Don't Show Again Yes, I would!

Mengenal Pengertian TPACK: Unsur, Langkah Pembelajaran, Kelebihan dan Tantangan

Pengertian TPACK – Teknologi menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia zaman sekarang. Adanya teknologi dapat mempermudah bidang-bidang dari berbagai aspek kehidupan. Salah satu manfaat teknologi banyak diterapkan dalam bidang pendidikan salah satunya adalah TPACK.

Sudah tahukah kamu apa pengertian TPACK itu? Technological pedagogical content knowledge (TPACK) merupakan pengetahuan tentang pentingnya integrasi antara teknologi dan pedagogik yang digunakan dalam pengembangan konten pendidikan.

Untuk mengenal lebih dekat tentang pengertian TPACK beserta unsur, langkah dan kelebihannya simak ulasan berikut ini.

Pengertian TPACK

Technological pedagogical content knowledge atau disingkat menjadi TPACK merupakan salah satu pendekatan yang diterapkan dalam dunia pendidikan. Pengertian TPACK adalah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan perkembangan teknologi dengan pedagogik untuk dikembangkan menjadi konten-konten dalam dunia pendidikan.

Pendekatan ini penting untuk dipahami oleh tenaga pendidik, karena diharapkan dapat memberikan arahan baru terkait bagaimana cara yang benar menerapkan teknologi dalam pembelajaran. Dengan penerapan ini salah satu tujuannya adalah untuk membuat pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien.

Banyak sekali bagian teknologi yang memiliki manfaat positif bagi dunia pendidikan, dan dapat mempermudah pembelajaran yang dilakukan guru dan peserta didik.

Terdapat komponen utama sesuai pengertian TPACK yaitu teknologi, pedagogi, dan konten pengetahuan.

Ketiga komponen tersebut tidak dapat dilepaskan satu sama lain, karena hal tersebutlah yang membuat pendekatan TPACK berarti. Dengan adanya teknologi diharapkan guru dapat menghasilkan pembelajaran yang efektif melalui konten-konten pengetahuan.

Unsur TPACK

Berdasarkan Koehler dan Mishra terdapat tujuh unsur dalam penerapan TPACK. Unsur-unsur TPACK sesuai pengertian TPACK antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Pedagogical Knowledge (PK)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya pengertian TPACK merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran, sehingga penerapannya membutuhkan pengetahuan yang harus dikuasai oleh guru. Guru harus dapat menguasai pengetahuan seperti pengelolaan kelas, penilaian, perencanaan pembelajaran dan lain sebagainya. Sehingga dibutuhkan pengetahuan pedagogik atau PK dalam PTACK.

2. Content Knowledge (CK)

TPACK berhubungan dengan pembuatan konten pembelajaran, sehingga selain PK guru harus dapat menguasai substansi materi sesuai pembelajaran. Materi ini digunakan dalam pembuatan CK pembelajaran. Dengan menguasai materi dengan baik, guru akan dapat menyampaikan pelajaran dengan baik dan peserta didik dapat lebih mudah memahami.

3. Technology Knowledge (TK)

TK merupakan unsur yang penting dalam penerapan TPACK, karena berhubungan dengan integrasi teknologi dalam pembelajaran. Teknologi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas guru, serta dapat menunjang pembelajaran peserta didik. Selain itu, adanya TK dapat digunakan sebagai penunjang komunikasi yang lebih efektif.

4. Pedagogical Content Knowledge (PCK)

PCK dalam proses pembelajaran akan dipilih guru pada materi yang akan diajarkan. PCK guru memilih metode mengajar, rencana pembelajaran, hingga fasilitas dan media pendukung pembelajaran.

5. Technological Content Knowledge (TCK)

TCK adalah pengetahuan mengenai pengaruh teknologi pada suatu disiplin ilmu pengetahuan. Hal ini memberikan pengertian seberapa besar pengaruh teknologi dalam perkembangan dunia pendidikan.

6. Technological Pedagogical Knowledge (TPK)

TPK adalah pengetahuan yang dapat membuat hubungan antara teknologi dengan proses pembelajaran. Unsur TPK inilah guru dapat memahami kelebihan serta kekurangan penerapan teknologi dalam pembelajaran, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi.

7. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)

Unsur TPACK akan memuat tiga unsur yaitu teknologi, pedagogi, dan konten. Dalam era digitalisasi saat ini pengetahuan akan teknologi sangat diperlukan, sehingga guru juga dituntut untuk mahir dalam mengintegrasikan ketiga unsur TPACK.

Langkah Pembelajaran Pendekatan TPACK

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah pembelajaran menggunakan pendekatan TPACK.

  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran serta memberikan motivasi sebelum pembelajaran dimulai.
  • Guru menjelaskan poin-poin materi yang akan dipelajari saat itu, guru menyampaikan point materi menggunakan bantuan teknologi, seperti power point.
  • Pembentukan kelompok kecil atau kelompok besar yang dapat dikomunikasikan terlebih dahulu melalui grup media sosial seperti Whatsapp atau Telegram.
  • Guru memulai kegiatan pembelajaran, kemudian mempersilahkan peserta didik untuk dapat berpartisipasi dalam proses dan kegiatan belajar mengajar.
  • Saat pembelajaran telah selesai, guru dapat melakukan evaluasi pembelajaran, apa yang harus ditingkatkan, diperbaiki dan apa hal yang harus dihilangkan.
  • Guru dapat memberikan reward atau penghargaan untuk peserta didik yang telah mengikuti pembelajaran dengan baik.

Kelebihan dan Tantangan

Kelebihan

Berdasarkan Stoilescu (2015) penerapan TPACK memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut.

  • Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik melalui teknologi yang ada.
  • Meningkatkan keterampilan guru dalam menjalankan proses pembelajaran dengan kolaborasi teknologi.
  • Memberikan tantangan baru pada peserta didik.
  • Membuat peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
  • Membantu guru dalam mencapai tujuan dan kompetensi pembelajaran.

Tantangan

Selain kelebihan pendekatan TPACK juga memiliki tantangan untuk diterapkan. Tantangan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Membutuhkan perawatan dna infrastruktur tambahan, berupa perangkat teknologi.
  • Memerlukan pengawasan yang lebih selama pembelajaran berlangsung.
  • Jika ada kesenjangan kualitas teknologi seperti akses internet akan mempersulit pernapasan.
  • Jika Guru tidak mahir dalam menggunakan teknologi, maka akan banyak waktu yang waktu yang terbuang.

Demikian pengertian TPACK sebagai pendekatan dalam dunia pendidikan. Seperti yang sudah dijelaskan TPACK merupakan pendekatan yang mengintegrasikan ketiga unsur utama yaitu teknologi, pedagogi serta konten pengetahuan. Penerapan TPACK membutuhkan  persiapan dan perencanaan yang matang sebelum ditetapkan sebagai pendekatan pembelajaran.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *