Don't Show Again Yes, I would!

Pengertian dan Unsur Sejarah Sebagai Sebuah Kajian Ilmu Pengetahuan

Perkembangan dan peradaban manusia yang terus berkembang dan melakukan evolusi menciptakan sejarah, yang tidak dapat dilepaskan dengan kehidupan manusia. Setiap bidang kehidupan manusia dapat memunculkan sejarah, contoh kecilnya saja adalah silsilah keluarga yang merupakan bagian dari sejarah manusia. Untuk mempelajari sejarah maka kita harus memahami juga jenis-jenis unsur sejarah.

Belajar ilmu sejarah tentu saja ada manfaatnya. Karena kita dapat mengungkap peristiwa penting yang terjadi pada masa lalu dan dapat dijadikan sebagai pelajaran untuk masa depan, serta berpengaruh untuk masa kedepan lagi. Sedangkan macam unsur sejarah terdapat beberapa hal yang akan dipelajari dalam ulasan berikut ini.

Pengertian Sejarah

Sebelum masuk dalam materi macam-macam unsur sejarah maka perlu dipahami terlebih dahulu, apa sih yang dimaksud dengan sejarah ini?.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sejarah diartikan sebagai asal-usul silsilah, kejadian, dan peristiwa yang benar terjadi pada masa lampau atau uraian tentang peristiwa serta kejadian yang memang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Sedangkan secara etimologi sejarah dipercaya berasal dari Bahasa Arab, syajaratun yang memiliki arti pohon kayu. Sehingga dijelaskan oleh Yamin (1958) pohon dalam pengertian tersebut melambangkan pertumbuhan dan perkembangan yang saling berkaitan dan berkesinambungan. Pohon yang terus mengalami pertumbuhan kemudian dimaknai sebagai sebuah riwayat, asal-usul. Silsilah, dan hikayat. Dimana hal tersebut merupakan kata yang berhubungan erat dengan ilmu sejarah.

Sedangkan menurut beberapa ahli sejarah memiliki makna dan pengertian bermacam-macam. Berikut ini penjelasan sejarah menurut beberapa ahli.

  • Moh. Yamin menjelaskan bahwa sejarah merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang disusun berdasarkan hasil penyelidikan, dari beberapa hal dan peristiwa yang dapat dibuktikan sesuai dengan kenyataan atau fakta.
  • Menurut J Spielvogel (2005) sejarah adalah catatan mengenai masa lalu. Dapat diartikan bahwa sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa, orang, dan lain-lain yang terjadi di masa lalu.
  • Menurut Herodotus, sejarah tidak berkembang ke arah depan serta memiliki tujuan jelas, namun sejarah bergerak seperti garis lingkaran tinggi dan rendah yang disebabkan oleh kesalahan manusia tersendiri.
  • Menurut J.V. Bryce, sejarah adalah catatan yang telah dipikirkan, dikatakan atau diperbuat manusia.
  • Menurut Ibnu Khaldun sejarah adalah sebuah catatan umat manusia serta persiapan dahulu, serta perubahan yang terjadi pada manusia dulu dan sekarang.
  • Menurut H. Wals sejarah merupakan catatan yang penting, maka hal itu manusia harus dapat mencatat tindakan dna pengalamanya. Nah catatan-catatan tersebut semuanya berisi hal-hal penting.
  • Menurut W.J.S Poerwadarminta sejarah merupakan seluruh kesusteraan lama , asal-usul serta silsilah, yang berkaitan dengan kejadian dimasa lalu yang benar-benar terjadi, kemudian menjadi sebuah kajian ilmu pengetahuan untuk dipelajari.

Unsur-unsur Sejarah

Sebagai sebuah kajian ilmu pengetahuan sejarah memiliki unsur-unsur pembentuk yang perlu dipelajari. Apa saja unsur sejarah itu? Ini dia jenis unsur sejarah dan penjelasannya.

Manusia

Sebagai unsur sejarah yang pertama adalah manusia karena unsur ini mempunyai peran yang sangat penting dalam terbentuknya sebuah sejarah. Berdasarkan penjelasan Emst Berheim manusia adalah objek dari sejarah. Sehingga adanya manusia merupakan unsur sejarah yang penting karena menentukan peristiwa sejarah itu sendiri.

Kemudian untuk dikenal menjadi sebuah sejarah maka memerlukan manusia sebagai pelaku yang menceritakan atau menuliskan sebuah peristiwa masa lalu. Segala sesuatu yang dilakukan manusia kemudian akan menjadi penentu terbentuknya sebuah sejarah yang terdapat dalam sebuah ruang dan waktu tertentu.

Sebagai unsur sejarah yang penting manusia juga berperan dalam mempengaruhi lingkungan sehingga menentukan cepat dan lamanya sebuah sejarah berlangsung.

Waktu

Waktu menjadi unsur sejarah yang tidak kalah penting dikarenakan sebuah sejarah adalah ulasan mengenai peristiwa atau kegiatan manusia selama kurun waktu tertentu. Nah, kurun waktu atau berapa lama berlangsungnya ini lah yang kemudian menjadi batasan bagi sejarah. Kapan mulai atau berakhirnya suatu sejarah ditentukan dengan ukuran waktu yang sistematis dan jelas.

Menjadi unsur sejarah waktu tidak kalah penting dengan unsur lainnya, karena sebuah peristiwa disajikan dalam sejarah pasti berdasarkan urutan waktu tertentu. hal tersebut juga karena sifat sejarah yang kronologis serta periodis, dimana waktu menjadi hal yang harus jelas dan urut.

Ruang

Ruang menjadi unsur sejarah karena berhubungan dengan peristiwa dimana hal itu berhubungan erat dengan penentu jalan sebuah sejarah. Ruang dalam sejarah adalah tempat atau letak geografis sebuah peristiwa atau kejadian yang dialami manusia.

Ruang juga tidak dapat dipisahkan dengan waktu, karena ketika manusia melakukan sesuatu dalam waktu tertentu pasti berada pada suatu tempat yang disebut dengan ruang. Unsur sejarah ruang juga bermanfaat bagi ilmu sejarah karena mempermudah pembaca atau yang belajar sejarah memahami secara detail dan kronologis peristiwa sejarah yang terjadi.

Kausalitas

Kausalitas adalah hubungan sebab akibat, dimana dalam peristiwa sejarah merupakan  unsur penting. Karena pada suatu kejadian atau peristiwa tentu ada sebab dan akibatnya. Sehingga ada kausalitas dalam sebuah sejarah sehingga menyebabkan peristiwa berikutnya terjadi.

Belajar sejarah kadang muncul dari sebuah pertanyaan mengapa, dimana, kapan, atau bagaimana yang kemudian jika dipakai lebih lanjut sejarah akan menyebabkan kausalitas ini terlihat.

Menjadi unsur sejarah kausalitas membuktikan bahwa sejarah memiliki prinsip bahwa setiap kejadian akan ada dampak dan penyebabnya. Hubungan sebab akibat tersebut sangatlah penting dalam mempelajari sebuah sejarah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti mengapa sebuah peristiwa sejarah dapat terjadi.

Kesimpulan

Nah, itu dia pengertian dan unsur sejarah yang dalam kajian ilmu sejarah yang perlu diketahui. Dapat disimpulkan bahwa sejarah adalah peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lampau yang akan berpengaruh pada masa sekarang dan masa yang akan datang. Sehingga sangat penting bagi manusia untuk mempelajarinya. Sedangkan unsur sejarah yang utama adalah adanya manusia, waktu, ruang dan teori kausalitas di dalamnya, untuk menjadi sebuah sejarah.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *