • Teknik batik, pembuatan teknik ini biasanya dengan cara cap, tulis atau lukis. Teknik batik dalam karya seni 3 dimensi dapat digunakan untuk membatik topeng atau kain.
  • Teknik tenun, yaitu salah satu kebudayaan Indonesia, dengan cara menenun benang menjadi sebuah kain yang indah.
  • Teknik anyaman, dalam karya seni 3 dimensi teknik anyaman biasa digunakan pada penerapan karya seni terapan. Biasa menggunakan bahan seperti rotan, eceng gondok dan lain sebagainya dianyam menjadi barang seperti tempat nasi, kursi dan lain sebagainya.

Patung

Patung adalah contoh karya seni 3 dimensi yang mudah ditemukan, yang dapat dibuat dengan berbagai bahan seperti kayu batu, logam, tanah liat dan lain-lain.

Keramik

Karya seni keramik adalah karya seni yang tradisional hingga kontemporer. Menggunakan bahan utama tanah liat kemudian melewati beberapa  langkah hingga menjadi keramik yang indah.

Arsitektur

Sebagai sebuah karya seni 3 dimensi arsitektur masih dibuat dengan mempertimbangkan keindahan. Arsitektur juga memulai keserasian, keseimbangan dan kesatuan sehingga masih termasuk dalam sebuah karya seni.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *