Don't Show Again Yes, I would!

Pengertian Teks Eksplanasi: Ciri-ciri, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan

Terdapat banyak jenis teks dalam pelajaran Bahasa Indonesia, salah satunya adalah teks eksplanasi. Bicara tentang jenis teks ini apakah sobat duniamu.id pernah membaca sebuah teks yang berisi tentang kejadian sebuah fenomena atau proses terjadinya sebuah peristiwa alam?. Jenis teks tersebut merupakan salah satu penerapan teks eksplanasi.

Berbagai bacaan tersebut dapat ditemukan pada karya tulis seperti jurnal atau artikel. Dimana penulisannya menggunakan kaidah teks eksplanasi. Lalu apa sih yang dimaksud dengan teks eksplanasi dan bagaimana ciri-ciri, struktur serta contohnya?.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang teks eksplanasi, ayo simak ulasan berikut ini.

Pengertian Teks Eksplanasi

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) eksplanasi diartikan sebagai penjelasan atau paparan. Sehingga teks eksplanasi adalah teks yang isinya tentang penjelasan mengenai sebuah peristiwa atau fenomena, yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana. Peristiwa yang dimaksud dapat berupa kejadian sosial, alam, ilmu pengetahuan, budaya, dan lain sebagianya.

Menurut Kosasih E. & Restuti (2013) menjelaskan bahwa teks eksplanasi adalah teks yang didalamnya menerangkan atau menjelaskan tentang proses atau peristiwa alam maupun sosial. pola penyajian teks ini menerangkan atau menjelaskan sebuah proses terjadi nya peristiwa atau fenomena.

Sedangkan menurut Mahsun (2014) teks eksplanasi merupakan teks yang disusun dari bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum, deretan penjelasan dan interpretasi.

Dalam teks eksplanasi peristiwa akan diidentifikasi dan digambarkan dengan pola dan struktur waktu yang terperinci. Sehingga dapat memberikan informasi yang jelas untuk pembaca.

Tujuan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi mempunyai tujuan untuk menjelaskan dan menjabarkan terjadinya sebuah peristiwa atau fenomena tertentu.

Jenis teks ini memiliki tujuan utama untuk memberikan informasi, pengetahuan dan pengertian pada pembaca.

Selain itu sebuah teks eksplanasi juga digunakan untuk menjawab pertanyaan tentang apa , mengapa dan bagaimana dengan menggunakan bahasa yang lugas dan baku untuk mudah dipahami oleh pembaca.

Teks ini juga berperan dalam memberikan laporan tentang tahapan, langkah dan proses terjadinya sesuatu secara jelas.

Oleh karena itu, bacaan eksplanasi sering ditemukan dalam sebuah artikel, buku teks seperti buku pelajaran, koran, dan majalah.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Bagaimana cara membedakan teks eksplanasi dengan jenis teks lainnya? Caranya mudah yang perlu dilakukan adalah mengenal ciri-cirinya.

Jika kalian menemukan sebuah bacaan yang memiliki ciri-ciri seperti berikut ini, maka kemungkinan teks tersebut adalah jenis eksplanasi.

Ciri-ciri teks eksplanasi antara lain adalah sebagai berikut.

  • Faktual, artinya teks eksplanasi dibuat dengan memuat informasi yang nyata dan benar adanya dan memang terjadi.
  • Strukturnya jelas, ciri teks eksplanasi adalah mempunyai struktur yang jelas diawali dengan pembuka hingga penutup.
  • Bersifat informatif, salah satu tujuan teks ini adalah memberikan informasi dan pengetahuan kepada pembaca, sehingga disajikan secara informatif, tanpa ada tujuan untuk mempengaruhi pembaca atau bersifat persuasif.
  • Peristiwa umum, yang dibahas dalam teks eksplanasi adalah peristiwa dan kejadian yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti fenomena alam, bencana, atau proses terjadinya hujan dan lain sebagainya.
  • Keilmuan, teks eksplanasi banyak digunakan untuk menulis sebuah buku pelajaran, sehingga salah satu cirinya adalah berisi tentang keilmuan tertentu seperti biologi, geografi atau ilmu sosiologi.

Struktur Teks Eksplanasi

Bagaimana cara membuat teks eksplanasi? Jenis karya tulis ini dapat kalian buat dengan memperhatikan strukturnya.

Teks eksplanasi dibuat dengan tahapan struktur secara urut. Mulai dari bagian pembukaan, inti dan penutup.

Berikut ini adalah struktur teks eksplanasi.

Identifikasi

Struktur teks eksplanasi pertama adalah identifikasi peristiwa, bagian ini menjelaskan gambaran umum tentang fenomena dan peristiwa yang dijelaskan dalam bagian selanjutnya. Hal yang dijelaskan adalah bagaimana perawat terjadi.

Rangkaian kejadian

Setelah pada identifikasi yang selanjutnya adalah rangkaian kejadian yang dijelaskan secara jelas. Bagian ini menjelaskan penyebab terjadinya peristiwa atau fenomena dan akibat yang ditimbulkan. Pada bagian ini juga dapat diberikan deskripsi pada beberapa paragraf mengenai sebab dan akibat sebuah fenomena. Rangkain kejadian merupakan bagian deretan penjelas untuk mendukung peristiwa utama dalam bagian identifikasi.

Interpretasi

Bagian ini adalah bagian akhir yang berisi ulasan atau kesimpulan oleh penulis. tanggapan dapat dilakukan untuk pernyataan terkait peristiwa yang diceritakan dalam bagian-bagian sebelumnya.

Kaidah Kebahasan

Untuk membuat teks eksplanasi terdapat kaidah kebahasaan yang digunakan. Berikut ini adalah kaidah kebahasaannya.

Menggunakan kalimat pasif, biasanya berawalan di- atau ter-.

Menggunakan kata atau kalimat konjungsi yang menyatakan hubungan sebab akibat atau kausalitas dan menggunakan konjungsi yang menunjukkan urutan waktu atau temporal.

Menggunakan istilah ilmiah terkait dengan bahasan yang ada pada bidang ilmu tertentu sesuai dengan peristiwa yang dijelaskan.

Menggunakan kata kerja yang memperlihatkan panca indra atau material dan kata kerja relasional.

Bersifat informatif, yang memberikan pengetahuan dan informasi tidak bertujuan membujuk orang untuk melakukan sesuatu.

Kesimpulan

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang sebuah fenomena dan peristiwa tertentu. Tujuan utama jenis teks ini adalah untuk memberikan informasi serta pengetahuan bagi pembaca. Teks eksplanasi memiliki ciri-ciri bersifat faktual, informatif, terkait keilmuan tertentu, dan memiliki struktur yang jelas. Struktur teks eksplanasi adalah identifikasi, rangkaian kejadian dan interpretasi. Kaidah kebahasaan yang digunakan menggunakan kalimat pasif, konjungsi, istilah ilmiah, kata kerja material dan informatif.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *