Don't Show Again Yes, I would!

Mengenal Definisi Ekonomi Kreatif , Manfaat, Ciri-ciri dan Contoh

Manusia melakukan kegiatan ekonomi dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, selain itu kegiatan ekonomi sangat penting dalam menjaga roda perekonomian negara. Dengan perkembangnya teknologi dan informasi yang semakin luas kini terdapat istilah ekonomi kreatif atau biasa disebut ekraf.

Perkembangan zaman menuntut segala bidang untuk beradaptasi, begitu juga dalam bidang ekonomi. Ekonomi kreatif merupakan salah satu program dalam bidang ekonomi agar tetap mengikuti perkembangan zaman sekarang ini.

Namun, sudah tahukah Anda definisi ekonomi kreatif itu? Sektor dengan ekonomi kreatif memiliki manfaat dan ciri-ciri khususnya. Untuk mengenal bagaimana ekonomi kreatif tersebut simak ulakan berikut ini.

Apa itu ekonomi kreatif?

Perkembangan Era Industri 4.0 memunculkan istilah ekonomi kreatif yang kini telah dikenal banyak orang. Kegiatan ekonomi ini menjadikan kreatifitas menjadi hal utama untuk mengembangkan ekonomi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ekonomi diartikan sebagai ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang serta kekayaan. Sedangkan kreatif diartikan sebagai kemampuan untuk memiliki daya cipta dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Sehingga ekonomi kreatif adalah kegiatan ekonomi meliputi produksi, distribusi, dan pemakaian barang/jasa menggunakan asas-asas dan cara-cara kreatif.

Kemudian menurut Departemen Perdagangan Republik Indonesia, ekonomi kreatif adalah sebuah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, dan bakat individu dengan tujuan untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dari penciptaan/pemanfaatan daya kreasi serta daya cipta individu.

Kemudian menurut John Howkins, ekonomi kreatif diartikan sebagai serangkaian aktivitas ekonomi dimana didalamnya melibatkan penciptaan properti intelektual. Howkins juga menjelaskan ekonomi kreatif terdiri dari periklanan, arsitektur, seni, kerajinan, desain, fashion, film, musik, seni pertunjukan, penerbitan, penelitian dan pengembangan, perangkat lunak, mainan serta permainan, televisi dan radio, serta permainan video.

Sedangkan menurut United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), mengartikan ekonomi kreatif adalah konsep ekonomi yang berkembang didasarkan pada aset kreatif dimana tujuannya berpotensi menghasilkan pertumbuhan serta perkembangan ekonomi.

Kegiatan ekonomi kreatif memiliki sumber daya utama yaitu kreativitas, dimana hal tersebut untuk menghasilkan sesuatu yang unik. Kreativitas juga dipahami sebagai melakukan sesuatu yang berbeda dari pakem, menghasilkan atau menciptakan sesuatu yang unik dan beda dari yang lain.

Apa saja manfaat ekonomi kreatif

Sebagai sebuah terobosan baru ekonomi kreatif memiliki manfaat dan kegunaan pada setiap sektor pelaku ekonomi. Ekonomi kreatif digadang-gadang menjadi salah satu sektor ekonomi yang menjanjikan.

Lalu apa saja manfaat ekonomi kreatif tersebut? Berikut ini penjelasan manfaat sektor ekonomi kreatif.

Meningkatkan daya kreatif masyarakat

Ekonomi kreatif yang mengutamakan daya kreativitas tentunya akan mendorong masyarakat lebih mengasah kreativitasnya. Masyarakat yang menjalankan ekonomi kreatif akan memberikan ide-ide baru dan inovasi dimana hal ini dapat mengasah kemampuan kreativitas.

Jalan pembuka lapangan pekerjaan

Adanya ekonomi kreatif membuka jalan bagi masyarakat untuk membuka bisnis, sehingga akan menghasilkan banyak produk dan peluang usaha baru karena perkembangan inovasi dan kreatifitas masyarakat yang bertambah, sehingga lapangan pekerjaan akan terbuka baik bagi pelaku ekonomi kreatif dan tenaga kerja yang dibutuhkan.

Mendorong inovasi dalam segala bidang

Kreativitas akan menghadirkan daya inovasi karena menciptakan ide-ide baru, ekonomi kreatif dapat diterapkan dalam segala bidang usaha. Sehingga hal tersebut akan mendorong perkembangan inovasi dalam setiap sektor.

Peluang meningkatkan kualitas hidup

Kegiatan memanfaatkan ekonomi kreatif adalah salah satu peluang meningkatkan kualitas hidup, karena dengan kegiatan ini peluang keuntungan juga akan lebih banyak.

Ciri-ciri ekonomi kreatif

Jika dibandingkan dengan sektor ekonomi lainya, ekonomi kreatif mempunyai ciri-ciri utama yang membedakan dengan industri ekonomi lainya. Ciri-ciri ekonomi kreatif adalah sebagai berikut.

Adanya kreasi intelektual

Dengan sumber daya utama kreativitas, ekonomi kreatif akan menciptakan kreasi intelektual yang dihasilkan sebagai hasil proses industri ini. Kreasi intelektual merupakan sesuatu yang diciptakan melalui ide dan gagasan yang unik dan belum ada sebelumnya. Kreasi intelektual ini dapat didaftarkan pada lembaga Hak Kekayaan Intelektual.

Berdasarkan gagasan dan ide

Kunci dari sektor ekonomi kreatif adalah adanya gagasan dan ide-ide kreatif yang dibuat untuk menjalankan usaha atau kegiatan. Ide dan gagasan akan menghasilkan inovasi-inovasi yang menjadi ciri bagi ekonomi kreatif.

Didistribusikan secara langsung dan tidak langsung

Kegiatan atau usaha ekonomi kreatif mendistribusikan produknya secara langsung maupun tidak langsung. Kegiatan ini mementingkan kebutuhan konsumen sehingga fleksibel dalam cara pendistribusian.

Tidak terbatas

Daya kreatif dan ide serta gagasan seseorang bersifat tak terbatas sehingga setiap orang dapat menciptakan produk kreatifnya sendiri dan menjalankan ekonomi kreatif.

Perlu adanya kerjasama

Kerjasama atau kolaborasi menjadi hal yang penting bagi ekonomi kreatif, untuk menjalani sektor ini dibutuhkan kerjasama antar pelaku ekonomi kreatif dengan beberapa sektor lain untuk menjalankan dan menggunakan sistem ekonomi.

Selalu berkembang

Adanya kreasi dan inovasi dalam kegiatan ekonomi kreatif menjadikan sektor ini untuk dapat terus dikembangkan, karena gagasan dan ide tak terbatas dan dapat diganti terus mengikuti perkembangan zaman.

Contoh kegiatan ekonomi kreatif

Craft

Craft adalah hasil dari kekreatifitasan pengrajin, dalam hal ini penciptaan arang-barang ini dibuat dengan tingkat kreatif dan inovasi yang tinggi. Banyak sekali hasil-hasil kerajinan yang sekarang ini dijalankan dengan ekonomi kreatif seperti hasil-hasil kerajinan dari barang bekas atau bahan alami.

Fotografi

Fotografi menjadi karya seni yang sekarang ini dapat diterapkan sebagai ekonomi kreatif. Banyak sekali platform yang dapat dimanfaatkan untuk memanfaatkan hasil fotografi.

Desain

Produk-produk dari hasil desain sekarang ini sangatlah banyak seperti desain grafis, interior, desain produk yang dapat dimanfaatkan sebagai sektor ekonomi kreatif. Karena perkembangan teknologi sekarang ini yang banyak kegiatan dijalankan secara online membutuhkan banyak produk desain.

 

Di jaman sekarang memahami ilmu bisnis sangatlah penting untuk meningkatkan nilai jual anda.

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *