Don't Show Again Yes, I would!

Keuntungan Sertifikasi Guru, Syarat dan Tahapan Seleksi

Sudahkah Bapak/Ibu guru mendapatkan sertifikasi guru? Jika belum tidak ada salahnya Anda guru mengikuti pendaftarannya. Karena terdapat banyak keuntungan sertifikasi guru yang dapat Anda dapatkan.

Sertifikasi guru bertujuan untuk memberikan sertifikat pendidik pada guru yang dianggap telah memenuhi standar dna memiliki kemampuan secara profesional sebagai seorang pendidik.

Keuntungan sertifikasi guru, tidak hanya berdampak pada keprofesionalitasan tenaga pendidik tetapi Anda juga akan mendapatkan tunjangan profesi. Untuk mengenal lebih dekat tentang sertifikasi guru, simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Sertifikasi Guru?

Sebelum mengetahui keuntungan sertifikasi guru, tidak ada salahnya untuk mengenal lebih dekat tentang program satu ini.

Sertifikasi guru merupakan proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru. Untuk mendapatkan sertifikat ini guru harus memenuhi beberapa standar profesional guru. Program ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan serta untuk menguji kompetensi guru.

Dengan memperoleh sertifikasi guru maka Anda telah mendapatkan bukti formal serta pengakuan dari pemerintah menjadi tenaga profesional.

Guru yang mengikuti program sertifikasi kemudian dinyatakan lulus, mereka tidak hanya membuktikan kemampuan profesionalitasnya tetapi juga akan mendapatkan tunjangan profesi.

Kendati demikian, untuk mengikuti sertifikasi guru terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh guru.

Keuntungan Sertifikasi Guru

Guru yang berhasil lolos dan mendapatkan sertifikasi guru akan memperoleh beberapa manfaat.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan sertifikasi guru, yang akan didapatkan jika berhasil lolos semua persyaratan dan ketentuannya.

Mendapatkan Tunjangan

Seorang guru yang mendapatkan sertifikasi guru, akan dapat mengurus tunjangan sertifikasi guru dengan nilai tunjangan yang cukup besar. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 14 tahun 2009 tentang tunjangan Khusus Guru dan Dosen, Tunjangan Profesi dan Dosen, serta Tunjangan Kehormatan Profesor. Dalam Pasal 1 ayat 4 dijelaskan jika tunjangan profesi adalah tunjangan yang diberikan pada guru dan dosen yang telah mempunyai sertifikat pendidik, sebagai penghargaan karena telah lulus sertifikasi guru dan atas profesionalitasnya.

Tunjangan profesi guru non PNS yang telah mempunyai Surat Keputusan Penyetaraan, besarnya setara dengan gaji PNS atau besarnya Rp 1,5 juta per bulan.

Sedangkan Tunjangan profesi hanya akan diperoleh jika guru telah mendapatkan Surat Keterangan Tunjangan Profesi (SKTP) yang akan diberikan setiap satu semester.

Sedangkan untuk guru berstatus PNS akan mendapatkan tunjangan profesi guru satu kali gaji pokok sesuai golongannya.

Peluang Lolos PPPK Guru dan CPNS

Keuntungan sertifikasi guru lainnya adalah akan mendapatkan kesempatan yang besar untuk lolos seleksi PPPK guru atau CPNS.

Hal tersebut sesuai dengan Permen PANRB Nomor 28 tahun 2021, bahwa terdapat afirmasi pada poin pertama.

Sertifikasi guru dapat digunakan untuk nilai Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan perolehan nilai maksimal 100 persen.

Bagi guru yang telah mendapatkan sertifikasi guru akan mendapatkan peluang lolos PPPK guru atau CPNS setidaknya 60 persen untuk lolos.

Meningkatkan Kemampuan Mengajar

Lolos dalam sertifikasi guru akan membantu Anda meningkatkan kemampuan dan ilmu dalam mengajar. Karena dengan program ini guru akan mengikuti bimbingan praktek lapangan selama beberapa bulan.

Guru akan dibimbing oleh tenaga ahli yang profesional di bidangnya dalam menerapkan metode, pendekatan, model pembelajaran, serta teknik yang dapat dilakukan sebagai seorang tenaga pendidik.

Selain itu, jika Anda telah dinyatakan lolos dalam program ini maka akan mendapatkan gelas baru sebagai guru bersertifkasi.

Meningkatkan Mutu Pendidikan

Adanya program sertifikasi guru akan meningkatkan mutu pendidikan. Jika tenaga pendidik adalah seorang yang memiliki profesionalitas kerja dan berkualitas tentu saja akan menghasilkan peserta didik yang unggul, dan membuktikan mutu pendidikan yang baik.

 Persyaratan Sertifikasi Guru

Setelah mengetahui keuntungan sertifikasi guru, apakah Bapak/Ibu guru tertarik mengikuti program ini?.

Jika Anda ingin mendaftarkan diri dalam program sertifikasi guru maka harus memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mempunyai kualifikasi akademik Sarjana (S1) atau Diploma IV (D-IV), berasal dari program studi terakreditasi.
  • Mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)
  • Guru yang belum mempunyai sertifikat pendidikan dna masih aktif mengajar
  • Guru bukan PNS pada sekolah swasta yang mempunyai SK pengangkatan sebagai guru tetap dari penyelenggara pendidikan minimum 2 tahun secara terus menerus, yang dibuktikan dengan SK.
  • Guru bukan PNS pada sekolah negeri yang mempunyai SK pengangkatan dari Bupati/Walikota atau Gubernur/Pejabat berwenang
  • Berusia maksimal 56 tahun saya mengikuti ujian sertifikasi

Tahapan Seleksi Sertifikasi Guru

Terdapat 4 tahapan dalam proses seleksi sertifikasi guru, diantaranya adalah sebagai berikut.

Tahap Administrasi

Tahap administrasi Bapak/Ibu guru harus mengumpulkan berkas sesuai persyaratan melalui lama PPG SIMPKB. Proses ini bertujuan untuk melakukan verifikasi dan validasi dokumen administrasi.

Tes Substantif

Jika dinyatakan lolos seleksi administrasi, kemudian guru melanjutkan tes substantif.

Tes ini dilakukan secara offline di Tempat Uji Kompetensi yang telah ditetapkan.

Tes ini dilakukan menggunakan sistem CAT ANBK (Computer Assisted Test Asesmen Nasional Berbasis Komputer).

Tes Wawancara

Dalam tahap ini guru akan melakukan tes wawancara untuk ,mengetahui lebih dalam potensi Bapak/Ibu guru baik potensi profesionalitas maupun personal.

Pengumuman

Jika semua tahap tes telah dilaksanakan, Bapak.Ibu guru tinggal menunggu hasil pengumumannya.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *