Don't Show Again Yes, I would!

Manfaat Program Guru Penggerak, Tugas dan Persyaratan

Berbagai program dijalankan untuk meningkatkan perkembangan dalam bidang pendidikan, salah satunya adalah program guru penggerak. Namun, sudah tahukah kamu apa saja manfaat program Guru Penggerak?.

Program Guru Penggerak merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud, dalam upaya menjadikan guru  sebagai pemimpin dalam proses pembelajaran.

Tentu saja, ada beberapa manfaat program Guru Penggerak yang dapat dirasakan oleh tenaga pendidik. Berikut ini adalah ulasan yang akan membahas tentang program Guru Penggerak beserta dengan manfaat dan persyaratannya.

Apa itu Guru Penggerak?

Sebelum kita mempelajari jenis-jenis manfaat program Guru Penggerak, tidak ada salahnya jika mengenal lebih jauh tentang salah satu program pemerintah satu ini.

Guru Penggerak adalah guru yang telah lulus seleksi menyelesaikan pendidikan dalam program guru penggerak. Program ini dirancang oleh Kemendikbud sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas guru serta dapat mewujudkan merdeka belajar.

Dalam program Guru Penggerak guru akan disiapkan menjadi seorang pemimpin, yang dapat mendorong dan memotivasi peserta didik baik secara holistik aktif, maupun proaktif.

Diharapkan guru penggerak akan menjadi teladan bagi guru lainnya, untuk mewujudkan ekosistem belajar yang sesuai dengan berorientasi dengan Profil Pelajaran Pancasila.

Program Guru Penggerak dapat diikuti oleh seluruh guru di Indonesia, baik itu dari guru ASN maupun non ASN.

Program ini dapat diikuti oleh guru dari semua satuan pendidikan seperti sekolah swasta, sekolah negeri pada jenjang mulai dari TK, SD, SMP, SMA, SMK, Sehingga SLB yang memiliki SK Mengajar.

Peran dan Tugas Guru Penggerak

Selain pengertian yang telah dijelaskan diatas, guru penggerak juga mempunyai pers dalam memajukan pendidikan Indonesia.

Sebagai guru penggerak maka harus dapat menggerakkan ekosistem pendidikan menjadi pembelajaran yang lebih berpusat pada peserta didik. Selain itu, guru penggerak diharapkan dapat memberdayakan peserta didik untuk menjadi pelajar yang mandiri, kritis, kreatif, komunikatif, kolaboratif, serta berkepribadian sesuai dengan nilai Pancasila.

Sehingga dalam menjalankan tugasnya seorang guru penggerak memiliki beberapa peran penting yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pendidikan. Berikut ini adalah peran dari seorang Guru Penggerak.

  • Memajukan pendidikan Indonesia
  • Menjadi pengajar praktik untuk rekan guru lain dalam pengembangan pembelajaran sekolah.
  • Meningkatkan kepemimpinan peserta didik.
  • Menggerakkan komunitas belajar bagi rekan guru lain yang berada di wilayah sekolahnya.
  • Memberikan ruang diskusi positif serta rumah untuk saling berkolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam serta luar sekolah dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran.
  • Menjadi pemimpin pembelajaran dan membuat ekosistem yang baik dalam satuan pendidikan.

Manfaat Program Guru Penggerak

Terdapat beberapa manfaat program Guru Penggerak bagi seorang guru, yang merupakan manfaat positif sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

Ayo langsung saja simak beberapa manfaat Guru Penggerak berikut ini.

Pengembangan Kompetensi

Program guru penggerak dilakukan selama 9 bulan lamanya, yang diisi dengan berbagai kegiatan salah satunya adalah pengembangan kompetensi dalam Lokakarya Bersama.

Manfaat Guru Penggerak adalah tenaga kependidikan akan mendapatkan pelatihan daring, lokakarya, konferensi serta pendampingan.

Menjadi Guru Pemimpin Pembelajaran

Salah satu peran Guru Penggerak adalah menjadi pemimpin pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dengan mengikuti program ini maka pendidik akan memiliki totalitas dalam memberikan pelayanan pada peserta didik.

Sehingga guru dapat memberikan motivasi dan menguatkan kemampuannya untuk memberdayakan peserta didik.

Mendapat Pengalaman Belajar Mandiri maupun Kelompok

Manfaat program Guru Penggerak selanjutnya adalah dengan pendidikan ini, guru akan mendapatkan pengalaman belajar secara mandiri dan kelompok dengan cara terbimbing, terstruktur dan menyenangkan.

Mendapat Komunitas Baru

Selanjutnya manfaat program Guru Penggerak adalah guru akan dapat bergabung dalam komunitas belajar baru. Sehingga mereka akan saling bertemu antar peserta Guru Penggerak dari berbagai latar belakang. Hal ini akan membuat tenaga pendidik memiliki jaringan yang lebih luas lagi.

Mendapatkan Sertifikat

Setelah mengikuti pendidikan Guru Penggerak, maka akan mendapatkan sertifikat pendidikan 306 JP serta mendapat piagam sebagai Guru Penggerak.

Sertifikat dan piagam tersebut dapat digunakan sebagai penunjang karir keguruan. Selain itu, Kemdikbud juga akan memberikan beberapa keuntungan seperti bantuan paket data selama pelatihan daring, biaya transportasi, akomodasi, dan konsumsi selama pelaksanaan Lokakarya.

Syarat menjadi Guru Penggerak

Setelah kamu mempelajari manfaat program Guru Penggerak, tertarikkah kamu mengikutinya?.

Jika iya, maka jangan lewatkan untuk menyimak persyaratan pendidikan Guru Penggerak berikut ini.

  • Minimal pendidikan S1 atau D4.
  • Aktif mengajar serta terdaftar sebagai guru di dapodik.
  • Pengalaman mengajar 5 tahun
  • Mempunyai sisa masa kerja minimal 2 tahun sebelum pensiun.
  • Dapat mengimplementasikan pembelajaran berpusat pada peserta didik.
  • Memiliki pengalaman mentoring atau pelatihan guru selama 1 tahun.
  • Dapat berkomitmen menjalankan program pendidikan sampai selesai.
  • Mempunyai pengalaman kepemimpinan, misal ketua organisasi pendidikan, wakil kepala sekolah, asosiasi guru, dan lain-lain.

Kemudian cara mendaftar menjadi calon Guru Penggerak adalah dengan mengakses dan login ke simpkb kemudian membuka menu program Guru Pengegrak dan melakukan registrasi calon guru penggerak pada laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/.

Setelah itu kamu dapat mengikuti tahapan seleksi calon peserta pendidikan dan mengajukan diri, .

Demikian adalah informasi terkait pengertian, tugas dan manfaat program Guru Penggerak.

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *