Don't Show Again Yes, I would!

Kelebihan dan Kekurangan Discovery Learning, Menjadikan Peserta Didik Lebih Aktif

Terdapat banyak sekali model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru dalam menunjang kegiatan belajar dan mengajar. Salah satunya adalah pembelajaran penemuan atau Discovery Learning. Namun, tahukah Bapak/Ibu guru bahwa terdapat kelebihan dan kekurangan Discovery Learning sebagai salah satu strategi pembelajaran?.

Setiap model pembelajaran pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sebagai guru sudah menjadi tugasnya untuk mengidentifikasi model pembelajaran yang cocok diterapkan pada peserta didik. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan Discovery Learning maka guru dapat menentukan apakah model pembelajaran ini sesuai jika dilakukan untuk anak didiknya.

Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Discovery Learning, simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Discovery Learning

Sebelum belajar tentang kelebihan dan kekurangan Discovery Learning, tidak ada salahnya Anda mengetahui lebih dalam pengertian model pembelajaran penemuan ini.

Discovery Learning adalah model pembelajaran peserta didik dapat secara aktif dan mandiri memahami sebuah konsep atau informasi dari hasil pengetahuannya sendiri.

Dalam model pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat aktif berperan dalam kegiatan pembelajaran secara mandiri dan menemukan informasi-informasi sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sedangkan guru berperan sebagai pembimbing dan fasilitator.

Peserta didik akan menemukan, menyelidiki, dan menyimpulkan sebuah gejala atau peristiwa berdasarkan hasil pengamatan atau percobaan nya sendiri.

Hal ini seperti yang dinyatakan oleh M. Hosnan bahwa Discovery Learning adalah model pembelajaran yang didesain agar siswa dapat mengembangkan cara belajar aktif, dengan kegiatan menemukan sendiri, menyelidiki, sehingga hasil atau informasi yang didapatkan dapat bertahan lebih lama.

Senada dengan hal tersebut Rusman menyatakan bahwa Discovery Learning merupakan model pembelajaran dimana peserta didik secara individu maupun kelompok dapat aktif menemukan pengetahuannya sendiri berdasarkan pengalaman yang telah diperoleh.

Kelebihan dan Kelemahan Discovery Learning

Penerapan model pembelajaran penemuan memiliki kelebihan dan kekurangan jika diterapkan, sehingga guru harus jeli dalam menerapkannya.

Berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan Discovery Learning.

Kelebihan Discovery Learning

Keunggulan atau kelebihan Discovery Learning jika digunakan dalam proses mengajar dan belajar adalah sebagai berikut.

Meningkatkan keterampilan berpikir peserta didik

Penerapan Discovery Learning dapat membuat peserta didik berpikir lebih kritis dan berjuang untuk mendapatkan pengetahuan sendiri, sehingga daya pikir peserta didik karena lebih berkembnag.

Meningkatkan keaktifan

Discovery Learning adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga kelebihan Discovery Learning salah satunya adalah dapat meningkatkan keaktifan peserta didik.

Mengajari sikap mandiri

Penerapan Discovery Learning adalah peserta didik akan melakukan kegiatan menyelidiki, menemukan dan membuat kesimpulan sendiri. Jadi, peserta didik akan belajar untuk mandiri dalam menyelesaikan tugas. Hal ini mendorong untuk tingkat kemandirian peserta didik lebih baik lagi.

Pembahasan materi yang lebih luas

Dengan melakukan kegiatan belajar dan menemukan sendiri maka peserta didik akan lebih banyak waktu dan kesempatan untuk berpikir dan memahami sebuah materi.

Peserta didik juga akan dapat mengembangkan materi secara luas, dari pengetahuan awal yang diberikan mereka dapat mengembangkan informasi tersebut seluas-luasnya.

Meningkatkan keterampilan pemecahan masalah

Dalam kehidupan nyata keterampilan pemecahan masalah adalah skill yang diperlukan dan berguna. Kelebihan Discovery Learning adalah meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.

Karena dalam kegiatan pembelajaran peserta didik akan berusaha untuk menyelidiki dan memecahkan persoalan atau peristiwa sendiri, sehingga hal ini akan berguna di masa depan. Saat ada masalah mereka akan dapat berpikir dan menarik kesimpulan dengan cepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kekurangan Discovery Learning

Diperlukan kesiapan mental yang baik

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam suatu kelas terdapat banyak sekali perbedaan dari peserta didik. Salah satunya adalah kecepatan daya pikir dan kesiapan dalam menerima sebuah materi pelajaran.

Kekurangan Discovery Learning adalah bahwa diperlukan kesiapan mental peserta didik yang cukup sebelum melakukan kegiatan pembelajaran. Karena bagi beberapa peserta didik yang tidak siap akan merasa sulit berpikir dan membuat merak frustasi jika tidak menemukan pemecahan yang tepat.

Membutuhkan waktu tidak singkat

Kekurangan Discovery Learning selanjutya adalah bahwa model pembelajaran ini memerlukan waktu yang lumayan lama. Karena semua kegiatan dilakukan oleh peserta didik dari menemukan hingga menyimpulkan pemecahan masalah.

Sehingga diperlukan jam pelajaran yang tidak singkat untuk menerapkan model pembelajaran Discovery Learning ini.

Dapat timbul miskonsepsi

Jika tidak dipersiapkan dengan baik maka kekurangan Discovery Learning adalah dapat menyebabkan miskonsepsi bagi peserta didik.

Sehingga sebelum penerapan dilakukan guru harus benar-benar mempersiapkan secara komprehensif. Jangan sampai peserta didik salah konsep yang sangat melenceng dengan tujuan pembelajaran di awal.

Oleh karena itu peran guru dalam Discovery Learning adalah sebagai fasilitator agar peserta didik tetap ada jalur yang benar. Guru dapat memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait informasi yang dicari peserta didik, sehingga mereka tidak salah.

Tidak semua peserta didik dapat melakukan penemuan

Kemampuan dan daya pikir peserta didik yang berbeda-beda dapat menjadi kekurangan dari Discovery Learning. Karena dengan hal tersebut maka akan ada peserta didik yang memang tidak dapat melakukan kegiatan penemuan yang baik.

Jika peserta didik gagal dalam melakukan penemuan atau penelitian, maka mereka juga dapat salah dalam mengambil kesimpulan.

Tidak dapat digunakan untuk semua materi pelajaran

Penerapan Discovery Learning tidak dapat dilakukan untuk semua materi pelajaran, hanya topik-topik tertentu saja yang dapat dilakukan model pembelajaran ini.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *