Don't Show Again Yes, I would!

Lengkap Soal dan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 10 11 Kurikulum Merdeka, Laboratorium IPA

Salam semangat adik-adik, artikel kali ini akan mengulas pembahasan soal dan kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 10 11 Aktivitas 1.4 dan Mari Uji Kemampuan Kalian.

Perlu diingat sebelum membahas kunci jawaban IPA kelas 7 berikut ini bahwa pembahasan ini ditujukan pada adik-adik untuk bahan belajar dan evaluasi. Kunci jawaban yang disajikan adalah alternatif jawaban sehingga masih dapat dikembangkan lagi. Segala penilaian dan kebenaran tergantung pada Bapak/Ibu guru.

Sebelum menyimak kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 10 11 ini adik-adik jangan lupa membaca kembali materi terkait Laboratorium IPA dalam buku paket.

Soal dan pembahasan berikut ini berdasarkan buku paket Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 yang ditulis oleh Victoriani, dkk dari Kemdikbud.

Langsung saja ayo kita simak pembahasan kunci jawaban IPA Kelas 7 halaman 10 11 berikut ini.

Soal dan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 10 11

Pembahasan berikut ini sesuai dengan buku paket IPA Kelas 7 Kurikulum Merdeka dari Kemdikbud.

Sebelum ke pembahasan mari kita mengenal Laboratorium IPA. Secara umum laboratorium adalah tempat untuk melakukan percobaan dan eksperimen dengan tujuan dan tata cara tertentu. Karena melibatkan percobaan, alat dan bahan yang dapat saja berbahaya, sehingga dalam laboratorium terdapat peraturan yang perlu ditaati.

Begitu pula dengan Laboratorium IPA yang akan adik-adik gunakan sebagai tempat eksperimen dan percobaan untuk meneliti atau membuktikan sesuatu.

Kunci jawaban Ayo Buat, Aktivitas 1.4

Buatlah peraturan keselamatan mengenai hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di laboratorium IPA. Perhatikan gambar 1.7 dan Gambar 1.8. (lihat buku paket).

Alternatif kunci jawaban:

Hal-hal yang boleh dilakukan saat berada di Laboratorium IPA:

  • Menggunakan jas laboratorium atau pakaian dan peralatan pelindung
  • Menggunakan kacamata, masker dan sarung tangan praktikum saat melakukan percobaan menggunakan bahan kimia.
  • Meletakkan semua peralatan di atas meja.
  • Selalu berhati-hati dalam bekerja
  • Mengembalikan larutan sisa percobaan ke dalam botol induk.
  • Berhati-hati jangan sampai senyawa, pelarut atau zat kimia mengenai mata, mulut, kulit dan pakaian.
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan praktikum.
  • Menggunakan sepatu tertutup untuk menghindari bagian kaki terkena zat kimia.
  • Jauhkan bahan kimia yang mudah terbakar dengan bahan yang mudah terbakar dan hindari jangan sampai terkena tangan.
  • Mendengarkan dan mematuhi arahan serta peraturan dari guru maupun petugas laboratorium.
  • Jangan bercanda, bersisik, dan berlarian di dalam laboratorium.
  • Tidak boleh makan dan minum di dalam laboratorium.

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan di Laboratorium:

  • Sembarangan mencampur bahan kimia tanpa seizin dan sepengetahuan guru atau petugas laboratorium.
  • Tidak berhati-hati dan menumpahkan zat kimia.
  • Meminum, memakan atau mencicipi bahan dan zat kimia tanpa sepengetahuan guru
  • Bercanda dengan teman dan membuat gaduh, sehingga dapat menumpahkan bahan-bahan kimia berbahaya.
  • Makan dan minum selama praktikum di dalam laboratorium.
  • Berlarian dan mengganggu teman.
  • Masuk ke dalam laboratorium tanpa seizin guru atau petugas.
  • Memakai sandal atau sepatu terbuka, yang dapat ada resiko akan terkena tumpahan cairan kimia.
  • Meletakkan peralatan praktis sembarangan, seperti di pinggir meja atau di kursi.
  • Melakukan percobaan tidak sesuai dengan tujuan, dan arahan dari guru.

Kunci jawaban halaman 10 11, Mari Uji Kemampuan Kalian

1.Apa saja alat-alat laboratorium yang digunakan untuk melakukan hal-hal dibawah ini?.

Alternatif jawaban:

a. gelas ukur

b. kaki tiga (untuk penyangga), kawat kasa (untuk alas gelas beaker), dan gelas beaker (wadah cairan).

c. termometer untuk megukur suhu

d. tabung reaksi untuk mencampur bahan kimia dalam jumlah sedikit

e. spatula untuk mengambil garam yang akan di timbang

f. batang pengaduk untuk mengaduk garam agar larut dalam air

2.Bandingkan alat-alat laboratorium berikut ini dengan menyebutkan persamaan dan perbedaannya.

Alternatif jawaban:

a. Persamaan: batang pengaduk dan spatula sama-sama berbentuk panjang dan lurus. Perbedaan: batang pengaduk terbuat dari bahan kaca yang lurus, sedangkan spatula terbuat dari logam dengan ujung yang melebar karena digunakan untuk mengambil bahan.

b. Persamaan: gelas kimia dan erlenmeyer sama-sama wadah untuk menampung zat cair. Perbedaan: gelas kimia untuk melarutkan zat tanpa ketelitian tinggi, Erlenmeyer mewadahi bahan kimia cair dalam proses titrasi.

c. Persamaan: kawat kasa dan segitiga porselen sama-sama digunakan untuk penyangga saat proses pemanasan. Perbedaan: kawat kasa untuk meletakan gelas beaker agar tidak terkena langsung dengan api. Segitiga porselen sebagai penopang gelas beaker.

d. Persamaan: tabung reaksi dan cawan penguap sama-sama digunakan sebagai wadah zat yang akan diuji. Perbedaan: tabung reaksi terbuat dari kaca, cawan terbuat dari porselen sehingga lebih kuat.

3. Gambar 1.9 Suasana di Laboratorium IPA (lihat buku paket). Apakah pendapat kalian mengenai kejadian pada gambar di atas? Tuliskanlah semua peraturan keselamatan yang dilanggar dan juga sarankan bagaimana memperbaikinya.

Alternatif jawaban:

Menurut pendapat saya dari gambar tersebut masih banyak siswa yang melanggar peraturan di dalam Laboratorium IPA, sehingga dapat membahayakan dirinya sendiri dan orang lain.

Peraturan yang dilanggar:

  • Membawa dan makan di dalam lab.
  • Beelarian dan bercanda di lab.
  • Tidak segera membersihkan zat kimia yang tumpah.
  • Membuat gaduh dan mengganggu teman.
  • Menghirup dan mendekatkan zat kimia

Saran yang diperlukan:

Sebaiknya sebelum masuk ke dalam laboratorium memahami terlebih dahulu peraturan yang ada. Jangan bercanda bahkan membuat gaduk atau belaraian di dalam laboratorium karena dapat menumpahkan zat-zat kimia atau memecahkan dna merusak peralatan praktikum. Sebelum melakukan praktikum lebih baik membaca kembali langkah-langkah percobaan dan bekerja dengan teliti dan hati-hati agar.

4. Gambarlah diagram 2D untuk susunan alat-alat yang digunakan memanaskan air dengan pengukuran suhu setiap 3 menit.

Alternatif jawaban:

Demikian kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 10 11 Kurikulum Merdeka, semoga dapat membantu sebagai bahan belajar dan evaluasi adik-adik. Selamat Belajar.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *