Don't Show Again Yes, I would!

Mau Beli Laptop? Perhatikan 9 Tips Memilih Laptop Agar Tidak Salah Pilih

DUNIAMU.ID – Anda mau beli laptop, tapi masih bingung apa saja yang perlu diperhatikan. Karena begitu banyak pilihan laptop yang tersedia? Anda perlu tahu apa yang harus dicari dan bagaimana mengartikan beberapa istilah teknis sebelum anda bisa menemukan laptop yang sesuai. Jangan lupa memperhatikan Tips Memilih Laptop

Berikut tips memilih laptop yang tepat dan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli laptop baru, sehingga anda bisa membuat keputusan terbaik sebelum membelinya.

1. Pilih Laptop Sesuai Dengan Budget

Tips Memilih Laptop pertama yang perlu diperhatikan adalah sesuaikan anggaran anda dengan baik. Anda perlu menyesuaikan fitur laptop dengan budget yang anda miliki. Jangan terlalu tergoda dengan fitur canggih jika itu melebihi kemampuan keuangan anda. 

Cari laptop yang memberikan nilai terbaik sesuai dengan anggaran anda. Pemahaman tentang spesifikasi dan sistem operasi penting, tetapi yang terutama adalah membuat anggaran yang sesuai. 

Meskipun ada banyak laptop dengan fitur canggih, anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan anggaran, bahkan ada yang terjangkau dibawah 3-4 juta. Jadi, tidak masalah berapapun anggaran, selalu ada laptop yang cocok untuk anda.

2. Pilih Sistem Operasi Pilihan

Beberapa orang mungkin merasa nyaman jika komputer berjalan dengan baik tanpa terlalu memikirkan sistem operasinya. Namun, untuk yang lainnya, sistem operasi adalah sesuatu yang benar-benar penting.

Sebagian besar laptop hadir dengan dua pilihan sistem operasi utama yang populer: Windows dan Mac OS (khusus untuk MacBook). Keputusan ini sebagian besar bersifat pribadi, dan tidak ada yang benar atau salah di sini. Namun, ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan.

Windows adalah sistem operasi yang sangat fleksibel dan mendukung berbagai model laptop. Anda dapat menemukan laptop Windows mulai dari yang terjangkau hingga yang memiliki harga di atas 10 juta. Windows juga menawarkan berbagai fitur yang cocok untuk berbagai keperluan.

Macbook menggunakan mac OS, sistem operasi desktop Apple, yang mirip dengan Windows 10 tetapi dengan antarmuka yang berbeda. Ini optimal ketika digunakan dengan produk Apple lainnya karena memungkinkan integrasi yang mulus antar perangkat.

Jadi, saat anda memilih sistem operasi, pertimbangkan preferensi dan bagaimana anda berencana untuk menggunakan laptop sehari-hari. Apakah anda lebih suka fleksibilitas Windows atau antarmuka yang khas dari Mac OS? Keputusan itu ada di tangan anda.

3. Tips Memilih Laptop Berdasarkan CPU

Semakin baru generasi sebuah CPU, semakin baik kinerjanya. Spesifikasi yang lebih tinggi juga berarti kinerja yang lebih baik. Untuk laptop yang digunakan untuk gaming dan desain, sebaiknya anda memilih CPU diatas Core i5 (Intel) atau Ryzen 5 (AMD). Penting untuk memeriksa hasil benchmark untuk melihat perbandingan performanya.

CPU, yang merupakan singkatan dari Central Processing Unit, dapat dianggap sebagai otak dari komputer. Kinerja komputer sangat dipengaruhi oleh jenis prosesor yang digunakan, tergantung pada kebutuhan anda. 

Prosesor Intel Core biasanya memberikan kinerja terbaik dalam tugas multitasking dan multimedia. Biasanya, laptop dengan Core i3 cocok untuk penggunaan awal, sedangkan Core i5 adalah pilihan yang baik untuk komputer sehari-hari. 

Jika anda mencari laptop dengan harga terjangkau namun memiliki kinerja yang baik, Core i5 adalah pilihan yang tepat. Namun, jika anda melakukan tugas yang lebih berat, anda dapat mempertimbangkan Core i7, Core i9, atau prosesor Intel generasi ke-11. Ingatlah bahwa semakin tinggi angka core, semakin mahal harganya.

4. Perhatikan Kapasitas RAM

Saat memilih kapasitas memori RAM, idealnya laptop anda harus memiliki setidaknya 8GB RAM. Ini adalah ukuran yang umumnya sudah cukup untuk sebagian besar pengguna. 

Namun, jika anda berencana menggunakan laptop untuk bermain game atau pekerjaan grafis yang lebih intensif, sebaiknya anda memiliki minimal 8GB RAM.

RAM, atau Random Access Memory, adalah tempat di mana laptop anda menyimpan data sementara yang dibutuhkan oleh prosesor untuk menjalankan berbagai tugas. Semua aplikasi dan pekerjaan yang sedang berjalan perlu dimuat dalam RAM.

Jika RAM terlalu kecil, anda mungkin akan mengalami masalah seperti keterbatasan dalam membuka aplikasi atau menyelesaikan tugas yang sedang anda kerjakan. 

Hal ini dapat membuat laptop anda menjadi lambat atau bahkan mengalami pembekuan yang memerlukan restart. Secara umum, memiliki setidaknya 8GB RAM adalah pilihan yang baik untuk penggunaan sehari-hari. 

Namun, jika anda melakukan pekerjaan yang lebih berat atau aktivitas khusus yang memerlukan banyak sumber daya, anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk memiliki RAM dengan kapasitas yang lebih besar, seperti 16GB atau lebih.

5. Perhatikan SSD atau HDD

Jumlah ruang penyimpanan yang anda butuhkan dalam laptop akan bergantung pada penggunaannya. Jika anda lebih fokus pada performa dan kecepatan, SSD adalah pilihan yang lebih baik. 

SSD memiliki kecepatan akses data yang jauh lebih cepat daripada HDD, sehingga aplikasi akan berjalan lebih responsif dan sistem anda akan boot lebih cepat.

Selain itu, terkait dengan prosesor grafis, untuk kebanyakan pengguna laptop, grafis terintegrasi yang berbagi memori sistem akan cukup baik dan dapat ditemukan di sebagian besar laptop. 

Namun, jika anda berencana untuk bermain game, bekerja dengan grafik 3D, atau melakukan pengeditan video beresolusi tinggi, sebaiknya mempertimbangkan laptop dengan prosesor grafis dari AMD atau Nvidia, yang akan memberikan performa grafis yang lebih baik.

6. Perhatikan Kapasitas Baterai

Tips memilih laptop selanjutnya, perhatikan kapasitas baterai terutama jika anda akan menggunakan laptop di luar area listrik. Untuk penggunaan yang mobile, cari laptop dengan daya tahan baterai setidaknya 7 jam atau lebih. 

Peringkat baterai dalam Watt-jam (Wh) atau milliamp-jam (mAh) menunjukkan seberapa lama baterai dapat bertahan. Semakin besar angkanya, semakin baik daya tahan baterainya, misalnya 44Wh hingga 50Wh adalah yang terbaik.

7. Cek Jumlah Port

Jenis port pada laptop menjadi faktor penting. Port adalah tempat di mana berbagai perangkat dapat dihubungkan ke laptop, seperti USB, atau untuk pengisian daya. 

Ini memungkinkan anda untuk menghubungkan perangkat seperti hard disk eksternal atau SSD, mencadangkan data, atau menggunakan mouse dan keyboard. Sebaiknya laptop memiliki setidaknya satu USB-C, satu USB-A, dan jack mikrofon/headset.

Saat ini, jika laptop hanya memiliki satu port USB 3.0, anda mungkin perlu mempertimbangkan laptop dengan lebih banyak port. Sebaiknya, laptop memiliki beberapa port USB 3.0 ini. 

USB 3.0 adalah standar yang umum digunakan di industri teknologi laptop karena memiliki kecepatan transfer data sepuluh kali lebih cepat daripada USB 2.0, sehingga proses transfer data menjadi lebih cepat.

8. Pilih Spesifikasi Layar

Mungkin perlu mempertimbangkan apakah anda ingin layar sentuh pada laptop atau tidak. Saat ini, beberapa merek menyertakannya layar sentuh. Namun, perlu diingat bahwa layar sentuh biasanya menambah biaya lebih, tergantung pada tingkat sensitivitasnya.

Namun, ada beberapa kekurangan dalam penggunaan layar sentuh, seperti cenderung lebih mengkilap, rentan terhadap silau, cipratan air, dan debu. Layar sentuh modern lebih baik daripada yang sebelumnya, tetapi jika anda merasa tidak memerlukannya, anda bisa mempertimbangkan laptop tanpa layar sentuh.

Selanjutnya, pastikan laptop yang anda pertimbangkan memiliki resolusi 1920×1080 piksel (Full HD) atau lebih tinggi. Resolusi ini dianggap minimum yang baik. 

Beberapa laptop bahkan menawarkan resolusi 4K, tetapi ini biasanya mahal dan hanya diperlukan oleh para profesional content creator atau gamers. 

Penting juga untuk memastikan laptop memiliki akurasi warna yang baik dan mendukung gamut warna yang luas serta standar HDR, terutama Delta E <1 dan cakupan 100% dari gamut warna DCI-P3.

9. Cek Kualitas WebCam

Webcam penting untuk kegiatan online seperti belajar, meeting, dan lainnya. Namun, beberapa laptop mungkin tidak memiliki webcam. Jika laptop anda tidak memiliki kamera, anda bisa membeli webcam terpisah. 

Sebagian besar webcam memiliki kualitas 720p, terutama pada laptop yang lebih terjangkau secara harga. Namun, jika anda sering menggunakan webcam, terutama untuk aplikasi seperti Zoom, webcam dengan kualitas 1080p mungkin lebih nyaman.

Nah, itu dia tadi beberapa tips memilih laptop yang tepat. Jangan sampai salah pilih ya.

Disclaimer : “Jangan lewatkan informasi terbaru seputar dunia pendidikan dan informasi CPNS dan PPPK dengan bergabung di channel telegram kami. Klik LINK BERIKUT dan pilih join”

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *