Don't Show Again Yes, I would!

Mengenal Post Test: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Contohnya

Teknik penilaian dalam sebuah pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah post test. Sebagai seorang guru maka memiliki tugas yang tidak hanya mengajar saja, tetapi juga melakukan penilaian pada peserta didik.

Biasanya guru akan melakukan pretest sebelum masuk pada penjelasan topik pelajaran atau melakukan post tes di akhir pembelajaran.

Antara pretest dan post test tentu saja memiliki kegunaan dan pengertian yang berbeda. Post test digunakan guru untuk mengukur hasil belajar peserta didik.

Hasil belajar ini sangatlah berguna untuk melihat perkembangan kemampuan dan pengetahuan peserta didik. Oleh karena itu, sebagai tenaga pendidik Bapak/Ibu guru harus mengetahui secara lengkap apa yang dimaksud post tes, dan bagaimana kegunaannya dalam sebuah pembelajaran.

Pengertian Post Test

Post test adalah adalah evaluasi yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik setelah proses pembelajaran selesai. Post test dilakukan setelah guru menjelaskan topik pelajaran, kemudian memberikan tes pada peserta didik.

Sedangkan menurut Arikunto (2009) post test merupakan alat ukur untuk mengukur hasil akhir belajar siswa dari subjek penelitian setelah siswa mendapatkan intervensi atau perlakuan.

Post test disebut juga dengan tes akhir karena dilakukan setelah proses pembelajaran selesai. Tes ini dilakukan untuk mengetahui apakah peserta didik telah menguasai topik pembelajaran sesuai dengan capaian kompetensi belajar. Sehingga jika hasil post test bagus maka dapat dikatakan bahwa peserta didik telah menguasai materi pelajaran dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru telah berhasil.

Post test dapat mengetahui hasil belajar peserta didik, untuk membuat sebuah tes ini maka perlu disesuaikan dengan materi pelajaran yang telah dipelajari oleh siswa. Tes yang diberikan kepada peserta didik juga harus dibuat dengan baik oleh guru, agar dapat menghasilkan tolak ukur yang akurat.

Post test merupakan bentuk evaluasi akhir yang dilakukan guru guna mengukur tingkat penguasaan kompetensi peserta didik terhadap materi dan strategi pembelajaran yang telah dijalankan.

Tujuan Post Test

Post test dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh hasil belajar peserta didik, yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi baik untuk guru maupun peserta didik.  Evaluasi tersebut kemudian dapat digunakan guru untuk menentukan remidial dan digunakan untuk memperbaiki strategi belajar yang diterapkan. Selain itu, post test juga dilakukan dengan tujuan berikut ini.

  • Untuk mengetahui tingkat keberhasilan guru dalam menyampaikan materi.
  • Untuk mengetahui apakah peserta didik telah menyerap dan memahami materi pelajaran dengan baik.
  • Untuk mengukur tingkat kemampuan dan pengetahuan peserta didik.
  • Untuk mengumpulkan data hasil belajar peserta didik.

Fungsi post test

Post test dalam sebuah pembelajaran memiliki fungsi yang penting, karena dengan adanya evaluasi akhir ini guru dapat mengukur tingkat pemahaman masing-masing peserta didik. Menurut Supriyadi (2020) fungsi dari post test adalah sebagai berikut.

  • Mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap kompetensi yang telah ditentukan, secara individu maupun secara kelompok. Dan untuk mengetahui tingkat penguasaan dapat dilakukan dengan cara membandingkan hasil pre test dan post test yaitu tes awal dan tes akhir siswa.
  • Mengetahui kompetensi dan tujuan yang sudah serta belum dikuasai oleh siswa, sehingga bisa diketahui siswa yang sudah menguasai kompetensi dan siswa yang belum menguasai materi pelajaran. Bagi peserta didik yang belum menguasai materi pelajaran, guru dapat menentukan kegiatan remidi yang tepat.
  • Mengetahui apakah perlu dilakukan remedial bagi siswa yang belum  menguasai pembelajaran dengan baik, dan untuk mengetahui siswa yang perlu mengikuti pengayaan hal ini juga berguna untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar yang dialami siswa.
  • Sebagai bahan acuan untuk melakukan perbaikan terhadap komponen pembelajaran seperti modul, dan perbaikan terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan, seperti perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi.

Contoh Post Test

Soal pilihan ganda

1.Tina berasal dari suku Jawa, sedangkan Beni berasal dari suku Sunda. Meskipun berbeda-beda mereka tetap berteman baik. Sikap Tina dan Beni telah mencerminkan pengamalan sila Pancasila ke …

a.Sila ke 3

b. Sila ke 4

c. sila ke 5

d. sila ke 2

2. Apakah yang dimaksud dengan Hak Asasi Manusia …

a, hak yang didapatkan di rumah

b. hak yang melekat sejak individu lahir

c. hak sebagai warga negara yang sama

d, hak mendapat pendidikan

3.Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastia hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum, merupakan hak warga negara yang tercantum dalam UUD 1945 Pasal …

a,27

b. 28 A

c. 26

d. 28 J

4. Setiap orang bebas dari perlakuan yang bersifat diskriminatif atas dasar apapun dan berhak mendapatkan perlindungan terhadap perlakuan yang bersifat diskriminatif, pernyataan tersebut tercantum dalam UUD 1945 Pasal … Ayat …

a, 28 I ayat 2

b. 28 I ayat 3

c. 28 I ayat 4

d. 28 I ayat 5

Soal Uraian

  1. Menurutmu apakah hak dan kewajiban warga negara dapat dipisahkan? Jelaskan alasanmu
  2. Bagaimanakah peran lembaga pemerintah dalam mencegah pelanggaran hak dan kewajiban warga negara? Jelasakan.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *