Don't Show Again Yes, I would!

Penjelasan Komponen CP ATP Terlengkap

Penjelasan Komponen CP ATP Terlengkap – Pandemic covid 19 membawa dampak besar dari berbagai sektor salah satunya di sektor pendidikan. Contoh dampak dalam pembelajaran tersebut sebut saja learning loss atau berkurangnya pengetahuan dan keterampilan siswa akibat perubahan pelaksanaan pembelajaran.

Learning loss menyebabkan banyak siswa yang tidak mencapai target pembelajaran seperti yang diharapkan. Oleh karenanya Kemenristek Dikbud memberikan solusi atau upaya untuk menangani hal ini yaitu dengan opsi kurikulum prototype yang selanjutnya berganti nama menjadi kurikulum merdeka.

Dalam kurikulum baru ada beberapa poin yang dimuat seperti asesmen kompetensi minimum, kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) yang dilebur menjadi capaian pembelajaran (CP), juga tujuan pembelajaran menjadi alur tujuan pembelajaran (ATP).

Nah apa penjelasan komponen CP ATP dan bagaimana cara membuatnya? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Penjelasan Komponen ATP

Penjelasan Komponen CP ATP

Sebelum membahas tentang penjelasan komponen CP ATP, marilah kita kenali terlebih  dahulu apa itu komponen ATP.

Alur Tujuan Pembelajaran atau yang lebih dikenal ATP merupakan rangkaian tujuan pembelajaran yang disuruh secara berurutan dan logis sejak awal pembelajaran hingga akhir suatu fase. Alur ini linier seperti urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.

Alur ini sudah ditetapkan di setiap fasenya, tujuannya sendiri untuk mendukung terciptanya profil pelajar pancasila. Apa itu profil pelajar pancasila? Merupakan harapan pelajar indonesia menjadi pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi dan karakter seperti nilai-nilai pancasila.

Berikut ini penjelasan komponen CP ATP khususnya untuk ATP, adalah:

1. Identitas

Penjelasan Komponen CP ATP yang pertama adalah identitas. Dalam ATP memiliki identitas yang harus diisi dengan jelas. Identitas ini terdiri dari:

  • Nama satuan pendidikan : dimana anda mengampu atau mengajar.
  • Mata pelajaran : sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan.
  • Kompetensi keahlian : ATP untuk SMK memiliki identitas berupa komponen keahlian seperti diperuntukkan untuk jurusan apa.
  • Kelas : kelas ini haruslah jelas, untuk kelas berapa atau tingkat berapa.
  • Semester : pemberitahuan bahwa ATP digunakan pada semester berapa.
  • Tahun pembelajaran : setiap ATP tentunya membutuhkan informasi tahun pembelajaran yang digunakan ketika pelaksanaan ATP.
  • Alokasi waktu : bisa dilihat dari jadwal pembagian alokasi waktu dan dihitung per tahun.
  • Rasional mata pelajaran : untuk rasional mata pelajaran bisa dilihat di dalam permendikbud sesuai dengan fasenya.

2. Isi ATP

Setelah identitas dari ATP diisi, anda bisa melihat isi dari ATP tersebut. Isi ini lah yang sangat penting dan menjadi kunci dari pembelajaran di kelas. Ada beberapa isi dari ATP antara lain:

  • Domain / elemen : merupakan elemen yang harus dicantumkan dalam ATP, bisa dilihat dari panduan permendikbud.
  • Capaian pembelajaran : pencapaian pembelajaran yang dilakukan.
  • Materi : termasuk kedalam materi apa pembelajaran tersebut.
  • Kode : kode dari pembelajaran.
  • Tujuan : tujuan yang ingin dicapai pada pembelajaran tersebut.
  • Modul : modul yang digunakan, cukup tulis kodenya jika memiliki beberapa modul.
  • Jp :Jp merupakan singkatan dari jam pembelajaran, berapa jam yang dibutuhkan untuk menjelaskan atau pembelajaran di kelas tersebut.
  • Intra : jam efektif melakukan pembelajaran setiap pertemuan.
  • P5B : jam diluar jam efektif yang khusus digunakan untuk menerapkan nila pelajar pancasila.
  • Pertemuan Ke : pada pertemuan ke berapa ATP tersebut digunakan
  • Total jam pembelajaran semester : informasi total jam pembelajaran selama satu semester.
  • Total jam pelajaran tahunan : informasi total jam pembelajaran selama satu tahun.

3. Pengesahan Dokumen

Penjelasan Komponen CP ATP selanjutnya adalah pengesahan dokumen. Tidak lupa dari ATP yang dibuat oleh seorang guru harus melalui pengecekan dan pengesahan. Hal ini untuk membuktikan bahwa dokumen tersebut telah lengkap dan sudah disahkan.

Di Dalam pengesahan harus ada lokasi pembuatan ATP dan juga tanggal pengesahan. Selanjutnya ada beberapa orang yang bertugas mengesahkan dokumen ini, seperti:

  • Kepala sekolah : yang bertanggung jawab penuh atas pembelajaran di kelas.
  • Waka kurikulum : yang bertanggung jawab mengecek dokumen.
  • Guru yang bersangkutan : yang bertanggung jawab membuat dokumen.

Penjelasan Komponen CP

Penjelasan Komponen CP ATP

Setelah membahas mengenai penjelasan komponen CP ATP khususnya komponen ATP. Kita akan membahas tentang komponen CP.

Apa itu CP? CP adalah singkatan dari capaian pembelajaran yang merupakan kompetensi pembelajaran yang mesti dicapai oleh seorang peserta didik pada setiap fasenya. Didalamnya terdapat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara menyeluruh dalam bentuk narasi.

Untuk komponen didalam CP lebih ringkas dibandingkan komponen ATP. Berikut ini komponen-komponen yang berada di CP:

1. Identitas

Sama seperti komponen ATP, di CP juga memiliki identitas. Hal ini sebagai informasi dari suatu CP. Namun identitas dari CP tidak se – kompleks yang digunakan ATP, hanya berisikan:

  • Nama satuan pendidikan : berisikan nama instansi pendidikan.
  • Mata pelajaran : mata pelajaran yang diampu.
  • Fase atau kelas :  digunakan untuk kelas berapa dan fase apa.
  • Kompetensi keahlian jika ada khususnya untuk SMK.
  • Tahun pelajaran yang berlaku.
  • Rasional mata pelajaran : menuntut peserta didik untuk berpikir yang seperti apa.

2. Isi CP

Penjelasan Komponen CP ATP selanjutnya ada Isi. Cp tentunya memiliki impian yang harus disesuaikan dengan kebutuhan dan sesuai permendikbud. Isian dari CP lebih sederhana daripada isi ATP, diantaranya adalah:

  • Nomor urut.
  • Domain atau elemen yang sudah ada di permendikbud sesuai dengan mata pelajaran terkait.
  • Capaian dari pembelajaran yang berisikan informasi hal apa yang ingin dicapai peserta didik.
  • Materi pokok informasi yang berhubungan dengan materi yang akan dibahas.
  • Informasi semester pada semester berapa CP tersebut digunakan.

3. Pengesahan

Seperti komponen ATP komponen CP juga memiliki pengesahan. Pengesahan ini berhubungan dengan pengecekan dan pengesahan. Hal ini untuk membuktikan bahwa dokumen tersebut telah lengkap dan sudah disahkan.

Di Dalam pengesahan harus ada lokasi pembuatan CP dan juga tanggal pengesahan. Selanjutnya ada beberapa orang yang bertugas mengesahkan dokumen ini, seperti:

  • Kepala sekolah : yang bertanggung jawab penuh atas pembelajaran di kelas.
  • Waka kurikulum : yang bertanggung jawab mengecek dokumen.
  • Guru yang bersangkutan : yang bertanggung jawab membuat dokumen.

Manfaat CP ATP

Penjelasan Komponen CP ATP

Setelah membahas penjelasan komponen CP ATP, anda harus mengetahui mengapa kedua komponen ini sangatlah penting dan wajib dimiliki oleh seorang guru. Karena memiliki banyak manfaat, diantaranya:

  • Pembelajaran menjadi terukur dan spesifik, dengan adanya CP ATP membantu guru untuk mengembangkan hasil belajar sesuai dengan taksonomi bloom. Yaitu ingat dengan baik, pahami sebelum menerapkan dan analisis proses sebelum melakukan evaluasi.
  • Pembelajaran menjadi fleksibel karena terdapat identifikasi yang jelas tentang hasil yang harus dicapai. Kemudian desain kurikulum dan strategi pembelajaran juga disertakan untuk menjamin hal ini.
  • Terakhir, otonomi artinya bisa disesuaikan dengan karakteristik dan pengaruh latar belakang dari sekolahan tersebut. Hal ini tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan air peserta didik dan guru yang ada.

Kesimpulan

Sahabat duniamuid itulah penjelasan komponen CP ATP secara lengkap. Infomrasi tentang penjelasan Komponen CP ATP sangatlah jelas. CP ATP adalah pengganti dari perangkat pembelajaran RPP dan silabus pada kurikulum sebelumnya. Anda harus belajar membuat CP dan ATP jika menggunakan kurikulum merdeka tahun ini.

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *