Latihan Soal Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA Sederajat – Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran wajib yang ada di setiap jenjang pendidikan. Tujuan dengan adanya mata pelajaran ini para peserta didik bisa memahami penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena menjadi mata pelajaran wajib sehingga mata pelajaran ini dikeluarkan ketika ujian. Berikut ini Latihan Soal Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA Sederajat yang bisa digunakan untuk latihan atau referensi pembuatan soal.
Makhluk Di Bumi Ini
Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari. Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokkan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.
Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata bertulang belakang meliputi burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak bertulang belakang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan.
Diadaptasi dari Learning English through General Science, 1984: 29)
1. teks di atas merupakan teks laporan hasil observasi karena struktur dalam teks tersebut tersusun dengan memaparkan . . .
- aspek yang dilaporkan dengan sebuah pernyataan lalu diikuti oleh pengklasifikasian benda.
- pernyataan umum atau klasifikasi kemudian diikuti oleh anggota atau aspek yang dilaporkan.
- pengelompokkan benda menurut penulis laludituangkan dalam klasifikasi yang mendukung.
- benda-benda yang diklasifikasikan umum lalu diikuti oleh benda-benda yang tidak umum.
- pengklasifikasian secara ilmiah dan logis kemudian dilaporkan sesuai aspek penelitiannya.
2. Pelikan adalah burung yang terkenal dengan paruhnya yang memiliki kantung. Paruhnya yang meruncing panjangnya bisa lebih dari 30 cm. Paruh sebelah atas memiliki ujung yang bengkok membentuk kait. Pada paruh bagian bawah sampai tenggorokan terdapat kantung berupa kulit elastis, yang digunakan untuk menangkap ikan. Kakinya pendek dan pada jari-jarinya terdapat selaput yang memudahkannya berenang. Panjang tubuh pelikan mencapai 1,5 m. Bentangan sayapnya antara 1,8 m sampai 2,7 m tergantung spesiesnya.
Pernyataan umum dalam kutipan teks laporan hasil observasi dinyatakan dalam kalimat …
- Deskripsi
- Perbandingan
- Klasifikasi
- Definisi
- Imperatif
3. Bacalah wacana berikut dengan saksama!
Bendungan di Desa Jatirogo ini tidak ada duanya di Indonesia. Tubuh bendungan tersebut dari bantalan karet berisi air. Karena terbuat dari karet, tinggi permukaannya bisa diatur secara fleksibel. Bila terjadi banjir, bantalan karet itu dikempiskan. Dan air bah lancar mengalir ke laut. Sebaliknya, bila volume air sungai mengecil, tubuh bendungan diisi penuh, sehingga tingginya mencapai 3 m. Sungai terbendung dan airnya dimanfaatkan sebagai air minum dan irigasi. Pada saat yang sama, air pasang dari laut akan terhambat dan tak mencemari sungai yang menjadi sumber utama air tawar masyarakat di sekitar sungai.
Simpulan isi wacana di atas adalah…
- Bendungan dari bantalan karet dapat membendung sungai.
- Bendungan dari bantalan karet sangat bermanfaat.
- Bendungan dari bantalan karet dapat mengalirkan air.
- Pemanfaatan air melalui bendungan bantalan karet.
- Bendungan bantalan karet dapat diisi dengan air.
3. Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Magelang meluncurkan bebatuan yang runtuh dari puncaknya. Luncuran itu membentuk dinding terjal sehingga menghasilkan asap tebal dan abu. Kejadian itu sudah terjadi berulang sejak tiga bulan lalu dengan jarak luncuran yang semakin jauh hingga mencapai 3.000-an meter.
Ide pokok dalam teks tersebut adalah…
- Jarak luncur asap tebal dan abu yang berasal dari runtuhnya bebatuan di puncak gunung.
- Proses runtuhnya bebatuan dari puncak Gunung Merapi sejak tiga bulan lalu
- Akibat yang ditimbulkan oleh luncuran bebatuan yang runtuh dari puncak gunung.
- Aktivitas luncurkan bebatuan Gunung Merapi yang terjadi sejak 3 bulan lalu
- Posisi Gunung Merapi yang sedang aktif mengeluarkan asap tebal
4. Saat ini, sistem kontrak kerja menjadi pilihan pengusaha dalam merekrut karyawan. Pengusaha memberikan surat perjanjian kerja yang harus ditandatangani karyawan.karyawan mendapatkan gaji pokok dengan insentif disesuaikan dengan kinerja bulanannya. Mereka diikat dengan durasi tertentu,misalnya satu tahun. Semakin bagus kinerjanya, semakin besar peluang perpanjangan kontrak kerja.
Simpulan yang tepat untuk isi teks tersebut adalah…
- Sistem kontrak kerja menjadi pilihan terbaik bagi pengusaha yang sedang berkembang
- Pengusaha mendapat keuntungan tambahan dari sistem kontrak kerja
- Perpanjangan kontrak kerja bergantung pada kinerja karyawan.
- Penerapan sistem kontrak kerja tidak adil bagi karyawan.
- Gaji pokok karyawan sistem kontrak kerja lebih banyak daripada insentifnya.
5. (1) Obesitas atau kegemukan sering dianggap sebagai faktor yang mengganggu kepercayaan diri. (2) Namun, bagi sebagian yang lain, kegemukan itu menjadi pertanda kemakmuran ekonomi. (3) Dua sudut pandang tersebut memiliki alasan masing-masing. (4) Artis tarik suara pasti ingin tampil profesional saat menyanyi di panggung atau tayangan visual. (5) Mereka lebih percaya diri dengan postur tubuh yang ideal.
Kalimat berisi fakta dalam teks tersebut ditandai dengan nomor…
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
- (5)
6. Diskon 50 persen Cuma sampai hari minggu. Jadi, tunggu apalagi? Ini produk terbaik di kelasnya loh!
Teks diatas menunjukkan kalimat….
- Informatif
- Persuasif
- Imperatif
- Introgasi
- Interogatif
7. Nabila : (1) Hallo, bisakah saya bicara dengan Sultan?
Sultan : (2) Iya, ini saya sendiri Sultan, Mbak. Ada info apa?
Nabila : (3) Begini, Tan.kemarin aku beli 2 buku cerita anak dari mamijagadolshop. Maukah yang satu aku kirimkan ke kamu?
Sultan : (4) Hmm. Boleh juga tuh. Berapa harganya?
Nabila : (5) Ganti ongkos kirim saja. Mau?
Kalimat yang menyatakan penawaran dalam teks negosiasi tersebut ditandai dengan nomor…
- nomor (3) dan (5).
- nomor (2) dan (4).
- nomor (1) dan (3).
- nomor (4) dan (2).
- nomor (5) dan (1).
8. Setelah bel tanda istirahat berbunyi, Bu fitri menuju ruang kelas 12 Boga 2. Beliau masuk dan duduk di kursi depan.terlihat masih ada sekitar empat kursi yang kosong. Lalu beliau bertanya, ”kemana itu Susanti, Ridho, Wiwid, dan Eko. Kenapa belum masuk kelas? Lalu Aji,Ketua kelas, menjawab, Maaf Bu. Sepertinya mereka masih di kantin, ”Baiklah kalau begitu saya keluar dulu. Minggu depan saya akan masuk kelas setelah mereka masuk juga. Saya kasihan mereka kelaparan kalau tidak makan di kantin. Terimakasih.”
Teks anekdot tersebut berisi…
- Perintah agar siswa menyelesaikan makan siang di kantin lebih dahulu sebelum mengikuti pelajaran berikutnya.
- Sindiran kepada ketua kelas agar bisa mengatur tempat duduk sehingga tidak ada yang terlambat.
- Kemarahan Bu Fitri karena para siswa tidak menghormati beliau sebagai guru mata pelajaran
- Perintah agar peraturan yang telah ditetapkan sekolah tidak diubah tanpa izin dari guru dan kepala sekolah
- Pesan agar para siswa siap mengikuti pelajaran lanjutan dan tidak terlambat masuk kelas.
9. Saat Pak Salim masuk kelas,papan tulis masih penuh dengan tulisan dan gambar dari pelajaran sebelumnya. Beliau bertanya kepada anak-anak, “Anak-anak apakah tulisan dan gambar ini masih kalian gunakan? Bolehkah bapak menghapusnya agar pelajaran bisa kita mulai? Bapak akan hapus agar bersih kembali, ya.” Tiba-tiba,Doni maju sambil bertanya, “Maaf Pak, biar saya saja yang hapus.” Pak Salim lalu mengacungkan dua jempol kepada Doni.
Pesan teks anekdot tersebut adalah…
- Perintah secara halus agar siswa selalu membersihkan papan tulis sebelum pelajaran berlangsung.
- Ajakan ketua kelas agar siswa bersikap hormat kepada para guru yang akan mengajar di kelasnya.
- Harapan guru agar siswa dapat belajar mandiri dan tidak bergantung kepada teman-temanya di sekolah.
- Perintah guru agar siswa memiliki semangat belajar serta selalu menjaga kebersihan kelas masing-masing.
- Ajakan agar dapat menjadi guru yang diteladani oleh para siswa yang diajar di sekolah.
10. Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas dan selalu memegang prinsip yang diyakini telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Habibie yang punya kegemaran menunggang kuda dan membaca ini dikenal sangat cerdas sejak masih menduduki Sekolah Dasar. Apa yang dapat diteladani dari biografi tokoh pada kutipan diatas?
- Masa kecil yang dilalui bersama saudara-saudara
- Habibie yang punya kegemaran membaca
- Sifat tegas dan selalu memegang prinsip
- Punya kegemaran menunggang kuda
- Terkenal karena suka membuat manga.
11. Dahlan Iskan adalah CEO surat kabar Jawa Pos dan News Network. Ia pernah menjabat sebagai direktur utama PLN sejak 23 Desember 2009. Karir Dahlan Iskan dimulai sebagai reporter sebuah surat kabar kecil di Samarinda pada tahun 1976, ia menjadi wartawan majalah Tempo dan sejak tahun 1982, ia memimpin surat kabar Jawa Pos hingga sekarang. Pada tanggal 18 Oktober 2011, ia diangkat menjadi menteri negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggantikan Mustafa Abubakar.
Pernyataan yang sesuai dengan Biografi di atas adalah…
- Karir Dahlan Iskan diawali menjadi reporter surat kabar Jawa Pos
- Sebelum menjadi direktur utama PLN, Dahlan Iskan adalah direktur Jawa Pos.
- Mustafa Abubakar menggantikan Dahlan Iskan sebagai direktur BUMN
- Pada tanggal 18 Oktober 2011, ia diangkat menjadi direktur PLN
- Pada tahun 1974, Dahlan Iskan menjadi wartawan majalah wartawan majalah Tempo. Hujan jatuh diluar musim
12. Menghijaukan rumput di jalan
Hujan jatuh bersama angin
Melambaikan daun di dahan
Hujan jatuh membawa dingin
Menyejukkan rindu di badan
Cinta yang tumbuh setiap musim
Adalah cintaku pada keabadian
(Nyanyian Keabadian, Ayatrohaedi)
Tema yang terdapat dalam puisi tersebut adalah….
- Kerinduan seseorang yang sudah lama pergi dari kampung halaman.
- Kerinduan seseorang yang sudah lama pergi dari kampung halaman.
- Harapan kembali tinggal di desa yang suasananya tenang
- Rasa cinta akan alam yang ditimbulkan atas dika orang tua
- Kesabaran seseorang untuk bisa hidup bersama keluarga.
13. Di jendela cahaya lampu terbaring memejamkan mata
Diciumi kaca yang muram, tetesan air dibawah bumi
Membuat cacing dan salju gemetar, tapi ketika
Fajar tiba angin memenuhi pantai yang bersih
Dengan perahu nelayan
(Hujan Rizik Sepanjang Malam, Abdul Hadi WM)
Majas yang terdapat pada kutipan puisi tersebut adalah…
- Hiperbola
- Metafora
- Personifikasi
- Simbolik
- Paradoks
14. di Yogya aku lelap tertidur
Angin di sisiku mendengkur
Seluruh kota pun bagai dalam kubur
Pohon-pohon semua mengantuk
Di sini kamu harus belajar berlatih
Tetap hidup sambil mengantuk
…
(Antara Tiga Kota, WS Rendra)
Pesan tersirat yang terdapat dalam kutipan teks tersebut adalah…
- Bersikaplah sopan kepada orang yang telah memberikan pertolongan.
- Tetaplah bersemangat untuk bangkit ditengah masalah yang ada.
- Hendaklah kita dapat menikmati kehidupan yang sudah baik.
- Jangan merusak alam yang diciptakan Tuhan.
- Bersikaplah tenang saat menghadapi masalah hidup.
15. (1) Setelah itu, diletakkan dalam sebuah wadah, diberi ragi dan terkadang diberi sedikit gula untuk mempermanis rasanya.
(2) Selain dari beras ketan, tape terbuat dari singkong yang telah dikupas kemudian direbus.
(3) Hal ini bertujuan agar terjadi fermentasi.
(4) Pemberian ragi hendaknya rata.
(5) Langkah terakhir menutup tape yang beragi dan diberi gula tadi dengan daun pisang serta penutup berupa kain hingga rapat.
(6) Setelah + 3 hari, singkong telah berubah menjadi tape yang enak rasanya dan siap disantap.
(7) Selanjutnya tape ditutup selama + 3 hari dan tidak boleh dalam selang waktu tersebut, penutupnya dibuka.
Urutan yang tepat paragraf prosedur di atas adalah….
- 2 – 1 – 3 – 4 – 6 – 5 – 7
- 2 – 1 – 4 – 3 – 5 – 7 – 6
- 2 – 1 – 3 – 6 – 7 – 5 – 4
- 2 – 1 – 4 – 5 – 3 – 7 – 6
- 2 – 3 – 1 – 4 – 5 – 6 – 7
16. Langkah –langkah menyusun karangan
1. Menetapkan tema yang akan dikembangakan.
2. (….)
3. Mengumpulkan bahan dan materi yang akan ditulis.
4. Mengembangkan kerangka menjadi karangan
5. Membaca karangan dan memperbaiki kekurangan.
Langkah yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dari teks prosedur tersebut adalah…
- Menulis judul karangan
- Membaca karangan lain sebagai acuan
- Menyusun kerangka karangan
- Menulis latar belakang
- Menentukan urutan gagasan pokok
17. Wawasan nusantara merupakan pandangan yang menyeluruh tentang tanah air, bangsa, dan negara Indonesia yang meliputi wawasan ideologi, politik, sosial, budaya, serta pertambahan keamanan sebagai suatu kesatuan yang utuh.
Paragraf di atas dikembangkan dengan pola…
- Analogi
- Contoh-contoh
- Deduktif
- Definisi
- Induktif
18. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Semakin sore, hawa di pegunungan itu semakin dingin.
(2) Tejo dan kawan-kawannya memilih kembali ke kemah karena merasa tidak kuat dengan udara sekitar.
(3) Sebaliknya, Pratiwi beserta kawan-kawan sekelompoknya memilih bertahan di luar kemah.
(4) Pratiwi dan kawan-kawannya malah semangat mengumpulkan batang dan ranting pohon yang jatuh di dekat kemah.
(5) Selain itu, mereka pun mengumpulkan sampah yang berserakan di sekitar kemah.
(6) Setelah terkumpul banyak, Pratiwi membuat api unggun dari semua benda yang telah ia dan kawan-kawannya kumpulkan.
Konjungsi antarkalimat ditunjukkan oleh nomor ….
- (2) dan (4)
- (3) dan (4)
- (4) dan (1)
- (3) dan (5)
- (4) dan (1)
19. (1) Para hadirin semua yang sangat terhormat kami ucapkan terima kasih atas partisipasi yang telah diberikan. (2) Semoga amal budi para ibu/bapak mendapat imbalan dari Tuhan.
Agar kalimat (1) menjadi kalimat efektif, kata yang harus dihilangkan adalah….
- hadirin, sangat, dan yang
- para, semua, dan sangat
- hadirin, yang, dan sangat
- para, sangat, dan terhormat
- yang, para, terimakasih
20. Coba jujur pada diri sendiri, ada berapa banyak waktu yang digunakan untuk berselancar di media sosial dibandingkan untuk belajar? jika waktu tersebut dimanfaatkan secara baik, kesuksesan akan semakin dekat dengan kita. Sesekali teman-teman bisa memanfaatkan media sosial untuk mencari ide dan melihat peluang pasar. Carilah mentor yang sesuai dengan bidang teman-teman dan jangan berhenti belajar sekalipun gagal ketika mencoba.
Setiap dari kita memiliki potensi untuk sukses dan berkontribusi pada negeri melalui cara apa pun. Maksimalkan potensi tersebut dengan memilih lingkungan yang tepat. Akhir kata, saya memohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penyampaian. Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat.
Apa pesan yang disampaikan dalam ceramah tersebut…
- Ada berapa banyak waktu yang digunakan untuk berselancar.
- kesuksesan akan semakin jauh dengan kita.
- Carilah mentor sesuai dengan bidangnya dan berhenti belajar.
- Coba jujur pada diri sendiri, jika waktu tersebut dimanfaatkan secara baik, kesuksesan akan semakin dekat dengan kita, jangan berhenti belajar sekalipun gagal ketika mencoba.
- Meminimalkan potensi tersebut dengan memilih lingkungan yang tepat.
21. Topik Proposal : Pelatihan Penanaman Hijauan Makanan Temak
Kerangka Proposal :
(1) Tujuan Kegiatan
(2) Latar Belakang
(3) Tempat dan Waktu Kegiatan
(4) Sasaran Kegiatan
(5) Narasumber
(6) Susunan Panitia
(7) Jadwal Kegiatan
(8) Anggaran Kegiatan
Urutan sistematika proposal yang tepat adalah . . . .
- 1,2,3,4,5,6,7,8
- 1,2,3,4,8,5,7,6
- 2,1,4,3,5,6,7,8
- 2,1,4,3,6,5,7,8
- 2,1,4,3,8,5,6,7
22. Judul Proposal: Kunjungan ke Daerah Terkena Bencana Alam
Jenis kegiatan:
- Pasar murah
- Seminar tanggap bencana
- Pengobatan gratis
- Lomba memasak non beras
Jenis kegiatan yang sesuai dengan judul proposal di atas ditandai dengan nomor….
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
- (5)
23. Judul Proposal : Kunjungan ke Daerah Terkena Awan Panas di Lereng Gunung Sinabung
Jenis Kegiatan :
(1) Pasar murah
(2) Pelatihan kewirausahaan
(3) Pengobatan gratis
(4) Pelatihan penyelamatan diri
(5) Seminar tanggap bencana
Jenis kegiatan yang sesuai dengan judul proposal tersebut ditandai dengan nomor . . . .
- (1) dan (3)
- (2) dan (4)
- (1) dan (4)
- (2) dan (5)
- (3) dan (4)
25. Judul : Membina Remaja
Pengarang : J.S. Badudu
Penerbit : Pustaka Prima
Tahun terbit : 2000
Kota terbit : Bandung
Penulisan daftar pustaka yang benar adalah….
- Badudu, J.S. 2000. Membina Remaja. Bandung : Pustaka Prima
- J.S.Badudu. 2000. Membina Remaja. Bandung: Pustaka Prima
- J.S.Badudu. 2000. Membina Remaja. Bandung: Pustaka Prima
- Badudu, J.S. 2000. Membina Remaja. Pustaka Prima: Bandung
- Badudu, J.S. 2000. Membina Remaja. Bandung : Pustaka Prima
26. Lina hendak memasukkan kutipan tersebut ke dalam karya tulis yang dibuatnya, penulisan kutipan langsung yang paling tepat adalah…
- Menurut Fransisca (2008:19), tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik pada prinsipnya tidak boleh kekurangan air.
- Menurut Prasasti (2008:19), tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik pada prinsipnya tidak boleh kekurangan air.
- Tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik pada prinsipnya tidak boleh kekurangan air (Prasasti, 2008:19)..
- D. “Tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik pada prinsipnya tidak boleh kekurangan air” (Prasasti, 2008:19).
- “Tanaman yang ditanam dengan cara hidroponik pada prinsipnya tidak boleh kekurangan air” (Fransisca, 2008:19).
27. (1) Setiap hari ruangannya selalu disapu sehingga tidak tampak adanya sampah.
(2) Dinding kantin bercat warna putih dan abu-abu yang menarik.
(3) Kantin SD Melati terlihat indah, bersih, rapi, dan asri.
(4) Beragam pohon dan aneka bunga ditanam di sekitarnya.
(5) Makanannya pun tertata dengan teratur.
Susunan yang benar untuk kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraf padu adalah ….
- (3) – (1) – (2) – (4) – (5)
- (3) – (1) – (2) – (5) – (4)
- (3) – (2) – (1) – (4) – (5)
- (3) – (2) – (1) – (5) – (4)
- (3) – (2) – (1) – (4) – (5)
28. Sudah satu tahun, Fajar tinggal berdua bersama ibunya. Ayahnya telah meninggal karena kecelakaan. Setiap hari, ketika mentari masih malu menampakkan sinarnya, ia telah sampai di pasar. Sebuah baki berisi pisang goreng ia titipkan kepada pedagang di pasar. Biasanya dagangan yang dititipkan tersebut habis sebelum sore hari. Selepas itu, ia ke sekolah sambil membawa termos berisi es lilin. Semua itu ia kerjakan dengan penuh. semangat tanpa rasa malu. la bertekad untuk terus membantu ibunya. Dia berharap ibunya bisa beristirahat saat malam hari.
Watak tokoh Fajar pada cerita tersebut adalah ….
- Jujur
- Bertanggung Jawab
- Ulet
- Ramah
- Sopan
29. Radif memeriksa tasnya berulang kali dengan raut wajah kebingungan. Edi pun menanyakan apa yang sedang dicari Radif. Buku gambar Radif tertinggal di rumah. Radif tergesa-gesa berangkat sekolah karena bangun kesiangan. Edi hanya tersenyum mendengarnya karena buku gambarnya juga ketinggalan. Mereka pun segera menghabiskan soto dan es tehnya. Radif dan Edi berencana pergi ke koperasi bersama-sama. Berbagai jenis buku gambar tersedia di koperasi. Namun, bel masuk kelas telah berbunyi. Mereka pun segera bangkit menuju petugas kantin untuk membayar jajanannya. Dalam hati Radif sangat berharap bisa sampai kelas sebelum Bu Ani masuk.
Latar tempat cerita tersebut adalah ….
- Rumah
- Koperasi
- Kantin
- Kelas
- Masjid
30. lbu : Vian, mandi dulu, masa bagun tidur nyisir sih.
Vian : iya, Bu (seraya menuju kamar mandi)
lbu : [ … ] (1)
Vian : Eh iya, sudah nggak sabar pengen ketemu bu guru baru.
bu : Jangan lupa handuknya.
Vian : [ … ] (2)
Dialog yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah ….
- (1) Jangan lupa cuci muka
(2) Tentu aku tak mau basah
- (1) Jangan lupa sarapan pagi
(2) Tentu aku akan sarapan
- (1) Jangan lupa sikat gigi
(2) Tentu aku tak mau basah
- (1) Jangan lupa Shalat Subuh
(2) Tentu aku akan simpan
- (1) Jangan lupa susun buku
(2) lya ibuku tersayang
31. Cermati penulisan alamat surat berikut Kepada Yth : Yth. Sdr. Nindya Kaloka Jin Lembah Oriya Blok B. No. 13
Jakarta Timur
Perbaikan penulisan alamat tersebut yang tepat adalah ….
- Yth. Sdr. Nindya Kaloka
Jin. Lembah Oriya Blok B No. 13
Jakarta timur - Yth: Sdr. Nindya Kaloka
Jin. Lembah Oriya Blok B. No. 13
Jakarta Timur - Yth, Sdr. Nindya Kaloka
Jin. Lembah Oriya Blok B. No. 13
Jakarta Timur - Kepada Yth. Sdr : Nindya Kaloka
Jin. Lembah Oriya Blok B No. 13
Jakarta Timur. - Yth. Sdr. Nindya Kaloka
Jin. Lembah Oriya Blok B No. 13
Jakarta Timur
32. Demikianlah surat lamaran ini saya ajukan. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.
Perbaikan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah…
- Demikian surat lamaran ini disampaikan dengan hormat. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ajukan perasaan terima kasih
- Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya tunggu. Terima kasih
- Dengan demikian surat lamaran ini saya ajukan. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan terima kasih
- Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya mengucapkan terima kasih
- Dengan demikian surat lamaran ini saya ajukan. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan beribu-ribu terima kasih
33. Cermatilah penggalan surat lamaran pekerjaan berikut!
Dengan hormat,
Berdasarkan iklan perusahaan bapak yang dimuat pada harian Suara Merdeka, 19 Maret 2022, dengan ini saya
nama : Haryadi, S.Pd.
umur : 25 tahun
pendidikan : S1 Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia
alamat : Jalan Jambu, 15 Boyolali
Kata yang penulisannya tidak sesuai Ejaan Bahasa indonesia (EBI) pada penggalan surat lamaran pekerjaan di atas adalah ….
- umur
- Kata sapaan
- pendidikan
- nama
- alamat
34. Dengan hormat,
Berdasarkan informasi iklan lowongan pekerjaan yang Bapak/Ibu muat dalam harian Indonesia Raya, tanggal 25 April 2022, saya yang bertanda tangan di bawah ini,
nama lengkap : Ayu Endramurni
tempat, tanggal lahir : Semarang, 11 November 1994
alamat : JI. Sukamaju No. 14, Semarang
Dalam informasi surat lamaran di atas terdapat kesalahan penulisan. Kesalahan penulisan berikut perbaikannya yang tepat adalah….
- Penulisan JI. pada bagian alamat salah, seharusnya ditulis secara lengkap dan tidak disingkat Jalan
- Penulisan kata harian salah seharusnya ditulis kapital Harian.
- Penulisan identitas diri seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, dan alamat seharusnya diawali dengan huruf kapital.
- Penulisan tanggal 25 April 2022 salah, seharusnya ditulis 25-04-2022.
- Penulisan nama harian Indonesia Raya salah, seharusnya ditulis menggunakan huruf kecil indonesia raya.
35. Dalam acara Indonesia Science Expo (ISE) 2018 banyak peneliti muda yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya adalah Christianus Piguno Wardoyo, pelajar tingkat akhir SMA 1 Bantul, Yogyakarta. Christianus menciptakan alat penetasan telur otomatis. Hasil ciptaan Christianus ini bukan untuk mempercepat penetasan telur, melainkan untuk meningkatkan jumlah kesuksesan penetasan telur. Temuan ini mengambil inspirasi dari pengalamannya sebagai anggota keluarga peternak ayam yang sering gagal menetaskan telur ayam.
Berdasarkan teks di atas, Christianus Piguno Wardoyo menciptakan alat penetasan telur otomatis karena ….
- ingin mempercepat penetasan telur
- ingin menjadi peneliti muda Indonesia
- ingin menciptakan alat yang bermanfaat.
- Ingin memenangi kejuaraan peneliti muda
- Ingin meningkatkan jumlah penetasan telur
36. Meski lulus dengan persentase tinggi, dari kawasan Indonesia timur masih timbul keresahan tentang bagaimana bersaing dengan lulusan asal Jawa. Ini kerisauan yang harus kita pikirkan upaya mengatasinya. Sejumlah putra Indonesia timur, seperti dari Papua atau NTT, berhasil menunjukkan intelegensi tinggi, seperti unggul dalam olimpiade fisika. Tugas kita berikutnya, bagaimana kita menjadikan itu sebagai pola, bukan kasus.
Kesimpulan yang tepat untuk teks editorial tersebut …
- Lulusan Indonesia timur sangat berprestasi
- Banyak ajang yang berhasil dijuarai putra putri Jawa
- Upaya pemerintah menjadikan lulusan asal Jawa lebih maju daripada Indonesia timur
- Menjadikan pola, bukan kasus
- Upaya menyamakan persaingan lulusan Indonesia timur dengan Jawa
37. REFLEKSI HASIL UJIAN NASIONAL
Kelulusan ujian nasional (UN) jenjang SMA/MA/SMK di Merauke, Papua, mencapai 95%. Hanya saja, hal itu dinilai bukan patokan kualitas kelulusan. Hal itu tidak usah dibanggakan, ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Merauke Vincentius Mekiuw di Merauke, Sabtu (26/5). Menyimak pernyataan di atas menguatkan apa yang selama ini diwacanakan, khususnya saat UN tiba, yaitu adanya kesenjangan taraf pendidikan di Tanah Air. Di wilayah barat, pendidikan relatif maju. Lulusan UN bisa langsung bersaing secara setara di kancah perguruan tinggi terkenal. Sebaliknya, siswa dari Merauke, jika ingin masuk PTN terkenal, harus matrikulasi satu tahun kalau mau setara dengan lulusan setingkat dari Jawa.
Berdasarkan paragraf diatas tema yang tepat adalah …
- Kemanusiaan
- Sosial
- C.Kebudayaan
- Permasalah ekonomi
- Pendidikan
38. Tidak, tidak, tak boleh engkau berbuat begitu,” seru Wak Katok, “Apa dosaku, maka aku di siksa serupa ini?”
“Dosa Wak Katok?” kata Buyung. “Dengarlah, dosa-dosa Wak Katok dahulu kami lakukan, dosa Wak Katok hendak membunuh kami dan telah membunuh Pak Haji, kami maafkan, biarkan hakim mengadili Wak Katok di dunia ini, dan Tuhan nanti di akhirat untuk dosa-dosa itu semuanya. Tetapi, Wak Katok telah menipu orang banyak. Wak Katok katanya guru dan pemimpin,tetapi Wak Katok telah memberi pelajaran palsu,mantra palsu, jimat palsu. Dalam hati Wak Katok selama ini bukan manusia yang bersarang, tetapi harimau yang buas. Kamu hanya hendak mengumpan harimau dengan harimau. . . .”
(Harimau! Harimau!. Mochtar Lubis)
Amanat penggalan novel tersebut adalah . . . .
- Harimau harus diumpan dengan harimau.
- Manusia yang berdosa akan di hukum di akhirat.
- Jimat dan mantra palsu tidak perlu ditakuti.
- Kebohongan pada akhirnya akan terungkap juga.
- Orang jahat harus diumpamakan harimau.
39. Bacalah kutipan cerita berikut!
Kenari merasa malu dan kurang percaya diri kalau berkumpul dengan teman-temannya. Tubuhnya kecil dan mengeluarkan bau tak sedap. Teman-temannya sering meledek dan menggodanya. Kenari ingin penampilannya berubah. Dia ingin buktikan kepada teman-temannya bahwa ia bisa tampil bersih dan tidak kalah besar. Kenari pun bangun pagi dan rajin membersihkan diri. Ia tidak malas lagi mencari makan. Berkat ejekan teman-temannya, dirinya membuang jauh-jauh sifat malasnya.
Nilai moral pada kutipan cerita tersebut adalah….
- Dalam pergaulan harus memusnahkan sikap berkuasa
- Berusahalah menjadi lebih baik percaya diri.
- Dengan teman harus saling mengejek
- Dalam pergaulan kurang percaya diri halyang biasa
- Membuang jauh-jauh sifat malas.
40. Kebetulan sekali aku bebas pada jam pelajaran pertama dan kedua sehingga aku punya waktu untuk menolong dia mencari-cari di segala pematang yang pernah dilaluinya. Lama-lama tidak juga tertemui benda-benda itu. Kulihat mukanya, diam tanpa perubahan, tetapi kukira hatinya penuh ketakutan pada orang tuanya. Setelah mondar-mandir lagi beberapa lamanya, akhirnya aku pasti bawa benda-benda itu telah dipungut orang. Kepastian itu membuat aku lebih kasihan padanya, betapalah ia dimarahi orang tuanya jika ketahuan.
(Dari: Mutiara di Tengah Sawah karya Gerson Poyk, dalam angkatan 66 H.B. Jassin)
Pada penggalan cerpen di atas, pengarang mempergunakan sudut pandang sebagai …
- Orang kedua jamak
- Orang kedua
- Orang pertama
- Orang ketiga
- pengarang serba tahu
41. Ultimatum agar Tentara Republik Indonesia (TRI) meninggalkan kota dan rakyat, melahirkan politik “bumi hangus”. Rakyat tidak rela Kota Bandung dimanfaatkan oleh musuh. Mereka mengungsi ke arah selatan bersama para pejuang. Kolonel Abdul Haris Nasution selaku Komandan Divisi III, mengumumkan hasil musyawarah tersebut dan memerintahkan rakyat untuk meninggalkan Kota Bandung. Bandung sengaja dibakar oleh TRI dan rakyat dengan maksud agar Sekutu tidak dapat menggunakannya lagi.
Inggris mulai menyerang sehingga pertempuran sengit terjadi. Api masih membubung membakar kota. Bandung pun berubah menjadi lautan api.
Bukti kutipan tersebut bagian dari rangkaian peristiwa adalah…
- berisi penjelasan berupa tanda-tanda akan munculnya peristiwa Bandung Lautan Api
- mendeskripsikan suasana Kota Bandung
- memaparkan peristiwa Bandung Lautan Api
- berisi pemaparan alur, tokoh, dan latar yang akan disampaikan dalam peristiwa Bandung Lautan Api
- menggambarkan peristiwa sebelum terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api
42. (1) Boleh jadi, itu sikap angkuhnya seorang yang sukses dan kaya menghadapi pemuda kere macam aku. (2) Sebagai pimpinan sebuah bank papan atas di negeri ini, mungkin dia tak rela hati anak gadisnya kupacari. (3) Jadi, amat wajar dia kelihatan tidak suka terhadapku. (4) Apalagi tampangku tidak keren kayak aktor Nicholas Saputra, sementara wajah Mawar memang cakep. (5) Kamu sendiri bilang, Mawar mirip Dian Sastro dengan bodi semampai macam Luna Maya (padahal menurutku, Mawar lebih mirip penyanyi kesukaanmu, Mulan Jameela).
Bukti bahwa watak tokoh ‘dia’ pada kutipan cerpen tersebut sombong terletak pada kalimat bernomor .…
- (1) dan (5)
- (2) dan (3)
- (3) dan (4)
- (4) dan (5)
- (1) dan (2)
43. Sekolah akan mengadakan penyembelihan hewan kurban. Setiap siswa harus berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
Makna kata “berpartisipasi” adalah ….
- ikut serta dalam kegiatan
- merencanakan jadwal kegiatan
- mengawasi jalannya kegiatan
- menilai jalannya kegiatan
- menjadwalkan kegiatan
44. Cermati paragraf berikut!
Penggunaan pestisida dan pupuk kimia untuk tanaman dalam jangka waktu lama, tidak menyuburkan tanaman dan tidak memberantas hama. Pestisida justru dapat mencemari lingkungan dan menjadikan tanah….sehingga perlu pengolahan dengan biaya… oleh sebab itu hindarilah penggunaan..
Frase yang sesuai untuk mengisi bagian rumpang paragraf tersebut adalah..
- Amat keras, lebih tinggi, dengan berlebihan
- Keras benar, sangat tinggi, secara berlebihan
- Sungguh keras, sangat tinggi, berlebihan sekali
- Lebih keras, sangat tinggi, secara berlebihan
- Sangat keras, tinggi sekali, dengan berlebihan
45. Berikut adalah contoh konjungsi temporal, kecuali …
- Kemudian
- Setelah itu
- Selanjutnya
- Apabila
- Lalu
46. Hadiri dan Saksikan!!
Pameran dan Bursa Buku
di
Dinamo Convention Centre
Tanggal 8-13 November 2018
Tersedia Berbagai Macam Buku
Harga Paling bersahabat
Koleksi Buku banyak
Harga Diskon
Kata yang tepat untuk memperbaiki kata bergaris bawah dalam penggalan iklan tersebut adalah . . . .
- murah – lengkap
- mantap – lumayan banyak
- bersaing – banyak
- murah – berkualitas
- Mantap – murah
47. Satu Pohon ditanam untuk kehidupan
Itulah perbuatan yang dilakukan daripada
Seribu Pohon ditebang untuk tambang
Perbaikan slogan tersebut yang tepat adalah ….
- Satu Pohon ditanam untuk Kehidupan
lebih baik daripada
Seribu Pohon ditebang untuk tambang - Satu Pohon ditebang untuk tambang
lebih baik
- Satu Pohon ditebang untuk tambang
lebih baik
Satu Pohon ditanam untuk kehidupan - Satu Pohon ditanam untuk kehidupan
Sedangkan
Satu Pohon ditebang untuk tambang - Seribu Pohon ditanam untuk kehidupan
lebih baik dari
Satu Pohon ditebang untuk tambang
48. Kalimat iklan berikut yang merupakan kalimat persuasi adalah…
- Mari hidup rukun demi terciptanya lingkungan yang damai.
- Kelas kami akan mengadakan study tour, ke Palembang namun, dia memilih untuk tidak ikut.
- Kenapa kamu membolos hari ini?
- Aku menolak hadir dalam acara tersebut
- Bagaimana menurut pendapat kalian!
49. Bu Dania menyambutku dengan senyuman hangat di depan pintu. Beliau lantas merangkulku dengan erat,melepas rindu. Beliau mengajakku menemui Salma di halaman belakang. Gadis kecil itu sedang membaca buku sendirian sambil duduk di ayunan. Aku memanggilnya pelan dan ia pun menoleh. Serta merta raut wajahnya berubah ceria dan ia menghambur ke dalam pelukanku. Ada gejolak yang meletup-letup dalam sukma saat kami berdekapan. (Yonas Santhani Aziz, Salma)
Kritik positif yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah…
- Kutipan cerpen tersebut menggunakan latar dan alur yang jelas sehingga memperindah cerita
- Kutipan cerpen tersebut menggunakan gaya bahasa berupa majas sehingga dapat dimengerti
- Kutipan cerpen tersebut menggunakan kosa kata asing sehingga memperkaya bahasa
- Kutipan cerpen tersebut menggunakan sudut pandang orang ketiga sehingga pengarang sebagai narator
- Kutipan cerpen tersebut menggunakan alur cerita campuran sehingga menggunakan alur maju dan mundur
50. Cermatilah penggalan cerpen berikut!
Aku memberi selamat kepada kedua pengantin. Mereka tersenyum kelihatan agak sungkan.
“Monggo, Den Yanto, silahkan duduk.”
Den Yanto! Ia memanggilku den, tidak lagi nak.
Aku tertarik pada seorang bocah patah di sebelah Sumarni.
Entah mengapa aku ingin menegurnya. Apakah karena matanya mirip dengan Sri?
“Sopo jenengmu, cah ayu?” tanyaku sambil men-jawil pipinya.
“Yanti …,” jawabnya dengan cukup kenes.
(Perkawinan, I Yudhi Sunarto)
Kalimat kritik yang sesuai dengan isi kutipan adalah…
- Cerpen “Perkawinan” memiliki cerita yang menarik walaupun bahasanya sangat sederhana, tetapi tetap segar dan komunikatif.
- Penggunaan bahasa Jawa dalam cerpen “Perkawinan” agak mengganggu karena tidak semua pembaca memahami makna pilihan katanya.
- Cerpen “Perkawinan” mengisahkan cerita yang kurang menarik karena alur cerita agak berbelit-belit dan susah dipahami.
- I. Yudhi Sunarto telah sukses merangkai peristiwa menjadi alur yang menarik dalam cerpen “Perkawinan”.
- Pembaca cerpen “Perkawinan” dihadapkan pada etika berbahasa yang berlaku di Jawa, terutama penggunaan kata sapaan “Den”.