Don't Show Again Yes, I would!

Lengkap! Soal dan Pembahasan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 33 37 40 Kurikulum Merdeka

Tahukah kamu perbedaan pengamatan kualitatif dan kuantitatif? Dalam materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP) kamu mempelajari tentang pengukuran. Seperti pada buku paket IPA kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Artikel berikut ini akan menyajikan pembahasan kunci jawaban IPA Kelas 7 halaman 33 37 40 pada Bab I. Soal dan pembahasan yang disajikan berdasarkan buku paket Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 yang disusun oleh Victoriani, dkk dari Kemdikbud.

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa pembahasan kunci jawaban IPA kelas 7 dalam artikel ini merupakan alternatif jawaban, sehingga perlu dikembangkan lagi. Semua penilaian dan kebenaran jawaban tergantung pada Bapak/Ibu guru.

Sedangkan pembahasan berikut ditujukan kepada adik-adik kelas 7 sebagai bahan belajar dan evaluasi diri.

Soal dan Pembahasan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 33

Pada pembahasan kali ini terkait materi Pengukuran, sebelumnya kamu telah mempelajari tentang pengamatan kualitatif dan kuantitatif. Pengamatan kualitatif adalah pengamatan yang dilakukan menggunakan kata-kata. Sedangkan pengamatan kuantitatif adalah pengamatan yang menggunakan data-data berupa angka.

Selain itu, sebelumnya kamu juga telah mempelajari tentang besaran pokok dan besaran turunan beserta satuan bakunya. Besaran pokok adalah besaran utama yang tidak berasal dari besaran lain. Sedangkan besaran turunan adalah besaran yang berasal atau diturunkan dari besaran pokok.

Kemudian jika kamu sudah memahami materi pengukuran, simak kunci jawaban yang akan disajikan berikut ini untuk bahan belajar.

Pembahasan pertama yang akan disajikan merupakan kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 33, Mari Uji Kemampuan Kalian. Pembahasan ini berdasarkan materi terkait pengukuran.

1. Identifikasilah pernyataan berikut apakah benar atau salah. Ubahlah pernyataan yang salah hingga menjadi benar.

Jawaban:

a Pernyataan salah, yang benar adalah ‘mengukur menggunakan penggaris adalah contoh pengamatan kuantitatif’.

b Pernyataan adalah benar, karena warna suatu larutan adalah contoh pengamatan kualitatif.

c Pernyataan adalah salah, yang benar adalah ‘satuan yang tepat untuk mengukur jarak adalah meter, sesuai dengan satuan baku.

d Pernyataan adalah salah, yang benar ‘sekon adalah satuan waktu sesuai standar internasional’.

e Pernyataan adalah benar, karena volume merupakan besaran turunan.

2. Apakah dua kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada gambar 1.18?

Jawaban: Anak tersebut tidak memasukkan termometer ke dalam zat cair sehingga tidak dapat mengukur suhunya dengan tepat. Kemudian anak tersebut melakukan kesalahan paralaks, yaitu kesalahan yang dikarenakan terjadi kesalahan membaca skala kecil, dan

3. Lihatlah sekeliling kelas kalian dan buatkan dua pengamatan kualitatif dan dua pengamatan kuantitatif.

Jawaban:

– Pengamatan kualitatif: Semua siswa kelas 7 menggunakan seragam pramuka pada hari ini, dan semua siswa SMP menggunakan sepatu berwarna hitam.

–  Pengamatan kuantitatif: Terdapat 20 siswa perempuan di kelas VII B, sedangkan siswa laki-laki sejumlah 9 anak. Pengamatan kedua panjang meja di kelas VII adalah 50 cm.

4. Sebutkan nama alat ukur di bawah ini lalu nyatakan hasil pengukuran dilengkapi satuannya.

Jawaban:

a. Nama alat adalah Termometer, dengan hasil pengukuran yang tertera adalah 20 derajat Celcius

b. Nama alat adalah timbangan duduk, dengan hasil pengukuran 1,5 gram.

c. Nama alat adalah gelas ukur, dengan hasil pengukuran sebesar 33 ml.

5. Ketika kalian menyentuh air hangat, maka kalian dapat mengetahui bahwa suhunya lebih tinggi dari air di bak kamar mandi kalian.

Jawaban: Karena tangan bukanlah satuan baku, sehingga pengukuran tidak memiliki hasil yang sama.

Soal dan Kunci jawaban IPA Kelas 7 halaman 37, Ayo Latihan Aktivitas 1. 14

Setelah mempelajari tentang pengukuran, sekarang kamu akan belajar bagaimana menyajikan data menggunakan grafik. Dalam pembahasan kali ini yang digunakan adalah jenis grafik garis karena percobaan yang dilakukan menyangkut variabel dengan angka-angka.

Langsung saja berikut ini adalah pembahasan kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 37.

Latihan. Aktivitas 1.14

Sando dan Luvena ingin meneliti apakah panjang sayap suatu helikopter kertas mempengaruhi lama waktu bertahan di udara.
Setelah melakukan percobaan, mereka memperoleh hasil sebagai berikut: (lihat buku paket).

1.Apakah jenis grafik yang paling cocok.

Jawaban: jenis grafik garis, karena data variabel bebasnya berupa angka yaitu panjang sayap helikopter.

2.Buatlah grafik secara lengkap dari tabel data percobaan.

3. Apakah kesimpulan dari grafik di atas?.

Jawaban: Dari grafik tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan lama waktu terbang helikopter kertas karena adanya peningkatan panjang sayap helikopter kertas. Jadi semakin panjang sayapnya lama terbangnya menjadi lebih lama.

Soal dan Pembahasan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 40, Mari Uji Kemampuan Kalian

Berikut ini adalah pembahasan kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 40, Mari Uji Kemampuan Kalian. Pada materi Pelaporan Hasil Percobaan kamu telah belajar bagaimana cara menyajikan data laporan. Pada soal berikut ini kamu akan lebih mendalami cara penyajian data dan membuat kesimpulan yang benar.

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Dian melakukan percobaan memanaskan air dalam gelas kimia. Dian mengukur suhu air setiap menit. Namun karena terburu-buru, ia tidak mencatat dalam bentuk tabel. Catatan datanya adalah sebagai berikut.

a. Bantulah Dian untuk menjelaskan hasil percobaannya dalam bentuk tabel yang lengkap.

Jawaban:

b. Gambarlah grafik untuk hasil percobaan Dian.

Jawaban:

c. Tulis kesimpulan untuk percobaan Dian sesuai tabel dan grafik yang telah kalian buat.

Jawaban:

Suhu air saat dipanaskan mengalami kenaikan suhu setiap menit. Dimana pada setiap menit ke 1, 3, dan 5 mengalami kenaikan suhu 4 derajat Celcius. Sedangkan pada menit ke 2, 4, dan 6 mengalami kenaikan suhu 6 derajat Celcius. 

Demikian pembahasan kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 33 37 40 Kurikulum Merdeka, semoga dapat membantu adik-adik lebih giat belajar dan memahami materi dengan lebih baik lagi.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *