Don't Show Again Yes, I would!

Lengkap! Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 20 21 27 Kurikulum Merdeka

Pembahasan kali ini adalah tentang kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 20 21 27 Kurikulum Merdeka. Bagi adik-adik kelas 7 SMP ayo simak pembahasan dalam artikel kali ini untuk mempelajari materi Bab 1 dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Dalam artikel kali ini akan disajikan soal dan pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 20 21 27 Kurikulum Merdeka. Materi yang akan dipelajari terkait dengan membandingkan unsur-unsur pamflet Papandayan dan Green Canyon, penulisan dengan peluluhan serta perbandingan informasi cerita Jelasjah Wae Rebo dan Jelajah di Lampung.

Pembahasan berikut berdasarkan buku paket dari Kemdikbud dengan judul Bahasa Indonesia yang disusun oleh Rakhma Subarna, dkk. Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 20 21 27 ini bertujuan supaya dapat digunakan oleh adik-adik sebagai bahan belajar serta evaluasi.

Pembahasan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 20, Tabel 1.5 Perbandingan Pamflet

Sebelum kita belajar dari kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 20 21 27, perlu diingat bahwa yang disajikan adalah alternatif jawaban sehingga masih perlu pengembangan lebih lanjut. Semua penilaian tergantung oleh guru pengampu masing-masing.

Tabel 1.5 Perbandingan Pamflet Papandayan dan Green Canyon (lihat tabel dalam buku paket).

1. Foto pada pamflet menggambarkan objek yang dijelaskan

Pamflet Papandayan: foto dalam pamflet Papandayan terlihat jelas menggambarkan beberapa spot wisata dan daya tarik tempat wisata berupa hewan trenggiling. Terdapat gambar peta yang jelas memberikan informasi lokasi wisata.

Pamflet wisata Green Canyon: foto pada wisata Green Canyon ada objek yang bagus karena menggambarkan keindahan wisata, tetapi hanya 2 foto menggambarkan dua objek yang sama.

2. Kualitas foto cukup baik, jelas, dan objek diambil dari sudut pandang yang baik sehingga tampak menarik.

Pamflet Papandayan: kualitas foto cukup baik, namun untuk foto jalur sepeda gunung kurang menunjukkan jalur dan keindahannya. Untuk gambar kolam terapi air panas sudah bagus terlihat pemandangan yang indah, beberapa hewan yang diperlihatkan juga sudah jelas.

Pamflet wisata Green Canyon: foto yang digunakan sudah indah tetapi kurang besar terdapat dua foto di atas yang kecil sehingga kurang jelas.

3. Warna pamflet cukup baik dan sesuai dengan warna huruf.

Pamflet Papandayan: warna pamflet Papandayan sudah menarik dengan gradasi warna hijau muda dan hijau tua sehingga enak dipandang, tulisan juga sesuai dengan warna background sehingga dapat dibaca dengan jelas.

Pamflet Green Canyon: warna pamflet Green Canyon kurang menarik karena hanya menggunakan warna background abu-abu sedangkan foto yang digunakan berwarna hijau sehingga tidak cocok. Warna yang digunakan untuk tulisan hitam saja sehingga tidak menarik meskipun dapat dibaca dengan jelas.

4. Huruf pada pamflet cukup jelas dan dapat dibaca

Pamflet Papandayan: Huruf dapat dibaca dengan jelas dan menarik untuk dilihat, keran menggunakan font yang sama untuk judul dan font yang sama untuk diskripsinya, sehingga lebih enak dilihat dan dibaca.

Pamflet Green Canyon: Huruf yang digunakan dapat dibaca dengan jelas, tetapi karena menggunakan font yang tidak sama menjadi tidak menarik untuk dibaca, penggunaan spasi dan paragraf juga tidak sama sehingga terkesan tidak rapi.

Pembahasan kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 21, Kupas Teori, Tantangan kalimat peluluhan

Apa Itu Karya Ilmiah

Pembahasan kali ini terkait materi penulisan kalimat dengan peluluhan. Penulisan kata berawalan menN- yang dirangkai dengan huruf lain dalam diluluhkan.

Tantangan

Pilihlah kalimat dengan peluluhan yang benar

1. Perajin memroduksi souvenir dalam kegiatan industri rumah tangga dengan skala kecil

Jawaban: memroduksi kalimat peluluhan tidak benar, yang benar adalah MeN + produksi = Memproduksi.

2. Kemampuan bahasa pemandu wisata itu sangat mengagumkan. Ia secara tangkas menterjemahkan peranannya dari bahasa Inggris ke bahasa Jerman kepada rombongan wisatawan mancanegara yang dipimpinnya.

Jawaban: kata menterjemahkan peluluhan kurang tepat, yang benar adalah MeN + terjemah + kan = Menerjemahkan

3. Kilau sinar matahari yang menerpa permukaan danau itu sangat mengagumkan.

Jawaban: kata menerpa sudah menggunakan kalimat dengan peluluha yang tepat.

4. Pendaki gunung tidak memersoalkan kenaikan tarif selama fasilitas toilet dan keamanan tersedia di sepanjang jalur pendakian.

Jawaban: kata memersoalkan menggunakan kalimat peluluhan kurang tepat, yang benar adalah MenN + per + soal + kan = Mempersoalkan.

5. Paman memprediksi bahwa kami akan tiba di Pantan Terong tepat saat matahari terbit.

Jawaban: kata memprediksi telah menggunakan kalimat dengan peluluhan yang tepat.

Pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 halaman 27, Perbandingan Informasi Lisan

Tabel 1.6 Perbandingan Informasi Lisan

1. Objek apa yang dideskripsikan?

Jelajah Wae Rebo: objek yang dideskripsikan adalah Mbaru Niang yang ada di Desa Wae Rebo.

Jelajah Rasa di Lampung: yang dideskripsikan adalah keripik pisang Lampung

2. Kepada siapa penutur teks deskripsi ini berbicara?

Jelajah Wae Rebo: Wisatawan Desa Wae Rebo.

Jelajah Rasa di Lampung: Pendengar atau penonton.

3. Apakah kata sapaan yang digunakan oleh penutur teks deskripsi tersebut?

Jelajah Wae Rebo: Kakak-kakak, Bapak atau Ibu

Jelajah Rasa di Lampung: Teman-teman, dan kalian

4. Menurut kalian, apa tujuan penurut menjelaskan objek tersebut?

Jelajah Wae Rebo: untuk memberikan informasi kepada wisatawan tentang rumah tradisional khas Manggarai yakni Mbaru Niang di Desa Wae Rebo, termasuk bagian-bagian rumah dan fungsinya.

Jelajah Rasa di Lampung: untuk memberikan informasi tentang jenis-jenis keripik pisang yang ada di Sentra keripik pisang Lampung, beserta harga dan rasanya.

5. Tulislah dua kalimat deskripsi yang menarik menurut kalian

Jelajah Wae Rebo: “Setiap Mbaru Niang memiliki 5 tingkat, Bapak/Ibu. Semua ditutupi atap dan setiap tingkatnya memiliki jendela kecil. Tingkat pertama disebut luntur atau tenda yaitu tempat tinggal para penghuninya”.

Jelajah Rasa di Lampung: “Keripiknya lebih tebal dari keripik-keripik pisang biasa. Keripik ini lebih empuk juga, tetapi tetap renyah ketika digigit. Rasa coklatnya … wow jangan ditanya. Mantap saat menggigit, kalian akan bisa merasakan rasa manis di ujung lidah, lalu setelah beberapa saat kalian akan merasakan sensasi sedikit rasa pahitnya”.

Itulah soal dan pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 20 21 27 Kurikulum Merdeka. Selamat Belajar.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *