Latihan Soal Informatika Kelas X SMA – Informatika merupakan mata pelajaran wajib di Kurikulum Merdeka untuk kelas sepuluh (X). Pembelajaran Informatika membekali para peserta didik menghadapi perkembangan zaman di era digital 4.0. Penguasaan teknologi menjadi kunci persaingan saat ini, baik anak SMA maupun anak SMK tidak boleh tertinggal dari teknologi.
Informatika juga keluar sebagai tes, baik penilaian tengah semester maupun kenaikan kelas. Berikut ini latihan soal Informatika kelas X SMA dan SMK yang bisa dipelajari.
1. Setiap karya cipta berupa inovasi, foto, audia, video, software dapat didaftarkan menjadi hak cipta. Peraturan perundangan yang mengatur masalah hak cipta di Indonesia tersebut adalah …
- UU No. 28 Tahun 2014
- UU No. 28 Tahun 2015
- UU No. 28 Tahun 2013
- UU No. 18 Tahun 2014
- UU No. 8 Tahun 2015
2. Setiap unggahan atau postingan berita dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya pada sebuah situs, sebaiknya pengguna menggunakan referensi website dengan domain legal dan terdaftar secara resmi menggunakan kartu identitas. Domain yang kredibilitasnya dapat dipertanggung jawabkan ketika berselancar didunia maya adalah…
- .id
- .com
- .xyz
- .uk
- .us
3. Pak doni seorang direktur perusahaan ABC mengeluh karena emailnya tidak dapat digunakan login kembali menggunakan password yang pernah diatur sebelumnya. Password email [email protected] adalah solo123. Dia ingat pernah menerima email aneh dari pengirim tidak dikenal. Penyebab terjadinya email pak doni diretas adalah…
- Spam email
- Terkena virus
- Ewak password
- Cracking
- Hacking
4. Jenis program aplikasi berbahaya yang akan mengunci sistem operasi desktop komputer dan mengenkripsi semua datanya setelah computer korban berhasil terinfeksi melalui port sumba pada windows adalah. …
- Virus
- Trojan
- Vor,
- Bacl door
- Ransomware
5. Berikut yang tidak termasuk jenis ransomware yang dapat merusak dan mengenkripsi data komputer setelah berhasil diinfeksi adalah…
- Crysis
- Virlock
- JS. Fortnight
- Dma Locker
- Dharma
6. Pernyataan berikut yang tidak benar terkait dengan penerapan aplikasi chat dalam jaringan adalah…
- WA pada tahun 2017 belum dapat digunakan untuk video conference
- Skype memiliki fitur berbagi layar layaknya sebuah presentasi
- Netmeeting hanya dapat digunakan untuk chat dalam jaringan lokal
- Yahoo messenger digunakan untuk chatting pengguna dengan akun surel berbasis yahoo
- Telegram akan menyimpan semua file yang pernah dikirim dalam bentuk percakapan
7. Jono Adalah staff IT perusahaan besar di Temanggung yang diminta Presdir untuk memberikan solusi bagi Direksi tentang teknik pengumpulan kuesioner setiap distributor yang bekerja sama dengan perusahaan. Fitur layanan yang sebaiknya digunakan jono yaitu.…
- Skype
- Telegram
- Kakao talk
- Google formulir
8. Susi sedang melakukan panggilan video terhadap keluarganya di Surabaya menggunakan whatsapp. Tetapi panggilan tersebut mengalami gangguan karena cuaca. Dengan uraian tersebut, aspek yang sesuai dengan komponen dalam komunikasi daring adalah…
- Media transmisi
- Komunikator
- Brainware
- Hardware
- Software
9. Satu akun google dapat digunakan untuk beberapa jenis layanan, misalnya google drive, google hangouts, dan youtube. Untuk dapat login, data yang harus dimasukan ke dalam form autentifikasi adalah…
- Username dan password
- Surel dan password surel
- Surel, password, captcha
- Username dan password surel
- Surel, password surel, kode verifikasi
10. Berikut aplikasi yang tidak tergolong synchronous communication dalam jaringan adalah…
- Kakao talk
- Surel
- Skype
- Line
11. Berikut jenis server yang tidak menyediakan layanan penyimpanan data seperti Dropbox di dunia maya yaitu…
- Box
- Onedrive
- Thru Drive
- Gteam Drive
- Google Drive
12. Dari daftar berikut yang bukan merupakan software pengolah grafis dan pembuat animasi berbasis windows adalah…
- Blender
- Animatordv
- Sqirlz morph
- Monkey jam
- Pinnacle studio 21
13. Wujud atau prototype yang menggambarkan proses awal kegiatan pembelajaran hingga tahap akhir disebut sebagai …
- Teknik pembelajaran
- Taktik pembelajaran
- Model pembelajaran
- Strategi pembelajaran
- Pendekatan pembelajaran
14. Hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak disebut dengan….
- Film
- Movie
- Animasi
- Cinema
- Diorama
15. Dalam bahasa inggris berdasarkan arti harfiah, kata animasi (animate) artinya….
- Memberi jiwa, menghidupkan serta menggerakan benda mati
- Menyembah benda mati dan berhala
- Makhluk hidup dalam golongan hewan
- Sesuatu yang mengasyikan
- Hasil kreativitas manusia
16. Yang BUKAN merupakan peranan storyboard pada animasi adalah….
- Storyboard dibuat untuk menjelaskan skenario secara lebih detail dari detik demi detik
- Storyboard menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik beserta suaranya
- Storyboard menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik beserta grafiknya
- Dalam storyboard terdapat keterangan pengambilan / angle cerita
- Dalam storyboard terdapat keterangan siapa saja aktor/aktris yang terlibat
17. Teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri, dan biasanya dibuat dari gabungan dari foto-foto, dengan mayoritas tokoh animasinya dibuat menggunakan lilin/tanah liat adalah animasi….
- Animasi komputer
- Animasi stop motion
- Animasi komputer
- Animasi 3 dimensi
- Animasi model
18. Nama lain dari animasi stop motion adalah….
- Clay motion
- Kartun
- Manga
- Rare motion
- Photo motion
19. Animasi yang dihasilkan dari pengambilan gambar berupa objek (boneka atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap adalah pengertian dari animasi ….
- Animasi Tradisional
- Animasi Komputer
- Stop-motion animation
- Wayang
- Puppet
20. Cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan Internet disebut…..
- Komunikasi Jaringan
- Komunikasi Pribadi
- Komunikasi Antarpribadi
- Komunikasi Publik
- Komunikasi antar organisasi
21. Komunikasi dalam jaringan pertama dimulai pada tahun….
- 1961
- 1959
- 1960
- 1962
- 1945
22. Jenis komunikasi jaringan ada 2 yaitu…..
- Komunikasi Daring Antarpribadi dan Sinkron
- Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron
- Komunikasi Daring Pribadi dan Asinkron
- Komunikasi Daring Personal dan Nonpersonal
- Komunikasi personal dan adipersonal
23. Yang bukan contoh komunikasi daring sinkron dalam aplikasi chat adalah…..
- Yahoo Messenger
- Skype
- Line
- Gmail
24. Komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time) disebut….
- Komunikasi Daring Asinkron
- Komunikasi Daring Sinkron
- Komunikasi Daring Personal
- Komunikasi Daring Non-Sinkron
- Komunikasi Daring kelompok
25. Yang bukan kelebihan komunikasi daring adalah……
- Bisa dikerjakan kapan saja
- Memperdalam ilmu TIK
- Meningkatkan intensitas berkomunikasi
- Memerlukan perangkat khusus
- Pesan cepat sampai
26. Perangkat keras adalah perangkat yang bentuknya dapat dilihat dan dapat kita raba secara langsung. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi dalam jaringan,kecuali ….
- Komputer
- Headset
- Browser
- Microphone
- Laptop
27. Yang bukan termasuk kekurangan komunikasi daring adalah…..
- Tidak mewakili emosi pengguna
- Terlalu banyak informasi yang tidak penting
- Memerlukan perangkat khusus
- Meningkatkan intensitas berkomunikasi
- Maraknya penyebaran berita hoax
28. Yang tidak termasuk dalam tata krama komunikasi asinkron adalah….
- Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan
- Tidak menuliskan seluruh kalimat dengan huruf kapital
- Segera menanggapi pesan yang diterima
- Meneruskan pesan yang tidak penting
- Mengawali dan mengakhiri pembicaraan dengan ucapan salam
29. Tata krama dalam komunikasi sinkron yaitu, KECUALI…
- Gunakan bahasa yang baik dan sopan
- Gunakan nama asli dan lokasi anda
- Tidak menggunakan jenis huruf (font) yang beragam
- Tidak menuliskan seluruh kalimat dengan huruf kapital
- Menghubungi tanpa mengenal waktu
30. Contoh dari warga digital adalah…
- Bermain Catur
- Menulis Blog
- Menghafal algoritma computer
- Menjawab Soal matematika
- Belajar bahasa mandarin
31. Norma perilaku yang tepat dan juga bertanggung jawab terkait dengan cara menggunakan teknologi adalah pengertian dari…
- Warga Digital
- Kewargaan Digital
- Komunikasi Digital
- Akses Digital
- Warga Online
32. Salah satu komponen kewargaan digital adalah…
- Keamanan Digital
- Warga Digital
- Daring Asinkron
- Daring Sinkron
- Daring personal
33. Yang bukan kategori dari komponen kewargaan adalah…
- Transaksi Digital
- Lingkungan Sekolah dan Tingkah Laku
- Kehidupan di luar lingkungan sekolah
- Lingkungan Belajar dan Akademis
- Keamanan digital
34. Yang bukan merupakan etika komunikasi daring adalah…
- Bertingkah baik
- Dewasa
- Tidak Mudah Emosi
- Menggunakan bahasa Isyarat
- Sopan
35. Salah satu keuntungan daring adalah…
- Dapat dilakukan dimana saja
- Menyita konsentrasi
- Tidak mewakili emosi pengguna
- Memerlukan perangkat khusus
- Banyak berita palsu beredar
36. Salah satu ciri-ciri daring asinkron adalah…
- Serempak
- Dilakukan secara langsung
- Tidak Langsung
- berkelompok
- cepat mendapatkan balasan
37. Salah Satu ciri-ciri daring sinkron adalah…
- Waktu Maya
- Terjadi Secara Langsung
- Tidak Langsung
- Dilakukan secara terpisah
- Delay
38. Yang bukan merupakan komponen pendukung komunikasi daring adalah…
- Web
- Modem
- WAP
- WIFI
- HP
39. Mengekspresikan sebuah ide/gagasan karakteristik, pribadi, ide maupun tujuan yang tertuang di dunia maya…
- Daring Asinkron
- Daring Sinkron
- Etika Komunikasi
- Warga Digital
- Etika Personal
40. Orang yang sadar akan hal yang baik dan yang buruk, menunjukkan kecerdasan perilaku teknologi adalah pengertian dari…
- Daring Asinkron
- Daring Sinkron
- Warga Digital
- Etika Komunikasi
- Etika Keamanan Digital
41. Salah satu file yang secara khusus digunakan untuk menyimpan buku digital (e book) dan sengaja dibuat untuk bekerja pada perangkat mobile dengan kebutuhan bandwidth yang relatif kecil ketika mengunduh dan membukanya adalah….
- MOBI
- EPUB
- AZW
- TPZ
- KF8
42. Hal yang harus diperhatikan ketika akan menentukan jenis format file ebook adalah….
- Harus dapat dijalankan pada aplikasi notepad++
- Kompatibel terhadap semua jenis hardware perangkat digital
- Tidak memerlukan ruang memori yang besar dalam penyimpanannya
- Telah mendukung fitur-fitur layaknya sebuah dokumen dan dukungan penuh terhadap teknologi web
- Format file tersebut telah dikenal, distandarisasi dan dapat dijalankan oleh berbagai aplikasi.
43. Berikut yang bukan termasuk jenis-jenis format file yang didukung oleh caliber ketika membuat sebuah buku digital adalah….
- TXTZ
- EPUB
- KF8
- TXT
- ZIP
44. Kombinasi tombol keyboard yang digunakan untuk menambah format buku pada buku yang sedang dikerjakan dalam aplikasi Calibre adalah….
- Ctrl + H
- Ctrl +F
- Ctrl +N
- Ctrl +A
- Ctrl +N +A
45. Berikut ini yang tidak termasuk domain server penyedia alokasi space hardisk untuk menyimpan ebook adalah….
- Www.free-ebooks.net
- Www.academia.com
- Www.gutenberg.org
- Www.bookbon.com
- Www.scribd.com
46. Salah satu ikon dalam toolbar Calibre yang berguna untuk mengarahkan user masuk ke sebuah web ketika akan mendonasikan sumbangan untuk pengembangan keberlanjutan Calibre adalah….
- Fetch News Icon
- Get Books Icon
- Calibre Library
- Save to Disk
- Heart Icon
47. Kombinasi tombol keyboard yang digunakan untuk menampilkan buku dalam aplikasi Calibre berdasarkan kesamaan pengarang pada e book yang sedang dikerjakan adalah….
- Ctrl + H
- Ctrl +F
- Ctrl +N
- Ctrl +P
- Ctrl +N +A
48. Pada saat pengguna bekerja dengan aplikasi caliber, pengguna dapat mencari konten di dalam e book berdasarkan sumber berita. Menu yang dipilih untuk menampilkan informasi tersebut adalah….
- Languages
- Feed News
- Authors
- Ratings
- News
49. Bagian dalam aplikasi Calibre yang berguna untuk mencari keyword atau parameter tertentu dalam sebua ebook adalah….
- Fetch News Icon
- Get Books Icon
- Calibre Library
- Save to Disk
- Heart Icon
50. Format penulisan keyword yang sesuai dituliskan pada mesin pencarian google ketika memerlukan informasi detail sebuah halaman situs adalah….
- Info
- URL
- Where
- Allnurl
- Filetype