Don't Show Again Yes, I would!

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 84 85 86 Kurikulum Merdeka, Potensi Sumber Daya Alam

Pembahasan kunci jawaban IPS kelas 8 halaman 84 85 86 Kurikulum Merdeka kali ini akan membahas tentang kegiatan perdagangan antar pulau dan potensi sumber daya alam Indonesia.

Tahukah kamu bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, setiap wilayah memiliki potensi alam yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Dalam pembahasan kunci jawaban IPS kelas 8 halaman 84 85 86 yang akan disajikan dalam artikel ini, ayo kita mempelajari potensi alam di setiap wilayah Indonesia.

Soal dan Pembahasan Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 84 85 86

Soal dan pembahasan kunci jawaban IPS kelas 8 halaman 84 85 86 berikut berdasarkan buku paket Ilmu Pengetahuan Sosial Kurikulum Merdeka, oleh Kemdikbud.

Sedangkan pembahasan adalah alternatif jawaban yang bertujuan agar adik-adik dapat menggunakan kunci jawaban ini sebagai bahan belajar dan evaluasi.

Lembar Aktivitas 7 Aktivitas Individu

  1. Perhatikan gambar di atas dengan seksama
  2. Jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini dan tuliskan jawabanmu pada lembar yang telah disediakan!

1. Kegiatan apakah yang dilakukan oleh orang-orang pada gambar tersebut?

Jawaban: kegiatan perdagangan ikan di pesisir pantai

2. Ceritakan proses terjadinya perdagangan antara pulau/daerah

Jawaban: perdagangan antar pulau/daerah dilatarbelakangi oleh ketersediaan  dan kebutuhan komoditas di setiap provinsi yang berbeda. Hal tersebut karena ada perbedaan sumber daya alam pada setiap pulau. Adanya kebutuhan di sebuah wilayah namun, tidak ada sumber daya alam yang dapat memenuhi, sehingga dilakukannya perdagangan antar pulau untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Wilayah yang membutuhkan barang akan membeli dari pulau lain untuk memenuhi kebutuhan.

3. Apa Tujuan mereka melakukan kegiatan tersebut?

Jawaban: tujuan utama perdagangan adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tujuan lain adalah untuk memperoleh keuntungan.

4. Apa manfaat melakukan perdagangan antar pulau/daerah?

Jawaban: manfaatnya adalah konsumen mendapatkan barang yang dibutuhkan, kemudian produsen dapat memperluas penjualannya ke seluruh wilayah Indonesia, karena semakin banyak pembeli produk akan semakin dikenal dan lebih banyak permintaan yang datang pada produsen.

Lembar Aktivitas 8 Aktivitas Kelompok

Buatlah kelompok yang terdiri dari 4-5 orang

1.Melengkapi tabel di bawah ini berkaitan dengan potensi sumber daya alam yang bisa mendorong perdagangan antar pulau di wilayah Indonesia!

2. Dapat mencari informasi dari internet atau literatur lain yang berkaitan dengan tema tersebut:

Jawaban:

Pulau dan Potensi Sumber daya alamnya

1. Potensi sumber daya alam di Sumatera:

Cengkeh (Jami), Karet (Sumatera Utara, Riau dan Aceh), Kina (Sumatera Barat), Ikan (Kepulauan Riau), Kakao (Lampung, dan Kayu manis serta Tembakau (Sumatera Utara).

2.Potensi sumber daya alam di Jawa

Terdapat banyak potensi sumber daya alam di Jawa seperti Padi, Kedelai, Kacang (Hasil pertanian), kopi, teh, coklat, kina, tembakau (hasil perkebunan), ikan, rumput laut, udang (hasil perikanan).

3. Potensi sumber daya alam di Kalimantan

Sebagai daerah yang banyak menghasilkan sumber daya alam hasil tambang Kalimantan juga memiliki potensi sumber daya alam lain yang berasal dari tumbuha. Potensi sumber daya alam di Kalimantan seperti minyak, gas bumi, batu bara, emas, kelapa sawit, rempah-rempah, cengkeh, kayu manis, wijen, dan lain sebagiannya.

4. Potensi sumber daya alam di Sulawesi

Sulawesi memiliki potensi sumber daya alam yang bernilai jual tinggi seperti emas, mangan, uranium, batu bara, bijih besi, kopi, kelapa sawit, nikel, lada, vanili, kakao, rumput laut, pala dan lain sebagainya.

5. Potensi sumber daya alam di Papua

Papua memiliki sumber daya alam yang terkenal dari dulu seperti hasil tambang nya yang terkenal. Hasil sumber daya alam seperti tembaga, emas, batu bara, besi, kapur, logam, tembaga, pasir kaolin, minyak bumi dan gas alam.

Lembar Aktivitas 9, Proyek

Kalian Telah mempelajari perdagangan antardaerah. Komoditas dan produk unggulan sangat diprioritaskan untuk mengembangkan perdagangan antardaerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, untuk membantu kalian mengembangkan kretativitas dan keterampilan kalian, maka susunlah suatu proyek bersama teman kalian.

1. bentuklah kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.

2. Buatlah rencana pengembangan produk unggulan dalam sebuah usaha perdagangan.

3. Rencana tersebut memuat:

4. Jenis usaha atau produk apa yang akan kalian kembangkan

5. Bagaimana cara kalian mengembangkan produk atau usaha tersebut?

6. Siapa target pasar yang kalian tuju?

7. keunggulan apa yang dapat kalian tawarkan?

8. Ketrampilan apa yang kalian butuhkan untuk mengembangkan usaha tersebut?

Jawaban:

Berikut ini adalah alternatif ide usaha yang dapat dikembangkan.

  1. Usaha Pengolahan Ubi
  2. Cara mengembangkan produk adalah dengan mengolah ubi menjadi berbagai camilan. Haid tidak hanya dijual dalam bentuk mentah yang, tetapi dapat dijual sebagai produk olahan yang dikemas. Hal ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan harga jual produk. Pengolahan ubi dapat dijadikan keripik ubi dengan berbagai rasa. Kemudian produk dikemas menggunakan tempat yang didesain dengan menarik dan bagus untuk meningkatkan kualitas.
  3. target pasar dapat dipasarkan ke UMKM lain seperti toko-rokok kecil atau reseller. Selain itu bahan olahan, bahan mentah dapat dipasarkan ke pasar atau supermarket.
  4. keunggulan yang ditawarkan adalah menawarkan berbagai kemasan dna rasa yang dapat dilih. Kemudian produk ubi memiliki manfaat sebagai camilan yang sehat karena ubi memiliki segudang manfaat kesehatan.
  5. untuk mengembangkan produk dibutuhkan keterampilan marketing yang baik untuk melihat kebutuhan pasar, selain itu dibutuhkan keterampilan berkomunikasi untuk mencari tempat pemasaran. Dimana dibutuhkan juga keterampilan desain produk, iklan produk, dan iklan di media sosial untuk lebih banyak dan memperluas jangkauan pasar produk.

Demikian adalah kunci jawaban IPS kelas 8 halaman 84 85 86 Kurikulum Merdeka. Selamat Belajar.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *