Don't Show Again Yes, I would!

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 143 145 147 Kurikulum Merdeka, Pengaruh Kebudayaan Hindu Buddha

Pelajari pengaruh kebudayaan Hindu Buddha pada sistem keagamaan, pemerintah, sosial, dan seni budaya dalam pembahasan kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 143 145 147.

Masuknya agama Hindu Budha di Indonesia mempengaruhi kehidupan masyarakat Nusantara, yang dapat dilihat dalam berbagai bidang.

Pembahasan kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 143 145 147 kali ini akan membahas tentang pengaruh kebudayaan Hindu Budha di Indonesia.

Tujuan dari pembahasan kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 143 145 147 dalam artikel kali ini bertujuan agar adik-adik dapat menjadikannya sebagai bahan belajar dan evaluasi.

Sedangkan pembahasan yang dijelaskan merupakan alternatif jawaban, yang dapat dikembangkan lagi. Semua jawaban benar dan salah tergantung dengan Bapak/Ibu guru kelas.

Soal dan Pembahasan Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 143 145 147

Soal beserta pembahasan kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 143 145 147 berikut ini berdasarkan buku paket Ilmu Pengetahuan Sosial Kurikulum Merdeka dari Kemdikbud.

Kunci jawaban halaman 147

Lembar Aktivitas 2, Aktivitas Kelompok

Identifikasikan perintah pada soal berikut ini bersama teman-teman kalian!

  1. Bagaimana pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha pada sistem keagamaan, pemerintahan, sosial, ekonomi, dan seni budaya!
  2. Setelah kalian identifikasi, jelaskan dan presentasikan di depan kelas dengan bimbingan guru.

Alternatif Jawaban:

Sistem keagamaan: Pengaruh masuknya kebudayaan Hindu Budha di Indonesia adalah mengubah sistem kepercayaan masyarakat Nusantara. Jika sebelumnya masyarakat mengenal kepercayaan animisme dan dinamisme, masuknya Hindu Budha membawa pengaruh beralihnya kepercayaan masyarakat.

Pemerintahan:Pengaruh kebudayaan Hindu Budha yang masuk di Indonesia juga mempengaruhi sistem pemerintahan. Jika sebelumnya masyarakat mengenal sistem kesukuan, ketika kebudayaan Hindu Budha masuk masyarakat mulai mengenal sistem kerajaan. Jika sebelumnya masyarakat dipimpin oleh seorang kepala suku, kemudian berganti menjadi seorang raja pada sistem pemerintahan kerajaan.

Sosial: Masuknya kebudayaan Hindu Budha di Indonesia menjadikan masyarakat mengenal aturan kasta dalam bidang sosial. Kasta yang berkembang mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat karena semakin tinggi kasta akan semakin dihormati. Terdapat 4 kasta yaitu kasta Brahmana (kaum pendeta dan sarjana), kasta Ksatria (kaum prajurit, pejabat dan bangsawan), kasta Waisya (petani, pedagang), dan kasta Sudra (kaum rakyat jelata).

Ekonomi: Pengaruh kebudayaan Hindu Buddha yang berkmebang di Indonesia yaitu dengan adanya jalur perdangan yang ramai dan berkembang di pusat pemerintahan. Hal tersebut juga membuat perdagangan antar daerah juga berkembang pesat.

Seni Budaya: Dalam bidang seni budaya kebudayaan Hindu Budha membawa pengaruh yang cukup banyak, antara lain dalam segi seni rupa, seni ukir, seni pahat, bangunan, patung dan arca dan lain-lain. Misal dapat dilihat dalam relief di dinding pagar langkah Candi Borobudur yang menggambarkan riwayat Sang Buddha.

Kunci Jawaban halaman 145

Lembar Aktivitas 4, Aktivitas Individu

Dalam pembahasan kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 143 145 147 juga dibahas tentang Kerajaan Tarumanegara dan Kerajaan Sriwijaya.

Bagaimana corak agama yang dianut di Kerajaan Tarumanegara?

Alternatif Jawaban:

Corak agama yang dianut Kerajaan Tarumanegara adalah Hindu Siwa. Dimana aliran ini merupakan aliran dalam agama Hindu.

Mengapa Sriwijaya disebut Kedatuan bukan Kerajaan?

Alternatif Jawaban:

Karena Sriwijaya menerapkan sistem monarki kedatuan. Sriwijaya dipimpin oleh seorang yang diberi gelar datu. Datu atau Datu Maharaja merupakan sebutan pemimpin dalam Bahasa Melayu yang artinya memiliki gelar tertinggi.

Selain itu mengapa Sriwijaya disebut dengan kesatuan karena kedatuan lekat hubungannya dengan ilmu ajaran agama Buddha, dimana biasanya merupakan sebutan tempat orang-orang belajar agama Buddha.

Kemudian beberapa ahli juga menjelaskan bahwa Sriwijaya menjadi pusat ilmu dan ajaran agama Buddha.

Kunci Jawaban Halaman 147

Lembar Aktivitas 5, Aktivitas Individu

Berdasarkan temuan prasasti peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang bertahun 929 di daerah Malang, kerajaan ini diperkirakan berpindah ke Jawa Timur. Menurut kalian, apakah yang menyebabkan perpindahan kerajaan Mataram Kuno ke daerah timur Pulau Jawa?

Alternatif Jawaban:

Alasan pindahnya Kerajaan Mataram Kuno ke Jawa timur, diduga besar karena adanya bencana alam. Berikut ini adalah beberapa dugaan perpindahan Kerajaan Mataram Kuno.

  • Adanya bencana alam yaitu Gunung Merapi yang meletus.
  • Mendapat serangan dari kerajaan Sriwijaya.
  • Lokasi Jawa Timur yang lebih strategis, karena mudah dijangkau pedagang.
  • Di Jawa Timur terdapat Sungai Brantas yang dapat mendukung aktivitas pertanian.

Sedangkan yang memindahkan Kerajaan Mataram Kuno adalah Mpu Sindok yang saat itu menjabat sebagai rakai Mahamantri Hino. Jabatan tersebut merupakan jabatan penting dalam jajaran keluarga kerajaan. Tujuan pemindahan tersebut juga untuk memulihkan dan meningkatkan keadaan perekonomian kerajaan Mataram.

Kesimpulan

Demikian adalah soal dan pembahasan kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 143 145 147. Dalam pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kebudayaan Hindu Budha memiliki pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan dan sejarah bangsa Indonesia. Dengan masuknya Hindu Budha sistem kepercayaan, pemerintahan, sosial, ekonomi dan seni budaya mendapatkan pengaruh.

Corak agama yang dianut dalam Kerajaan Tarumanegara adalah Hindu Siwa.

Sedangkan penyebab Perpindahan Kerajaan Mataram Kuno, teori yang paling banyak dan tersebar adalah karena adanya ancaman dari bencana alam yaitu gunung meletus.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *