Don't Show Again Yes, I would!

Pembahasan Uji Kemampuan Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 79, Sistem Ekskresi Manusia

Table of contents: [Hide] [Show]

Pada uji kemampuan kali ini kita akan membahas kunci jawaban IPS kelas 8 halaman 79 tentang sistem ekskresi manusia.

Sistem ekskresi atau sistem pembuangan manusia adalah proses yang penting untuk tetap menjaga tubuh manusia stabil. Terdapat organ-organ ekskresi yang penting dan memiliki fungsinya masing-masing.

Dalam pembahasan kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 79 akan dipelajari bagaimana cara urin meninggalkan tubuh manusia.

Pembahasan kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 79 ini berdasarkan buku paket Kurikulum Merdeka dari Kemdikbud.

Tujuan dari pembahasan ini lah agar adik-adik dapat menggunakanya sebagai bahan evaluasi dan belajar.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 79

Perlu diingat bahwa pembahasan kunci jawaban IPA Kelas 8 halaman 79 ini berupa alternatif jawaban, yang masih dapat dikembangkan lagi oleh adik-adik. Semua kebenaran jawaban dan penilaian tergantung guru masing-masing.

Mari Uji Kemampuan Kalian

Mengingat

1 Bagaimana cara urin meninggalkan tubuh kita?

Pembahasan:

Sebelum meninggalkan tubuh urine perlu dibuat terlebih dahulu proses pembentukan urine terdapat 3 tahap yaitu filtrasi. Reabsorbsi, dan augmentasi.

Filtrasi yaitu penyaringan darah yang mengandung sisa metabolisme disaring oleh ginjal. Hasil penyaringan ini berupa urine primer. Kemudian urine masuk ke tahap reabsorpsi yakni penyaringan ulang. Sebagian besar diserap kembali dan lainnya menjadi urine sekunder. Setelah itu urine masuk aha terakhir augmentasi yang terjadi di tubulus kontortus distal dan tubukus kolektvus sebagai tempat penyimapanan urine sementara.

Lalu urine masuk ke dalam pelvis renalis dari saluran pengumpul tadi, urin kemudian mengalir ke ureter dilanjutkan ke kantung kemih. Saat kantung kemih telah penuh, maka urine harus keluar melalui saluran uretra.

2. Dimanakah urine disimpan?

Pembahasan:

Sebelum dikeluarkan urin akan tersimpan di kandung kemih atau vesika urinaria. Kandung kemih berfungsi untuk menampung urine yang telah diproduksi oleh ginjal sebagai penampungan semnetra sbeleum dikeluarkan dair tubuh.

Menjelaskan

3. Bagaimana ginjal mampu menjaga homeostatis?

Pembahasan:

Homeostasis adalah istilah yang digunakan dengan arti menjaga tubuh tetap dalam keadaan seimbang pada ginjal yang meliputi keseimbangan asam basa, mempertahankan volume plasma tekanan darah, Na+, H2O, osmolaritas.

Ginjal dapat menjaga keseimbangan tubuh karena ginjal berfungsi menyaring hasil metabolisme sisa tubuh manusia yang berada di dalam darah. Kemudian sisa metabolisme tersebut akan dibuang melalui sistem ekskresi. Sehingga asupan cairan yang masuk dalam tubuh akan tetap terajaga keseimbangannya.  Dalam ginjal juga akan  penyerapan kembali sisa metabolisme berupa urin primer sehingga tubuh tidak kehilangan cairan.

Jadi dalam sistem ekskresi ginjal dapat menyesuaikan banyaknya air yang diserap kembali oleh tubuh dan mengatur banyaknya kadar air dalam tubuh agar tubuh tetap terjaga kesimbangannya

Memprediksi

4. Mengapa kadar gula di dalam darah kita menunjukkan sesuatu yang tidak beres dalam tubuh kita?

Pembahasan:

Karena kadar darah dalam tubuh manusia dapat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti, hormon insulin, emosi, asupan makan, usia, aktivitas fisik dan lain sebagianya.

Sehingga kadar gula juga dapat mempengaruhi faktor internal tubuh seperti hormon insulin, glukosa dan sistem reseptor otot dan hati.

Gula adalah sumber energi utama tubuh sehingga jika kekurangan atau kelebihan kadar gula maka tubuh tidak akan berjalan normal.

Misal jika kadar gula terlalu tinggi dapat menyebabkan diabetes, lalu saat kadar gula dalam tubuh kurang maka kita akan merasa mengantuk dan kekurangan energi.

Menghitung

5, Pada hari sabtu yang cerah, Kiki sedang bersantai di rumah. Dia meminum 2.000 mililiter air, dan memproduksi 1.500 mililiter urin.

Keesokan harinya dia berolahraga di taman. Kiki meminum 2.200 mililiter air dan menghasilkan 1.100 mililiter urin. Coba hitung persentase air yang berubah menjadi urin setiap harinya. Jelaskan apa yang menyebabkan perbedaan persentase dari urin yang dihasilkan di kedua hari tersebut!

Pembahasan:

Pada hari Sabtu:

1500 2000 = 0/75 = 75 persen.

Pada hari Minggu:

1100 2000 = 0.5 = 50 persen.

Penjelasan: Pada hari Sabtu kiki tidak melakukan banyak aktivitas,sehingga hanya sedikit air kembali ke daerahnya, kemudian kelebihan air tersebut dibuang dalam bentuk urin.

Sedangkan pada hari Minggu kiki sangat aktif melakukan aktivitas. Sehingga banyak air yang diserap kembali oleh arah agar tubuh tidak kekurangan cairan akibat banyak aktivitas. Hal tersebut menyebabkan sedikitnya air yang dibuang oleh ginjal yang berupa urin hanya sedikit.

6.Berapa total air yang hilang saat cuaca panas dan saat berolahraga berat?

Pada saat cuaca panas 3400 mL

Pada saat berolahraga 6700 mL

Kesimpulan

Manusia memiliki sistem pembuangan sisa metabolisme yang disebut dengan sistem ekskresi. Salah satu organ yang berperan dalam sistem ekskresi adalah ginjal, dimana hasil ekskresinya berupa urin.

Sistem ekskresi adalah sistem pembuangan sisa metabolisme tubuh yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh sehingga perlu dikeluarkan melalui organ-organ dalam manusia.

Urin keluar dari tubuh kita melalui ginjal kemudian salurkan ke saluran ureter, sebelum dikeluarkan urin ditampung terlebih dahulu di kandung kemih.

Ginjal sebagai organ ekskresi memiliki peran penting salah satunya adalah menjaga keadaan tubuh agar tetap seimbang, hal tersebut karena ginjal menyerap kembali sisa metabolisme tubuh di darah, lalu setelah penyerapan selesai akan dikeluarkan melalui urin. Sehingga saat kita banyak berkativitas tubuh akan tetap seimbang dengan adanya proses penyerapan dari ginjal.

Kadar gula dalam tubuh manusia menunjukkan kondisi tubuh sedang tidak baik, jika teralalu tinggi kadar gula maka dapat menjadi penyakit seperti diabetes. Jika kekurangan kadar gula maka tubuh akan terasa lemah dan tidak bertenaga karena sumber energi utama tubuh adalah gula.

Sekian pembahasan kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 79 Kurikulum Merdeka, Selamat Belajar.

 

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *