Don't Show Again Yes, I would!

Mengenal Teks Persuasi, Tujuan, Ciri-ciri, Jenis, dan Struktur

Teks persuasi dapat kita temukan di berbagai bacaan seperti poster, iklan atau pamflet. Untuk membuat sebuah paragraf persuasi harus sesuai dengan struktur dan ciri-cirinya.

Sedangkan persuasif sendiri berarti adalah ajakan, sehingga membuat teks persuasi adalah membuat teks dengan tujuan mengajak atau membujuk.

Apakah kalian pernah melihat sebuah pamflet iklan, dan kemudian tertarik membeli produk yang dipromosikan? Nah, kalimat yang ditulis dalam pamflet tersebut merupakan contoh dari penerapan teks persuasif.

Untuk lebih mengenal apa itu teks persuasi, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Teks Persuasi

Persuasif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya adalah membujuk secara halus, menjadi yakin. Sehingga teks persuasi adalah teks dengan tujuan memberikan ajakan atau membujuk seseorang melakukan sesuai dengan yang diharapkan dalam teks yang dibuat penulis.

Penjelsan tersebut juga dijelaskan oleh berbagai ahli, ahli bernama Fioza menyatakan bahwa teks persuasi adalah sebuah karangan yang dibuat dengan tujuan membuat orang lain percaya, yakin dan terbujuk dengan yang disampaikan oleh penulis.

Sedangkan menurut Keraf, teks persuasi adalah segi verbal yang bertujuan untuk meyakinkan seseorang untuk melakukan sesuatu keinginan sesuai dengan penulis teks. Dalam menulis teks persuasif dibutuhkan kemampuan dan menggunakan bahasa tertulis yang dapat mempengaruhi pembaca.

Sesuai dengan penjelasan tersebut maka, teks persuasi adalah sebuah rangkaian kalimat yang berisi ajakan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu sesuai dengan hal yang diinginkan penulis, seperti membeli produk, atau melakukan sebuah kegiatan. Teks persuasi dapat ditemukan dalam berbagai bacaan seperti iklan atau himbauan.

Tujuan Menulis Teks Persuasi

Tujuan utama dalam membuat sebuah teks persuasi adalah untuk mengajak pembaca melakukan dan bertindak sesuai dengan yang disampaikan.

Tujuan lain dalam membuat teks persuasif adalah untuk mempengaruhi khalayak dalam melakukan sesuatu. Selain itu, teks persuasi digunakan dalam memaparkan sebuah objek secara rinci dan detail.

Teks ini dibuat sesuai dengan kenyataan yang ada sehingga teks persuasi bertujuan juga memberikan informasi aktual pada khalayak umum tentang sebuah produk atau sebuah kegiatan seperti kesehatan,

Beberapa teks persuasi dibuat dengan tujuan untuk memaparkan sebuah proses terjadinya fenomena atau kejadian.

Ciri-ciri Teks Persuasi

Teks persuasi dibuat dengan sebuah tujuan tertentu, kita dapat membedakan jenis teks ini melalui ciri-cirinya. Untuk membedakan teks ini dengan jenis teks lain seperti deskripsi atau eksposisi maka kalian dapat melihat dari ciri-ciri yang ada.

Salah satu ciri utama dalam teks persuasi adalah adanya kalimat persuasif yang diberikan dalam paragrafnya. Kalimat persuasif adalah kata yang disusun dengan tujuan mengajak dan mempengaruhi orang yang membaca.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang dapat kamu ketahui dalam sebuah teks persuasi.

  • Berisi kalimat yang bersifat mengajak pembaca dengan tujuan tertentu.
  • Menggunakan kata-kata persuasif seperti, ayo, mari, sebaiknya, seperti, dan lain sebagainya.
  • Terdapat fakta dan data akurat yang disajikan untuk memperkuat ajakan yang diberikan.
  • Terdapat konjungsi argumentatif, yang berupa kata penghubung untuk menghubungkan sebuah kata atau ajakan dalam teks.

Jenis Teks Persuasi

Sesuai dengan penggunaannya teks persuasi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain adalah sebagai berikut.

Teks persuasi pendidikan

Yaitu yang isinya berkaitan dengan lembaga pendidikan atau instansi pendidikan, berisi tentang imbuhan, motivasi, atau anjuran.

Teks persuasi iklan

Yaitu jenis teks yang bersifat komersial, biasa kita temukan dalam iklan dan digunakan produsen untuk mempromosikan produknya. Tujuan dari teks ini adalah untuk mengenalkan atau mengajak orang membeli produk yang dipromosikan.

Teks persuasi politik

Yaitu teks yang berisi kegiatan politik biasanya ditayangkan melalui media elektronik atau media cetak. Isinya adalah ajakan yang dapat mempengaruhi pembaca dalam menentukan pemilihan calon politik.

Teks persuasi propaganda

Yaitu teks yang disampaikan untuk memberikan informasi pada pembaca supaya mereka percaya dengan apa yang tengah dibahas dalam teks. Bisanya dapat kita temukan dalam portal berita atau surat kabar.

 Struktur Teks Persuasi

Untuk membuat teks persuasi maka perlu diketahui tentang strukturnya terlebih dahulu. Teks persuasi dibuat sesuai dengan struktur agar dapat menyampaikan tujuan kepada pembaca dengan tepat.

Berikut ini adalah struktur dari teks persuasi.

Pengenalan Isu

Paragraf pertama dalam teks persuasi adalah penyampaian isu yang menjadi tema yang akan dibahas. Pengenalan isu ini menggambarkan maksud dan tujuan dari teks persuasi.

Rangkaian argumen

Struktur kedua dalam teks persuasi adalah rangkaian argumen yang diberikan, penulis akan memberikan rangkaian fakta baik tersurat dan tersirat untuk mempengaruhi pembaca dan mengatakan isu yang dibahas.

Pernyataan ajakan

Struktur ketiga dalam teks persuasi adalah pernyataan ajakan, pernyataan ini dibuat oleh penulis berupa kalimat menarik yang dapat mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu atau mempercayai apa yang disampaikan penulis.

Penegasan pernyataan kembali

Struktur terakhir dalam teks persuasif adalah penegasan terhadap pernyataan utama. Hal ini dilakukan agar pembaca semakin yakin dengan apa yang disampaikan. Penegasan kembali biasanya menggunakan kata demikian, oleh karena itu.

Demikian adalah pengertian, tujuan, ciri-ciri, jenis dan struktur dalam teks persuasif.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *