Don't Show Again Yes, I would!

Penerapan AI dalam Pendidikan, Memudahkan Guru dan Peserta Didik di Era Digitalisasi

Bagaimana penerapan AI dalam pendidikan? Ayo simak ulasan lengkapnya dalam ulasan kali ini.

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin hari semakin berkembang memiliki dampak positif dan negatif dalam segala bidang. salah satu perkembangan teknologi di era digitalisasi sekarang ini adalah penggunaan Artificial Intelligence (AI).

Penerapan AI dalam dunia pendidikan, memiliki beberapa manfaat yang dapat digunakan oleh guru untuk mempermudah proses pembelajaran.

Berbagai penerapan AI kini telah banyak dimanfaatkan oleh manusia dalam mempermudah pekerjaan. Begitu pula dalam dunia pendidikan, jika digunakan dengan baik dapat memberikan manfaat.

Penerapan AI dalam Pendidikan

Transformasi digital telah mempengaruhi berbagai bidang kehidupan manusia, salah satunya adalah bidang pendidikan. AI atau kecerdasan buatan merupakan kemampuan mesin atau komputer untuk meniru kecerdasan manusia, dalam berbagai pekerjaan atau tugas. Penerapan AI dalam pendidikan ini dapat dimanfaatkan oleh guru, siswa maupun tenaga pendidik dalam satuan pendidikan dalam melakukan tugas sehari-hari.

Peran AI untuk membantu tugas manusia adalah dapat melakukan tugas-tugas yang sebelumnya dapat dilakukan manusia, seperti analisis data kompleks, pengambilan keputusan, mengenali pola, belajar dari pengalaman dan lain sebagainya.

AI pertama kali diperkenalkan oleh John McCarthy pada tahun 1956, menurut John AI atau kecerdasan buatan adalah proses memodelkan cara berpikir manusia dalam mendesain suatu mesin agar dapat melakukan pekerjaan layaknya manusia atau istilahnya disebut dengan cognitive tasks.

Kecerdasan buatan dimanfaatkan manusia untuk melakukan berbagai tugas, berikut ini adalah beberapa contoh penerapan AI dalam pendidikan.

Task Automation

AI bertujuan untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia untuk mencapai tujuan sehari-hari. Task automation merupakan salah satu penerapan AI dalam pendidikan yang dapat membantu guru dalam memberikan tugas kepada peserta didik.

AI dapat dipergunakan untuk memeriksa pekerjaan rumah, mengatur makalah penelitian, mengelola laporan, memeriksa pekerjaan rumah. Sedangkan pada peserta didik AI dapat digunakan dalam pembuatan presentasi dan catatan.

Membuat Konten Cerdas

Penerapan AI dalam pendidikan dalam ,membantu guru untuk membuat konten inovatif yang dapat diterapkan sebagai media pembelajaran.

Menggunakan kecerdasan buatan guru dapat membuat konten pembelajaran dengan mudah dan menarik. Beberapa fitur yang dapat digunakan antara lain adalah,

Visualisasi informasi

Peserta didik akan lebih mudah memahami sebuah topik pembelajaran dengan menerapkan visualisasi. Pembuatan konten kreatif menggunakan AI dalam menerapkan teknologi visualisasi 2D/3D. Guru dapat menggunakan lingkungan belajar berbasis web yang divisualisasikan.

Pembelajaran Digital

Ai dapat digunakan guru untuk membantu menghasilkan pembelajaran berukuran bit dalam format digital.

AI dapat digunakan untuk membuat sebuah website pembelajaran, dimana siswa dapat mengakses dengan bebas. Website ini dapat diisi dengan materi pelajaran yang dapat diakses oleh siswa.

Platform-platform belajar digital sekarang ini memang sudah semakin banyak digunakan, sehingga tidak ada salahnya guru mencoba menggunakan kecerdasan buatan untuk membuat pembelajaran digitalisasi.

Pembimbing Virtual

Penerapan AI dalam pendidikan  dalam digunakan sebagai mentor visual. Dimana teknologi ini dapat digunakan sebagai asisten belajar yang interaktif dan adaptif.

Pembimbing visual AI dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan dan meningkatkan prestasi belajar.

AI dapat memanfaatkan algoritma pembelajaran mesin serta analisis data untuk mengenali kebutuhan siswa dalam belajar. Kemudian AI akan membiarkan materi yang sesuai dengan tingkat pemahaman  serta gaya belajar masing-masing peserta didik.

Pembimbing visual dalam memberikan umpan balik pada peserta didik secara real time, kemudian memberikan respon dengan memberikan latihan harian untuk membantu siswa memahami sebuah materi pelajaran.

Automatic Assessment

Assessment adalah kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran, menggunakan AI guru dapat melakukan koreksi sal secara otomatis.

Assessment juga dapat dilakukan secara online dan dapat memudahkan siswa dan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

Penerapan AI dalam pendidikan, dapat digunakan untuk menyiapkan kuis atau ulangan dengan mudah dan praktis.

Kemudian tanpa harus membuat serta mengkoreksi soal secara manual. Guru dapat memanfaatkan sistem otomatis dalam teknologi kecerdasan buatan.

AI dapat bekerja sesuai dengan instruksi yang dapat diprogramkan, sehingga dapat dijalankan secara otomatis.

Penggunaan teknologi AI akan memudahkan guru dalam proses koreksi atau pembuatan soal. Kemudian hasil dari skor yang didapat peserta didik dapat langsung keluar atau dapat langsung dikirimkan kepada guru.

Analisis Data Pendidikan

Penerapan AI dalam pendidikan, juga dan memudahkan kegiatan administrasi dalam satuan pendidikan.

Manfaat AI adalah dapat mengatasi data dalam berbagai sumber jika dalam dunia pendidikan seperti ujian, kehadiran, atau interaksi di kelas.

Sehingga penggunaan kecerdasan perbuatan ini dapat digunakan untuk membantu kegiatan administrasi sekolah.

Selain itu, dapat dilakukan sistem otomatis sehingga dapat menghemat waktu. Dan tenaga pendidik dapat fokus dalam kegiatan pembelajaran.

Global Course

Penggunaan teknologi AI ini dapat dimanfaatkan oleh peserta didik, yaitu siswa dapat mengikuti kurus secara daring dari seluruh dunia.

Global course ini merupakan platform kursus yang memungkinkan siswa untuk mengikuti latihan dan kurus dari seluruh dunia.

Akan ada banyak kursus gratis yang dapat dicoba dengan berbagai konten dan keterampilan yang ditawarkan.

Itulah penerapan AI dalam pendidikan yang dapat membantu guru dan peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran di era digitalisasi sekarang ini.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *