Don't Show Again Yes, I would!

Mengenal Teks Eksposisi Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri-ciri dan Jenisnya

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan teks eksposisi? jenis teks ini sering kita jumpai pada berbagai bacaan seperti artikel, jurnal atau buku.

Seperti jenis teks-teks lainnya, teks eksposisi mempunyai tujuan dan strukturnya sendiri. Sehingga dapat dibedakan jenis teksnya.

Jika kamu pernah membaca sebuah bacaan yang didalamnya menyajikan fakta-fakta beserta bukti nyata, maka mungkin saja bacaan yang kamu baca tersebut termasuk teks eksposisi.

Untuk mengenal lebih jauh tentang jenis teks eksposisi, perhatikan penjelasan berikut.

Apa Itu Teks Eksposisi?

Teks eksposisi adalah tulisan atau teks yang memuat sebuah informasi secara singkat dan jelas berupa fakta-fakta yang dihadirkan. Teks eksposisi umumnya menjelaskan mengenai suatu informasi atau pengetahuan secara singkat. Teks eksposisi termasuk dalam jenis non fiksi karena menyajikan informasi nyata yang memang ada atau terjadi. 

Sehingga jenis teks ini tidak dapat ditulis begitu saja, karena penulisan harus menyajikan fakta-fakta yang nyata. Jenis teks ini dapat memuat informasi tertentu dengan sebuah tujuan tertentu. Oleh karena itu kebanyakan teks eksposisi banyak kita temukan dalam bacaan berita, atau artikel dan jurnal.

Tujuan Teks Eksposisi

Teks eksposisi bertujuan untuk menjelaskan sebuah informasi, sehingga pembaca akan mendapatkan pengetahuan rinci sesuai dengan yang disampaikan pada teks. Diharapkan saat membaca teks eksposisi pembaca akan mendapatkan pengetahuan dan informasi tertentu.

Dalam teks eksposisi terdapat informasi yang didasarkan pada fakta-fakta yang ada, sehingga isinya mengandung bukti-bukti yang dapat mendukung informasi yang ingin disampaikan oleh penulis.  Jenis teks ini juga bertujuan untuk menarik pembaca agar mereka tertarik untuk terus membaca tulisan tersebut.

Diharapkan dengan membaca teks eksposisi pembaca akan memperoleh manfaat yaitu mendapat pengetahuan dan fakta terbaru terkait sebuah isu.

Struktur Teks Eksposisi

Untuk membedakan teks eksposisi dengan jenis teks lainnya, maka dapat dilihat dari struktur dan ciri-ciri nya. Berikut ini adalah struktur teks eksposisi.

1. Tesis

Struktur pertama dalam teks eksposisi adalah tesis yang berupa pernyataan. Bagian ini berisi sebuah pendapat dari penulis, dan pernyataan penulis dapat berupa gagasan, ide, atau opini yang ditulis sesuai dengan sebuah kejadian atau peristiwa.

Tesis menjadi bagian yang penting, karena menjadi paragraf untuk mengenalkan isu dan mengerahkan pembaca pada informasi yang lebih rinci.

Tesis merupakan pernyataan bagian pembuka, sebagai awalan isu yang akan dijelaskan lebih rinci pada bagian selanjutnya. Dengan tesis pembaca akan dapat mengetahui isu yang dibahas. Sehingga membuat tesis harus dapat menarik pembaca agar membaca teks eksposisi seterusnya.

2. Argumentasi

Bagian kedua dalam teks eksposisi adalah argumentasi, yang berguna sebagai penjelasan dan kalimat untuk mendukung isu utama yang disampaikan dalam tesis. Pada bagian ini, penulis menyampaikan bukti dan alasan untuk memperkuat argumen yang disampaikan.

Menulis sebuah teks eksposisi harus sesuai dengan temuan dan fakta yang ada atau terjadi dalam keadaan nyata. Sehingga tidak hanya menyampaikan argumen, tetapi juga harus disertai dengan alasan yang logis atau dapat ditambahkan dengan pernyataan-pernyataan para ahli.

Menulis argumentasi harus dapat menjelaskan hal-hal yang ada dalam isu utama dengan kalimat yang sesuai fakta, dan data yang valid.

Kalimat argumentasi diberikan dalam bentuk ide, gagasan, pikiran dan pandangan seseorang mengenai sebuah permasalahan yang menjadi masalah utama.

Membuat argumentasi harus sesuai dengan kenyataan, sehingga biasanya berisi data yang valid dan faktual, selain itu argumentasi juga disampaikan secara objektif untuk memperkuat pendapat yang ada. Kalimat argumen disampaikan secara logis, kritis dan bersifat analitis.

3. Penegasan ulang

Bagian terakhir teks eksposisi adalah penegasan ulang, yang menjadi penguat pada kalimat pendapat awal. Dalam penegasan ulang ini juga ditambahkan saran dan solusi bagi kritik atau argumen penulis.

Bagian penegasan ulang ini merupakan penutup teks eksposisi sehingga biasanya berupa kesimpulan dan saran serta solusi pada sebuah permasalahan.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

  1. Menjelaskan mengenai informasi atau pengetahuan tertentu
  2. Gaya informasi yang bersifat mengajak
  3. Menjelaskan isu atau suatu hal secara jelas dan singkat
  4. Gaya penulisan memiliki sifat yang informatif
  5. Bersifat singkat, padat, tepat dan akurat
  6. Penulisan menjawab pertanyaan tentang apa. Siapa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana
  7. Informasi ditulis menggunakan bahasa baku dan lugas
  8. Tidak bersifat memihak pada satu orang ataupun siapapun
  9. Fakta dan bukti yang diberikan dalam teks bersifat konkret dan dapat dijadikan alat kontribusi

Jenis Teks Eksposisi

Teks eksposisi definisi, berupa pengertian suatu benda atau hal yg dijelaskan secara rinci

Teks eksposisi perbandingan, teks yang berisi membandingkan sebuah peristiwa atau objek.

Teks eksposisi pertentangan, berisi pertentangan akan satu hal dengan hal lainya yang tidak berbeda.

Teks eksposisi berita, teks ini berisi tentang informasi suatu kejadian, atau peristiwa yang siperpicnagakan pada saat itu.

Teks eksposisi ilustrasi, teks ini berisi penjelasan sederhana mengenai suatu hal yang didalamnya diberi contoh-contoh fakta yang berkaitan.

Teks eksposisi laporan, teks ini berisi tentang informasi suatu hal atau kejadian yang dijelaskan secara rinci dengan urutan waktu dan kejadian yang runtut.

Teks eksposisi proses, teks ini berisi tentang pembuatan atau petunjuk melakukan atau penggunaan sesuatu.

Demikian adalah penjelasan lengkap tentang teks eksposisi.

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *