Don't Show Again Yes, I would!

Mengenal Intrakurikuler Dalam Kurikulum Merdeka dan Contoh Kegiatan

Implementasi Kurikulum Merdeka membuat pembelajaran yang dilakukan lebih fleksibel, salah satunya adalah penerapan intrakurikuler.

Kegiatan intrakurikuler didalamnya dilengkapi dengan kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan korikuler, yang menjadi cara satuan pendidikan mencapai tujuan pembelajaran.

Untuk mengenal lebih jauh apa yang dimaksud kegiatan intrakurikuler, simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Kegiatan Intrakurikuler ?

Kegiatan intrakurikuler merupakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan sesuai dengan jam pelajaran yang telah terjadwal, dan sesuai dengan alokasi waktu yang sudah ditentukan.

Penerapan kegiatan ini dilakukan sesuai dengan kurikulum yang digunakan dalam sebuah satuan pendidikan. Kegiatan belajar mengajar berdasarkan kompetensi muatan yang ada pada setiap mata pelajaran.

Penerapan intrakurikuler biasanya dilakukan dalam beberapa hari 5 hingga 6 hari dalam seminggu. Tergantung perencanaan yang dilakukan oleh pihak sekolah.

Proses pembelajaran juga disesuaikan dengan struktur program untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ada. Sehingga kegiatan intrakurikuler ini merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh peserta didik.

Mata pelajaran yang diberikan dalam intrakurikuler adalah mata pelajaran yang harus diikuti oleh semua peserta didik. Kegiatan ini menjadi inti aktivitas belajar mengajar. Secara umum kegiatan ini dilakukan di kelas.

Daryanto menyatakan bahwa intrakurikuler adalah pengembangan organisasi siswa yang efektif di sekolah baik dalam hal pendidikan dasar maupun pendidikan menengah. Sehingga kegiatan intrakurikuler harus dapat menjamin partisipasi siswa untuk melakukan program-program sekolah.

Sedangkan menurut Zuhairi, kegiatan belajar ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan di sekolah atau madrasah dengan penjatahan waktu yang sesuai dengan struktur program. Kegiatan intrakurikuler dilakukan secara tatap muka dan sesuai dengan jadwal yang ada. Kegunaan kegiatan ini adalah untuk mencapai tujuan minat pada setiap mata pelajaran.

Tujuan Kegiatan Intrakurikuler

Penerapan kegiatan intrakurikuler dalam sebuah satuan pendidikan memiliki tujuan tertentu. Tujuan mengapa dilakukan kegiatan ini adalah sebagai berikut.

  • Untuk memberikan kesempatan pada peserta didik supaya dapat mencapai kemampuan sesuai dengan capaian pembelajaran.
  • Untuk mendorong dan mendukung keterampilan dan kemampuan akademik peserta didik.
  • Untuk membuat peserta didik menguasai mata pelajaran yang telah dipelajari bersama guru.

Manfaat Kegiatan Intrakurikuler

Menerapkan kegiatan intrakurikuler, dapat memberikan manfaat yang akan dirasakan oleh peserta didik. Sebagai salah satu program Kurikulum Merdeka, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat tidak hanya untuk peserta didik tetapi juga kemajuan pendidikan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat intrakurikuler, yang akan didapatkan jika diterapkan dengan baik.

  • Membuat peserta didik mendapatkan kemampuan dan keterampilan sesuai dengan capaian pembelajaran.
  • Meningkatkan kemampuan akademik dan prestasi peserta didik.
  • Mendekatkan hubungan baik guru dan peserta didik, karena dilakukan dengan teknik tatap muka secara langsung.
  • Peserta didik menjadi lebih paham dengan mata pelajaran yang dipelajari.

Bagaimana Penerapan Intrakurikuler ?

Penerapan kegiatan intrakurikuler disesuaikan dengan penggunaan Kurikulum Merdeka memiliki beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan intrakurikuler dalam Kurikulum Merdeka.

  • Menggunakan banyak metode dalam pengajaran serta pendekatan belajar sehingga terwujud misi Kurikulum merdeka, “Merdeka belajar, mereka bermain”.
  • Menggunakan banyak instrumen asesmen, yang penerapanya memiliki makna saat menilai proses dan capaian peserta didik.
  • Untuk penerapan pada tingkat sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), satuan pendidikan bebas memilih berbagai pendekatan yang sesuai dengan pengalaman yang digunakan secara menyenangkan serta tujuan pembelajaran dapat tercapai.
  • Tetap ada Tema yang diterapkan, tetapi PAUD bebas mengembangkan tema tersebut sesuai dengan konteks dan karakteristiknya untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  • Bagi peserta didik yang melakukan PKL atau ,magang, metode pembelajaran intrakurikuler merupakan menggunakan pemetaan kompetensi, penetapan lokasi, jangka waktu, pembimbin, pemetaan penempatan dan pembekalan.
  • Pada peserta didik yang melakukan PKL atau magang, intrakurikuler dilaksanakan dengan cara kolaboratif antara satuan pendidikan dan mitra dunia kerja, yang melibatkan juga guru sebagai pembimbing, serta adanya instruktur di tempat PKL atau magang.

Contoh Kegiatan Intrakurikuler

Setiap satuan pendidikan memiliki kebijakan dan rencana sendiri-sendiri dalam melakukan kegiatan intrakurikuler. Sebagai kegiatan utama intrakurikuler, dilakukan sesuai dengan perencanaan lembaga atau satuan pendidikan di jenjang sekolah tertentu.

Kegiatan-kegiatan sehari-hari adalah penerapan intrakurikuler. Kegiatan ini diantaranya meliputi kegiatan berikut ini.

  • Kegiatan pembelajaran di kelas atau kegiatan belajar mengajar
  • Piket membersihkan kelas, sesuai jadwal yang telah dibuat.
  • Upacara setiap hari Senin dan hari besar Nasional.
  • Kegiatan senam pagi.
  • Kegiatan peribadatan, seperti shalat wajib dan shalat dhuha.
  • Wawasan kebangsaan.

Kesimpulan

Kegiatan intrakulikuler adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh peserta didik, merupakan kegiatan inti dalam proses pembelajaran satuan pendidikan. Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan program Kurikulum Merdeka dan alokasi waktu yang telah ditetapkan. Tujuan dari intrakurikuler adalah supaya peserta didik dapat melakukan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum, sehingga peserta didik dapat mencapai den menguasai pelajaran sesuai dengan capaian kompetensi yang diharapkan.

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *