Halo sobat duniamu.id, kali ini kita akan menyimak pembahasan materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada kelas 8 SMP. Pembahasan yang akan disajikan dalam artikel ini sesuai dengan kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 25 26 Kurikulum Merdeka.
Dalam pembahasan kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 25 26 Kurikulum Merdeka ini akan dipelajari materi sesuai pada Bab 1 yakni Pengenalan Sel. Pada bab 1 tersebut telah dikenalkan tentang pengertian sel dan mikroskop, sel hewan dan sel tumbuhan serta spesialisasi sel.
Kemudian adik-adik kelas 9 akan mereview kembali semua materi pada Bab 1 dengan menjawab soal-soal pada halaman 25 26.
Soal dan pembahasan yang akan disajikan berdasarkan buku paket IPA kelas 8 SMP yang disusun oleh Okky Fajar Tri Maryana, dkk oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud) Republik Indonesia.
Perlu diingat kembali bahwa pembahasan kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 25 26 berikut ini bertujuan untuk membantu adik-adik belajar, dan bahan evaluasi. Pembahasan yang disajikan masih perlu penyembahan lebih dalam dan segala penilaian tergantung pada Bapak/Ibu guru pengampu pelajaran.
Pembahasan Kunci Jawaban IPA Kelas 8 halaman 25 Review Bab
Sebelum menyimak soal dan pembahasan kunci jawaban berikut ini adik-adik harus membaca kembali materi pada Bab 1 tentang pengenalan sel, agar mudah untuk belajar.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1. Sebutkan bunyi teori sel
Jawaban:
Teori sel menyebutkan bahwa:
- Seluruh makhluk hidup tersusun atas dari sel
- Sel merupakan unit dasar dari struktur dan fungsi makhluk hidup.
- Seluruh sel berasal dari sel sebelumnya.
2. Sebutkan fungsi dari bagian-bagian mikroskop di bawah ini
Jawaban:
a. Lensa objektif = berfungsi untuk memperbesar objek yang dilihat dari mikroskop.
Lensa objektif merupakan lensa pada mikroskop yang letaknya dekat dengan objek yang akan diamati, sehingga berguna untuk membentuk bayangan pertama serta menentukan struktur dan bagian renik yang dapat dilihat pada bayangan akhir. Sifat bayangan yang dihasilkan adalah nyata terbalik diperbesar.
b. Penjepit = berfungsi untuk menahan kaca objek supaya tidak mudah terlepas dna digerakan saat proses pengamatan berlangsung.
Penjepit pada mikroskop merupakan pelapis objek pengamatan suayan preparat tidak bergeser atau mudah digerakkan.
c. Lensa okuler: berfungsi untuk memperbesar objek.
Lensa okuler akan menerima bayangan dari lensa objektif, kemudian bayangan diperbesar dan menjadi lebih fokus, sehingga lebih mudah diamati.
d. Lampu = berfungsi sebagai pencahayaan untuk objek yang diamati.
Lampu mikroskop akan menerangi objek sehingga dapat lebih mudah diamati saat proses pengamatan.
e. Lengan = berfungsi sebagai pegangan untuk memindahkan mikroskop.
Lengan pada mikroskop adalah bagian luar yang dijadikan pegangan untuk membawa dan memindahkan.
3. Salinlah tabel di bawah ini, dan hitunglah nilai yang hilang. (lihat tabel dalam buku paket).
Jawaban:
Perbesaran lensa okuler / Perbesaran lensa objektif / Perbesaran total
10x / 40x / 400x
5x / 20x / 100x
3x / 100x / 300x
30x / 20x / 600x
20x / 20x / 400x
4. Identifikasikanlah bagian-bagian dari mikroskop ini.
Jawaban:
- Bagian depan terdiri dari (dari atas ke bawah): lensa okuler, tabung, revolver, lensa objektif, meja kerja, kondensor, diafragma, reflektor, kaki.
- Bagian belakang (dari atas ke bawah): makrometer, mikrometer, penjepit kaca, lengan, sendi inklinasi.
5, Sebutkan tiga bagian dari sel tumbuhan yang tidak dimiliki oleh sel hewan.
Jawaban: bagian sel tumbuhan yang tidak dimiliki oleh sel hewan adalah dinding sel, kloroplas, dan vakuola.
Dinding sel tumbuhan terdiri dari serta selulosa, sedangkan sel hewan tidak memiliki dinding sel sehingga lebih fleksibel. Kloroplas adalah organel sel sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. Vakuola sel tumbuhan lebih besar dan permanen.
6. Apakah fungsi dari bagian-bagian sel berikut ini?
a. Sel membran, berfungsi untuk mengontrol aliran zat-zat yang masuk dan keluar sel.
b. Inti sel, berfungsi sebagai pusat kendali sel, mengatur seluruh aktivitas sel.
c. Mitokondria, menghasilkan energi melalui proses respirasi sel.
d. Vakuola, menyimpan air, makanan dan sisa-sisa metabolisme.
Pembahasan Kunci Jawaban IPA Kelas 8 halaman 26
Berikut ini pembahasan kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 26 nomor soal 7 hingga 14.
7. Identifikasi bagian dan fungsi dari sel-sel berdasarkan petunjuk berikut ini:
Jawaban:
a. Sitoplasma
b. Inti sel
c. Vakuola
8. Sebutkan nama ilmiah dari organisme di dalam sel.
Jawaban: nama ilmiah organisme bersel satu disebut dengan Uniseluler.
9. Sebutkan contoh organisme bersel satu.
Jawaban: organisme bersel satu terdiri dari sel tunggal, contohnya Amoeba, Euglena, Paramecium, Chlamydomonas.
10. Apakah yang dimaksud dengan jaringan?
Jawaban: Jaringan adalah kelompok atau susunan sel-sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama.
11. Tentukan spesialisasi sel berdasarkan ciri-ciri sebagai berikut.
Jawaban:
a. Stomata
b. Sel otot
c. Sel darah merah
12. Bandingkan dengan cara mengurutkan dari yang terbesar sampai dengan yang terkecil: organ, sistem organ, sel jaringan, organisme.
Jawaban: Urutan dari yang terbesar sampai ke terkecil yaitu organisme, sistem organ, organ, jaringan dan sel.
13. Sel terdiri dari organel, begitu juga dengan sistem tubuh manusia yang terdiri dari organ. Bandingkan organel yang terdapat dalam sel dengan organ yang ada dalam tubuh manusia
14. Terdapat kelebihan dan kekurangan ketika suatu sel mengalami spesialisasi dalam menjalankan fungsinya.
a. Daftar kelebihan dan kekurangan suatu sel mengalami spesialisasi.
Jawaban:
Kelebihan: menjadikan lebih fokus menjalankan fungsinya, lebih efisien saat menggunakan energi, dapat meningkatkan keberagaman makhluk hidup.
Kekurangan: menjadikan sel yang satu bergantung dengan sel lainnya, sehingga jika satu sel mengalami kegagalan maka akan mengacaukan sistem. Membutuhkan lebih banyak nutrisi pada setiap selnya. Memiliki regenerasi sel yang sangat terbatas.
b. Kelebihan dan kekurangan organisme satu sel yang melakukan seluruh fungsi tubuhnya.
Jawaban:
Kelebihan: mempercepat reproduksi, tidak membutuhkan banyak nutrisi, energi yang dibutuhkan tidak banyak karena ukurannya kecil.
Kekurangan: memiliki umur organisme yang singkat, tidak dapat bertambah besar, satu sel menjalankan semua fungsi organisme.
c. Apakah dengan memiliki satu sel, lebih baik dibandingkan dengan banyak sel yang terspesialisasi.
Jawaban: Dilihat dari kelebihannya maka satu sel lebih baik jika dibanding dengan mempunyai banyak sel terspesialisasi, karena reproduksi sel akan lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak nutrisi.
Itulah pembahasan lengkap kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 25 26 Bab I Pengenalan Sel.