Don't Show Again Yes, I would!

Kegiatan Ekonomi: Definisi, Tujuan dan Jenis-jenis

Sebagai makhluk sosial manusia tidak dapat hidup sendiri sehingga memerlukan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ini manusia harus melakukan kegiatan ekonomi. Adanya bermacam-macam pekerjaan di sekitar kita membuktikan bahwa manusia melakukan kegiatan ekonomi.  

Berbagai kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia dapat digolongkan dalam beberapa jenis tergantung dengan tujuan dan yang dihasilkannya. Namun, sebelum itu tahukah kamu pengertian dan tujuan kegiatan ekonomi yang dilakukan manusia?.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang kegiatan ekonomi, tujuan dan jenis-jenisnya, simak ulasan berikut ini.

Definisi kegiatan ekonomi

Kegiatan ekonomi dapat diartikan sebagai semua aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhanya. Selain itu kegiatan ekonomi juga diartikan sebagai upaya manusia untuk mencapai tingkat kesejahteraan dan kemakmuran dalam hidup.

Setiap manusia memiliki banyak kebutuhan yang harus dipenuhi seperti kebutuhan dasar yakni sandang, pangan, papan, ataupun kebutuhan pendukung lainya. Tentu saja jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi akan menyulitkan manusia untuk menjalankan kehidupan sehari-harinya.

Nah, untuk mewujudkan keinginan dan kebutuhan tersebut manusia memerlukan aktivitas yang dapat memenuhi kebutuhannya. Aktivitas tersebutlah yang selanjutnya disebut dengan kegiatan ekonomi. Seluruh aktivitas yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan termasuk kegiatan ekonomi.

Seperti seorang karyawan yang bekerja untuk menjaga toko ia telah melakukan kegiatan ekonomi. Kemudian seorang yang membeli kebutuhan sehari-hari di toko juga telah melakukan kegiatan ekonomi. Bahkan seorang bos yang memberikan karyawan nya gaji juga melakukan kegiatan ekonomi.

Tujuan kegiatan ekonomi

Secara umum kegiatan ekonomi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia untuk dapat menjalankan kehidupan sehari-harinya. Tujuan ekonomi dapat dibedakan berdasarkan alasan kegiatan dan pengaruhnya.

Kegiatan ekonomi berdasarkan alasanya

Berdasarkan alasan dilakukanya kegiatan ekonomi dibedakan menjadi berikut.

  • Untuk mendapatkan keuntungan

Kegiatan ekonomi yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan misalnya uang atau relasi kerja. Secara umum kegiatan ekonomi ini memerlukan sumber daya manusia.

  • Untuk mendapatkan kekuasaan

Tujuan kegiatan ekonomi seseorang untuk mendapatkan kekuasaan yakni mereka yang melakukan kegiatan ekonomi untuk berkuasa, dihormati, disegani dan lain sebagainya.

  • Untuk keuntungan sosial

Tujuan kegiatan berdasarkan motif sosial ini, pelaku kegiatan ekonomi bertujuan memberikan manfaat sebanyak-banyaknya untuk keuntungan orang banyak.

  • Mendapatkan kesejahteraan

Tujuan kegiatan ekonomi selanjutnya adalah untuk mendapatkan kesejahteraan misalnya meningkatkan ekonomi keluarga.

Kegiatan ekonomi berdasarkan pengaruh

Berdasarkan pengaruh pelaku ekonomi maka kegiatan ekonomi dibedakan menjadi dua jenis yaitu ekonomi intrinsik dan kegiatan ekonomi ekstrinsik.

  • Kegiatan ekonomi intrinsik

Yaitu kegiatan ekonomi yang dilakukan karena memang atas keinginan, dorongan dan ideologi yang dimiliki diri sendiri tanpa ada pengaruh dari pihak luar.

Misal seseorang yang mendapatkan uang dari hobi yang dimilikinya.

  • Kegiatan ekonomi ekstrinsik

Yaitu kegiatan ekonomi dimana yang melakukan kegiatan karena ada pengaruh dari pihak lain seperti lingkungan, teman atau situasi yang dialaminya. Sehingga menuntut seseorang untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Jenis-jenis kegiatan ekonomi

Jenis-jenis kegiatan ekonomi berdasarkan aktivitas kerjanya dibedakan menjadi tiga yaitu kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Untuk mengenal ketiga jenis kegiatan ekonomi tersebut perhatian ulasan berikut.

Kegiatan ekonomi produksi

Yang dimaksud dengan produksi adalah kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan barang atau jasa. Sedangkan yang menjalankan kegiatan produksi disebut dengan produsen. Tujuan kegiatan ekonomi produksi adalah untuk memenuhi kebutuhan dari pembeli serta mencari keuntungan dengan menghasilkan barang atau jasa.

Hasil produksi berupa barang yang dihasilkan nantinya dapat berupa produksi barang mentah, produksi barang setengah jadi, dan produksi barang jadi. Kegiatan produksi akan dipengaruhi oleh kebutuhan, atau minat sasaran konsumen, modal, tenaga kerja. Lingkungan dan lain sebagainya.

Contoh kegiatan produksi misalnya membuat sepatu, pakaian, kue, dan lain sebagainya. Sedangkan kegiatan produksi yang menghasilkan jasa misal jasa tukang potong rambut, servis, tukang kebun dan lain sebagainya.

Kegiatan ekonomi distribusi

Kegiatan ekonomi distribusi adalah kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke pelanggan atau pengguna barang dan jasa. Sedangkan pihak atau orang yang melakukan kegiatan distribusi ini disebut dengan distributor.

Tugas dari seorang distributor adalah membeli atau mengambil barang dari pihak produksi kemudian menjualnya atau mengirimnya pada pihak pemakaian atau pelanggan. Kegiatan distribusi merupakan aktivitas yang penting dalam kegiatan ekonomi karena sebagai jembatan penghubung antara produksi dan konsumsi.

Adanya distribusi akan memastikan bahwa berhasilnya pemenuhan kebutuhan manusia lewat kegiatan ekonomi. Sedangkan distribusi dibedakan menjadi tiga yakni.

  • Pedagang besar atau grosir, yaitu pedagang yang membeli dan menjual barang dalam jumlah besar.
  • Pedagang kecil atau retail yakni pedagang yang membeli barang dari pedagang besar untuk kemudian dijual kembali.
  • Perantara, yakni pihak aai orang yang hanya mengirimkan atau mengantarkan barang dari produsen ke pelanggan.

Kegiatan ekonomi konsumsi

Konsumsi adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, kegiatan ini adalah semua aktivitas yang menggunakan atau membeli barang dan jasa untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya.

Kegiatan ekonomi ini sangat penting untuk menggerakkan roda perputaran ekonomi negara, karena dengan adanya kebutuhan manusia maka terciptalah kegiatan ekonomi yang saling terhubung tersebut.

Orang atau pihak yang melakukan kegiatan ekonomi konsumsi disebut dengan konsumen, tanpa adanya konsumen maka roda ekonomi tidak akan bergerak. Keran tidak ada yang membutuhkan barang atau jasa.

Ciri-ciri dari kegiatan ekonomi konsumsi adalah dilakukan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. Barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen memberikan manfaat atau nilai tambah untuk kehidupan konsumen itu sendiri. Barang dan jasa yang digunakan oleh konsumen memiliki nilai transaksi dan dapat diperjualbelikan. 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *