Don't Show Again Yes, I would!

Mengenal UTBK: Pengertian, Tujuan, Jenis Tes, dan Ketentuan

Bicara soal jalur masuk perguruan tinggi terdapat beberapa ujian yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa, seperti SNMPTN dan UTBK. Banyaknya jalur masuk tersebut kadang membuat siswa bingung. Kali ini kita akan mengenal lebih dekat tentang UTBK.

Apa pengertian UTBK dan bagaimana cara mengikutinya akan dibahas dalam ulasan kali ini.

Pengertian UTBK

UTBK adalah kepanjangan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer yang merupakan tes seleksi yang digunakan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

UTBK merupakan seleksi tulis yang dulu dikenal dengan istilah SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Tes tulis ini telah diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sejak 2019 lalu. Ujian tulis diselenggarakan [ada calon mahasiswa dan mahasiswi untuk memprediksi apakah mereka dapat menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik.

UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun tersebut dan dua tahun sebelumnya. Misal untuk mengikuti UTBK 2024 maka siswa yang dapat mendaftar adalah lulusan tahun 2024, 2023, dan 2022.

Peserta ujian berasal dari jenjang pendidikan mulai dari SMA, SMK, MA dan Paket C.

Tujuan UTBK

Seperti yang dijelaskan sebelumnya UTBK merupakan bagian dari tes seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Tujuan utama dari tes ini adalah untuk menaksir calon mahasiswa apakah dapat menyelesaikan  studi di perguruan tinggi negeri dengan tepat waktu dan baik. selain, itu tes ini juga memberikan kesempatan pada calon mahasiswa untuk dapat mengikuti tes secara fleksibel karena terdapat pilihan lokasi dan waktu tes.

Tujuan lebih jelas dari UTBK adalah sebagai berikut.

Memberikan Kesempatan Tes yang Fleksibel

Dengan bantuan sistem secara online, maka calon mahasiswa akan mendapatkan kemudahan dalam mengikuti ujian tertulis secara fleksibel.

Waktu ujian serta lokasi ujian dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan calon mahasiswa. Peserta dapat memilih lokasi ujian di wilayah yang dekat dengan rumahnya. Peserta juga mendapatkan kemudahan lain seperti transportasi yang lebih dekat, sehingga biaya yang dikeluarkan juga sesuai kemampuan calon mahasiswa.

Memprediksi Kemampuan Calon Mahasiswa

Ujian tertulis berbasis komputer dapat memprediksi calon mahasiswa yang memperhitungkan langkah-langkah dan rencana selama proses perkuliahan. Hal ini juga bertujuan supaya pihak PTN dapat mengukur kemampuan calon mahasiswa.

Menyeleksi Calon Mahasiswa sesuai Kemampuan

Tujuan UTBK lainnya adalah untuk menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan kemampuan akademik-nya. Tes tertulis juga berguna bagi PTN untuk melakukan pemetaan pada calon mahasiswa yang berpotensi memiliki kriteria yang diharapkan.

Jenis Tes UTBK

Terdapat 3 jenis materi yang diujikan pada UTBK yaitu saintek, soshum, dan campuran. Sedangkan tes yang dilakukan terdiri dari jenis ujian Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Tes saintek merupakan bagian dari sains dan teknologi yang biasanya diperuntukkan untuk jurusan IPA. Sedangkan soshum merupakan bagian dari materi sosial dan humaniora, yang biasanya diperuntukkan untuk siswa jurusan IPS.

Sedangkan untuk jenis campuran merupakan gabungan antara saintek dan soshum. Hal ini ditentukan dengan jurusan kuliah yang dipilih. Misal pilihan pertama adalah bidang saintek lalu pilihan kedua memilih bagian jurusan soshum maka akan melakukan tes campuran.

Contoh bidang saintek adalah:

Fisika

Kimia

Matematika IPA

Biologi

Bahasa Inggris

Bahasa Indonesia

Sedangkan untuk bidan soshum seperti

Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris

Geografi

Ekonomi

Sejarah

Matematika soshum

Sosiologi

Ketentuan UTBK

Mengikuti tes UTBK kamu harus pahami ketentuan umum yang berlaku. Berikut ini adalah ketentuan umum dari tes tulis online.

Hasil Ujian Berlaku Satu Seleksi Penerimaan

Hasil dari tes UTBK yang diikuti oleh calon mahasiswa hanya berlaku untuk satu periode penerimaan di PTN. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan diri dengan baik dan mengetahui batas waktu yang ditentukan agar tidak ketinggalan jadwal seleksi.

Mengikuti Satu Kali Ujian dalam Satu Periode

Ujian tertulis hanya dapat diikuti satu kali oleh setiap siswa sesuai dengan periode waktu. Misal kamu mengikuti ujian di tahun 2024, maka kamu hanya dapat mengikuti satu kali ujian di periode waktu tersebut. Sehingga, jika kamu tidak lulus pada tahun tersebut kami harus mengikuti ujian untuk tahun depan.

Hasil UTBK berlaku untuk mengikuti SBMPTN

Hasil dari tes UTBK digunakan untuk mengikuti SBMPTN dan penerimaan PTN pada periode tahun tersebut.

Kemudian SBMPTN dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh PTN yang bersangkutan.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *