Don't Show Again Yes, I would!

Perbedaan D3 D4 dan S1 pada Jenjang Pendidikan Serta Tips Memilihnya, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

DUNIAMU.ID – Sebagian besar calon mahasiswa yang akan mendaftarkan diri ke kampus impian masih kebingungan dalam menentukan jurusan yang akan dipilihnya. Bahkan ada yang mengabaikan jenjang pendidikannya dan hanya berpikir ‘harus kuliah.’ Padahal dalam menentukan jalur pendidikan yang sesuai akan sangat berpengaruh pada tujuan dan kebutuhan karir di masa mendatang. Jenjang D3, D4, S1 dapat menjadi pilihan untuk perjalanan pendidikan dan juga karir seseorang.

Sebelum anda memilih dan menentukan keputusan, calon mahasiswa harus memahami perbedaan, persyaratan, dan juga kegunaannya di masa mendatang. Oleh karena itu, anda perlu mengenali perbedaan D3 D4 dan S1 dalam jenjang pendidikan tinggi untuk calon mahasiswa.

Apa itu diploma? Diploma yaitu jenjang kualifikasi yang dimiliki oleh banyak universitas dan lembaga penelitian untuk membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan untuk mengejar karir yang anda inginkan. Sertifikat diploma dapat membantu lulusan untuk memulai karir dan melanjutkan studi lanjut untuk menambah pengetahuan. Kursus diploma membekali siswa dengan berbagai macam keterampilan dan pengetahuan khusus pada bidang tertentu. Lulusan diploma akan memiliki pemahaman teknis dan teoritis tentang suatu bidang pekerjaan yang luas.

Apa itu sarjana? Sarjana yaitu jenjang kualifikasi sarjana yang dimiliki oleh banyak universitas dan institut. Gelar sarjana memberikan siswa pengetahuan dasar dan persiapan karir awal. Setelah menyelesaikan program sarjana, beberapa lulusan dapat melanjutkan studi tersier untuk mengkhususkan pengetahuan dan keterampilan serta meningkatkan prospek karir.

Perbedaan Setiap Jenjang

Kedua jenjang pendidikan tersebut terdiri dari beberapa, akan tetapi yang paling populer di Indonesia yaitu Diploma 3 (D3), Diploma 4 (D4), dan Sarjana Strata-1 (S1). Ketiga jenjang pendidikan tersebut memiliki perbedaan yang terletak pada tingkat dan jenis pendidikan yang diberikan. Berikut ini perbedaan D3 D4 dan S1:

D3 (Diploma 3)

  1. Tingkat pendidikan D3 yaitu setelah calon mahasiswa lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat.
  2. Durasi studi program D3 yaitu sekitar 2-3 tahun.
  3. Fokus program D3 yaitu penerapan praktis dalam bidang tertentu dan mempersiapkan lulusan yang memiliki pengetahuan serta keterampilan praktis untuk memasuki dunia kerja.
  4. Syarat untuk dapat lulus dari program D3 yaitu dengan menyelesaikan tugas akhir yang disesuaikan dengan posisi magang saat pendidikan.
  5. Gelar yang didapatkan oleh lulusan D3 yaitu Ahli Madya dan diikuti dengan bidangnya.

D4 (Diploma 4)

  1. Tingkat pendidikan D4 yaitu setelah calon mahasiswa lulus Sekolah Menengah Pertama (SMA) dan tingkat pendidikannya setara dengan S1,  akan tetapi memiliki fokus yang lebih khusus atau tingkat keahlian yang lebih tinggi.
  2. Durasi studi D4 yaitu sekitar 3-4 tahun menyesuaikan dengan program studi dan institusi pendidikan.
  3. Fokus program D4 yaitu memberikan porsi lebih besar pada praktik untuk mempersiapkan lulusan agar menjadi tenaga kerja yang terampil di bidang tertentu.
  4. Syarat untuk dapat lulus dari program D4 yaitu mahasiswa menyelesaikan Tugas Akhir dengan basis penelitian.
  5. Gelar yang didapatkan oleh lulusan D4 yaitu Sarjana Terapan diikuti dengan bidangnya.

S1 (Sarjana 1 atau Strata 1)

  1. Tingkat pendidikan S1 yaitu jenjang pendidikan tinggi yang lebih tinggi dari D3 dan D4.
  2. Durasi studi S1 yaitu sekitar 3-4 tahun.
  3. Fokus program S1 yaitu memberikan pemahaman yang mendalam pada bidang studi, termasuk ke dalam penelitian dan teori. Program S1 berorientasi akademis yang umumnya digunakan untuk mempersiapkan lulusan yang memerlukan pemahaman teoritis pada karirnya dan mempersiapkan lulusan yang akan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi S2 (Magister) atau S3 (Doktor).
  4. Syarat untuk dapat lulus dari program S1 yaitu dengan menyelesaikan skripsi.
  5. Gelar yang didapatkan oleh lulusan S1 yaitu Sarjana diikuti dengan bidangnya.

Pertimbangan Untuk Memilih Jenjang

Sebelum memilih jenjang pendidikan pada perguruan tinggi, anda tentu harus mempertimbangkan berbagai macam hal agar tidak salah dalam memilih. Berikut ini beberapa pertimbangan untuk memilih jenjang perbedaan D3 D4 dan S1 yang dilansir dari Indeed Australia:

1. Memperhatikan Persyaratan Pekerjaan Untuk Karir Yang Diinginkan

Tips sebelum memilih jenjang pendidikan yang pertama yaitu memperhatikan tingkat pendidikan yang diinginkan oleh pemberi kerja dan juga peran yang anda incar setelah lulus pendidikan. Sebelum menentukan jenjang pendidikan, alangkah baiknya anda meneliti apakah program diploma lebih cocok dibandingkan dengan program sarjana ataupun sebaliknya.

2. Memahami Ketersediaan Waktu Dan Sumber Daya Pribadi

Tips sebelum memilih jenjang pendidikan yang kedua yaitu memahami ketersediaan waktu anda. Beberapa program diploma dirancang untuk memudahkan anda agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan bekerja, sedangkan program sarjana akan membuat tantangan yang lebih besar bagi anda karena membutuhkan komitmen yang tinggi. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan telah banyak universitas yang memberikan alternatif studi paruh waktu meskipun membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan studi.

3. Merencanakan Perkembangan Karir

Tips sebelum memilih jenjang pendidikan yang ketiga yaitu merencanakan perkembangan karir. Profesi yang anda inginkan tidak menutup kemungkinan akan menawarkan peluang untuk perkembangan karir, sebelum menuju hal itu tentu saja anda harus menentukannya sejak memutuskan akan memilih jenjang pendidikan. Karir yang lebih maju mungkin membutuhkan gelar sarjana, akan tetapi ada juga beberapa profesi yang menerima lulusan diploma.

4. Mempertimbangkan Keahlian Dan Pengalaman Saat Ini

Tips sebelum memilih jenjang pendidikan yang keempat yaitu mempertimbangkan keahlian yang telah dimiliki saat ini. Perubahan karir yang dicapai dengan meningkatkan keterampilan pada bidang tertentu dapat dilakukan dengan kursus diploma sedangkan tujuan karir yang membutuhkan peningkatan pengalaman membutuhkan pendidikan tingkat lanjut.

5. Menentukan Keterampilan Baru Yang Ingin Dikuasai

Tips sebelum memilih jenjang pendidikan yang terakhir yaitu menentukan keterampilan baru yang ingin dikuasai. Contohnya yaitu jika anda telah menguasai bidang pengembangan web maka mengambil program diploma dalam pemrograman akan membantu anda dalam meningkatkan keterampilan sebagai pengembang kode.

Itulah perbedaan D3 D4 dan S1 dari setiap jenjang pendidikan yang bisa anda pahami. Jadi manakah yang ingin anda pilih?

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *