Don't Show Again Yes, I would!

Model Pembelajaran Picture and Picture: Pengertian ,Tujuan, Karakteristik, dan Langkah-langkah

Beberapa materi pelajaran akan lebih mudah dipahami jika menggunakan gambar untuk menjelaskan. Ada banyak sekali cara dan strategi belajar yang dapat diterapkan guru dengan memanfaatkan gambar. Salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture.

Model pembelajaran picture and picture mendukung gaya belajar visual, dimana kegiatan pembelajaran akan membuat peserta didik untuk lebih mengamati dan mendemonstrasikan suatu topik pelajaran/

Namun, penggunaan model pembelajaran picture and picture tidak hanya sekedar memanfaatkan gambar saja, ada beberapa karakteristik dan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang model pembelajaran ini, ayo simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Model Pembelajaran Picture and Picture

Seperti namanya, jenis strategi pembelajaran picture and picture adalah model pembelajaran yang memanfaatkan gambar sebagai media pembelajaran. Model pembelajaran picture and picture guru menggunakan alat bantu berupa gambar untuk menerangkan sebuah materi pelajaran.

Jenis model pembelajaran ini termasuk model pembelajaran kooperatif, yang membuat peserta didik untuk aktif belajar. Media belajar berupa gambar menjadi faktor utama dalam sebuah proses pembelajaran. Diharapkan dengan menggunakan model pembelajaran ini peserta didik akan lebih fokus dengan pembelajaran yang dilakukan dalam kondisi yang menyenangkan.

Berdasarkan Kurniasih, Imas dan Berlin Sani (2015), model pembelajaran ini adalah model yang mengutamakan adanya kerja sama menggunakan media gambar yang diurutkan serta dipasangkan menjadi urutan yang logis.

Sedangkan menurut Huda (2013) model pembelajaran picture and picture adalah strategi pembelajaran yang memanfaatkan dan menggunakan gambar sebagai media pembelajaran, gambar tersebut yang akan digunakan sebagai media dipasangkan dan diurutkan secara logis.

Gambar-gambar yang digunakan dalam model pembelajaran ini merupakan gambar yang saling berhubungan satu sama lain, tetapi sengaja diacak sehingga peserta didik bertugas untuk menyusun sesuai urutan gambar secara logis.

Tujuan Pembelajaran

Penggunaan model pembelajaran picture and picture bertujuan agar peserta didik dapat aktif dan meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi pelajaran sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai kompetensi.

Selain itu, penerapan model pembelajaran ini bertujuan untuk memudahkan peserta didik untuk memahami dan mengingat dengan mudah materi pelajaran.

Hal tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik, serta mengembankan daya imajinasi serta tingkat kreativitas peserta didik.

Penggunaan model pembelajaran ini bertujuan agar guru dapat meningkatkan kemampuan mengkondisikan kelas serta memuat rencana belajar yang inovatif, kreatif dan menyenangkan.

Karakteristik Model Pembelajaran Picture and Picture

Penerapan model pembelajaran picture and picture mempunyai karakteristik khusus. Sehingga dalam doel pembelajaran ini dapat dilihat ciri-cirinya. Untuk menerapkan model pembelajaran ini maka guru harus mengetahui terlebih dahulu karakteristiknya terlebih dahulu.

Berikut ini adalah ciri-ciri model pembelajaran picture and picture.

Aktif

Model pembelajaran ini akan membantu peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Gambar yang disajikan akan dapat menarik perhatian siswa. Sehingga hal tersebut akan memancing keingintahuan peserta didik. Ras angin tahu tersebut akan membuat peserta didik lebih aktif dan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Inovatif

Dalam model pembelajaran picture and picture selain aktif, peserta didik juga kan dapat meningkatkan sikap inovatif. Gambar-gambar yang perlu dianalisis akan menumbuhkan daya pikir dan imajinasi peserta didik, sehingga memunculkan sikap inovatif. Selain pesera didik, guru juga mengembankan kemampuan secara inovatif karena harus menyusun media ajar yang memancing daya kreasi peserta didik menggunakan gambar yang logis.

Kreatif

Penerapan model pembelajaran picture and picture akan mengembangkan kreativitas peserta didik, karena merak akan dapat menciptakan imajinasi dengan menggambarkan susunan-susunan gambar yang disusun. Guru juga akan menambah tingkat kreatif nya karena harus merencanakan model pembelajaran menggunakan gambar yang beragam.

Menyenangkan

Model pembelajaran picture and picture dilakukan dengan menyenangkan, sehingga peserta didik akan belajar dalam kegiatan pembelajaran yang seru dan menyenangkan. Dengan kondisi yang menyenangkan ini peserta didik akan lebih memahami materi pelajaran dan meningkatkan motivasi untuk belajar.

Langkah Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture

Jika Bapak/Ibu guru akan menerapkan model pembelajaran picture and picture terdapat beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan. berikut ini adalah langkah-langkah tersebut.

Penyampaian kompetensi, pertama guru akan menjelaskan kompetensi dasar dari topik pelajaran yang sesuai dengan capaian kompetensi. Dalam tahap ini guru akan menyampaikan kompetensi dasar mata pelajaran. Sehingga peserta didik dapat mengukur sampai sejauh mana mereka dapat menguasai materi. Guru juga akan menyampaikan indikator untuk mencapai kompetensi pelajaran.

  • Penyampaian materi, dalam tahap ini guru akan memberikan motivasi pada peserta didik agar dapat mengikuti proses pembelajaran dengan kesiapan mental. Tahap ini guru akan menyampaikan materi atau kegiatan pelajaran secara demonstrasi.
  • Penyajian gambar, tahap ini guru akan menyajikan gambar-gambar yang ditunjukkan pada peserta didik, selian gambar guru juga menambahkan media seperti menggunakan demonstrasi dan video untuk lebih memperjelas maksudnya.
  • Memasang gambar, dalam tahap ini guru akan memanggil peserta didik secara bergantian atau secara kelompok untuk memasangkan gambar. Guru harus dapat mendorong peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran lewat gambar-gambar yang diperlihatkan.
  • Mengeksplorasi, dalam tahap ini guru akan menanyakan alasan peserta didik tentang gambar yang sudah disusun. Kemudian guru mendorong peserta didik untuk menghubungkan gambar dengan materi pelajaran.
  • Penyajian kompetensi, setelah itu guru akan membahas lebih jauh tentang materi sesuai gambar tersebut dan sesuai dengan standar kompetensi.
  • Kesimpulan, kegiatan terakhir dalam dalam tahap ini guru akan memanggil peserta didik secara bergantian atau secara kelompok untuk memasangkan gambar. Model pembelajaran picture and picture adalah kegiatan memperdalam pemahaman materi dan pemberian kesimpulan serta saran oleh guru terkait kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.

Demikian adalah ulasan lengkap tentang model pembelajaran picture and picture yang perlu diketahui oleh Bapak/Ibu guru.

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *