Duniamuid – Tugas pokok lain dari seorang guru selain mengajar didalam kelas adalah membuat perangkat pembelajaran. Pembelajaran di kelas tidak akan maksimal tanpa adanya perangkat ini. Apa sebenarnya perangkat ajar dan apa saja perangkat ajar yang harus dibuat oleh seorang guru? Simak ulasannya berikut ini.
Pengertian Perangkat Ajar
Sebelum berbicara lebih jauh anda harus paham terlebih dahulu apa itu perangkat pembelajaran. Perangkat ini merupakan sekumpulan alat bantu yang digunakan oleh tenaga pendidik agar kegiatan belajar mengajar lebih maksimal dan efektif. Didalamnya tercantum media, fasilitas, bahan, panduan dan materi yang akan disampaikan.
Manfaat Perangkat Ajar Bagi Guru
Kenapa seorang guru wajib memiliki perangkat ini? Karena banyak manfaat yang bisa didapatkan, diantaranya adalah:
1. Menjadi Pedoman Pembelajaran
Manfaat pertama dari perangkat ini adalah menjadi pedoman dalam pembelajaran. Guru akan lebih mudah dalam menguasai kelas dan merencanakan kegiatan pembelajaran dengan adanya perangkat ini. Selain itu guru bisa tau mana saja materi yang sudah diajarkan dan agenda ke depannya apa saja.
Selain tentang materi, perangkat ajar terdapat penilaian sikap siswa yang mempermudah guru dalam mengevaluasi kendala siswa di kelas. Jika tidak ada perangkat ini maka guru dalam memberikan materi tidak akan terstruktur.
2. Tolak Ukuran Keberhasilan Pembelajaran
Selanjutnya, perangkat pembelajaran bisa dijadikan tolak ukuran keberhasilan dalam pelaksanaan pembelajaran. Perangkat ini membantu guru dalam melakukan evaluasi sejauh mana efektifitas dan keberhasilan yang sudah dicapai selama kegiatan pembelajaran dilakukan.
Dari evaluasi inilah, guru bisa menentukan mana saja materi yang sulit untuk siswa dan mana materi yang mudah untuk siswa. Untuk materi yang sulit dipahami oleh siswa, guru bisa membuat modal pelajaran yang lebih baik dan mudah dipahami ke depannya.
3. Standar Peningkatan Kualitas Guru
Keberadaan perangkat ini bisa dijadikan sebagai tolak ukur peningkatan kualitas bagi seorang guru. Karena perangkat ini selain menuntut guru untuk memanfaatkan sumber daya dan materi yang ada. Juga menuntut menyeimbangkan perangkat sehingga proses pembelajaran bisa berjalan dengan efektif dan maksimal.
Bagaimana ketika guru tidak memiliki perangkat pembelajaran? Maka kegiatan pembelajaran di kelas tidak memiliki pedoman yang lengkap dan tidak terstuktur dengan baik. Hasilnya materi yang diberikan dan dikuasai oleh siswa menjadi minim.
4. Mempermudah dalam Mengendalikan Kegiatan Kelas
Terakhir, dengan adanya perangkat pembelajaran mempermudah guru dalam mengendalikan kelas. Karena dalam perangkat pembelajaran mulai dari guru masuk kelas sampai keluar kelas memiliki tuntunan-nya sendiri.
Disana juga ada pedoman apa saja yang harus guru lakukan atau tugas apa yang akan diberikan kepada murid. Perangkat ini tidak hanya berlaku untuk satu kelas saja, namun bisa diterapkan pada beberapa kelas di angkatan yang sama.
Sangat membantu bukan? Biasanya guru baru akan diberikan pengarahan tentang pembelajaran di kelas dari perangkat pembelajaran yang sudah dibuat oleh guru senior atau yang sudah lama berada di instansi sekolah tersebut.
Apa Saja Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka?
Setelah mengetahui apa manfaat dari perangkat pembelajaran tentunya ada bertanya-tanya apa saja sih perangkat pembelajaran itu? Apakah hanya satu perangkat saja?
Untuk perangkat pembelajaran kurikulum merdeka dan KTSP 2013 berbeda. Pada kurikulum merdeka guru dibebaskan untuk membuat perangkat ajar sehingga bisa lebih maksimal di kelas. Perangkat yang dibuat adalah:
1. Modul Ajar
Pada kurikulum KTSP 2013 terdapat perangkat ajar berupa RPP. RPP inilah merupakan pedoman rencana pembelajaran didalam kelas, namun RPP kini diganti menjadi modul ajar. Guru ketika akan memasuki kelas memiliki buku panduan tentang waktu, materi yang akan diberikan dalam bentuk modul ajar.
2. Buku Teks Pelajaran
Guru selalu memiliki buku teks utama sebagai pedoman. Pada kurikulum merdeka ini guru juga wajib memiliki buku teks pelajaran sebagai buku pedoman untuk bidang mata pelajaran yang diampunya. Buku teks ini terdiri atas buku teks utama dan pendamping.
3. Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Selanjutnya ada modul project penguatan profil pelajar pancasila yang berisi tujuan, langkah, assessment dan juga media pembelajaran untuk suatu proyek. Ada beberapa contoh project ini yang bisa dijadikan bahan pedoman untuk diterapkan pada satuan instansi pendidikan.
4. Video Pembelajaran
Terakhir, guru atau pendidik juga bisa menyiapkan video pembelajaran yang dibuat sendiri untuk mendukung proses pembelajaran agar lebih maksimal. Guru bisa berkolaborasi dengan pihak lainnya untuk menghasilkan video pembelajaran yang menarik bagi siswanya.
Penutup
Semua perangkat ini disesuaikan dengan Capaian pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang sudah ditetapkan setiap fase. Apa yang membedakan perangkat ajar kurikulum sebelumnya dengan kurikulum merdeka?
Dalam kurikulum merdeka meskipun pemerintah sudah menyediakan berbagai macam perangkat agar untuk mempermudah pendidik. Sehingga mudah dalam menemukan referensi namun pendidik dapat memilih sendiri perangkat ajar yang dibutuhkan sesuai dengan konteks, karakteristik dan kebutuhan setiap muridnya.