Don't Show Again Yes, I would!

Perdagangan Internasional: Pengertian, Tujuan, Faktor Pendukung dan Penghambat

Perdagangan menjadi salah satu sektor yang banyak digeluti masyarakat Indonesia, tapi pernahkah kamu melakukan perdagangan internasional?.

Perdagangan adalah proses tukar menukar barang atau jasa dari satu tempat ke tempat lainnya. Perdagangan internasional merupakan kegiatan transaksi barang atau jasa yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain dalam tujuan tertentu seperti memperoleh keuntungan.

Proses perdagangan internasional kita mengenal dua konsep yaitu, kegiatan ekspor dan impor. Untuk mengetahui lebih lanjut pengertian, ciri-ciri dan faktor perdagangan internasional simak ulasan berikut ini.

Pengertian Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional adalah kegiatan berdagang atau tukar menukar barang atau jasa yang dilakukan oleh dua negara berbeda. International trade telah dikenal bahkan sejak pertengahan abad. Indonesia merupakan negara maritim yang dikenal sejak dulu sebagai jalur perdagangan. Oleh karena itu masyarakat indonesia juga telah melakukan perdagangan internasional sejak dulu.

Proses jual beli barang atau jasa antarnegara juga merupakan pengertian dari perdagangan internasional. Sebagai subjek melakukan perdagangan adalah antar negara atau pemerintahan antarnegara.

Seperti yang dijelaskan oleh Basri dan Munandar, perdagangan internasional terjadi karena adanya perbedaan sumber daya antar negara yang melakukan kerjasama. Perdagangan ini terjadi karena suatu negara mempunyai sumber daya yang berbeda, sehingga memungkinkan produksi barang dalam jumlah yang besar.

Menurut Huala Adolf perdagangan internasional merupakan kegiatan tukar menukar atau aktivitas jual beli yang dilakukan oleh antar negara, dengan tujuan untuk mendapatkan manfaat berupa keuntungan.

Tujuan Perdagangan Internasional

Kegiatan perdagangan internasional mempunyai tujuan tertentu untuk dilakukan. Tujuan utama dalam perdagangan internasiona adalah untuk meningkatkan Gross Domestic Product atau GDP.

Artinya perdagangan internasional memiliki tujuan untuk meningkatkan total nilai dari produksi barang atau jasa yang dijual oleh suatu negara dihitung selama satu tahun.

Selain itu tujuan perdagangan internasional antara lain adalah sebagai berikut.

Memperluas pasar

Perdagangan internasional dapat membuat pasar semakin luas, sehingga perusahaan tidak akan mengalami kelebihan produksi serta jika pasar semakin besar penjualan produk juga akan semakin bertambah, yang dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.

Penghasil Devisa Negara

Dengan adanya kegiatan tukar menukar barang antar negara, maka akan menghasilkan devisa negara untuk pertumbuhan ekonomi.

Memenuhi kebutuhan negara

Adanya kegiatan jual beli antar negara juga untuk memenuhi kebutuhan negara, misal sebuah negara kurang ketersedian bahan pokok maka dapat dipenuhi dengan cara membeli barang dari negara lain sehingga memenuhi kebutuhan negara tersebut.

Transfer teknologi modern

Dengan adanya perdagangan internasional maka akan ada pertukaran atau transfer teknologi modern yang lebih mudah dilakukan. Teknologi modern seperti mesin produksi biasanya tidak dapat dihasilkan oleh suatu negara, nah negara tersebut dapat mendatangkan mesin dari negara lain yang memproduksi. Sehingga ada teknologi modern yang dapat membantu proses produksi yang lebih efisien.

Contoh lain dapat dilihat pada saat pandemi Covid 19 dimana banyak negara mendapatkan vaksin dari negara lain untuk kepentingan memenuhi kebutuhan warganya.

Meningkatkan kerjasama antar negara

Perdagangan internasional juga dapat meningkatkan kerjasama antar negara yang menjalin perdagangan. Dengan adanya kerjasama yang baik ini maka suatu negara akan lebih banyak menjalin hubungan persahabatan dengan negara lain.

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional dilakukan oleh suatu negara karena adanya beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa faktor terjadinya perdagangan secara internasional.

Adanya perbedaan sumber daya alam

Setiap negara memiliki karakteristik dan kondisi alam yang berbeda-beda, seperti perbedaan iklim, letak geografis dan lain sebagianya. Hal tersebut menyebabkan adanya perbedaan kuantitas dan kualitas produksi sumber daya alam. Sedangkan untuk negara harus mencukupi kebutuhan warganya akan sumber daya alam tersebut. Nah, cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perdagangan internasional.

Kebutuhan warga negara

Setiap negara mempunyai kebutuhan yang beragam, namun negara tidak dapat memproduksi semua kebutuhan tersebut sendiri, sehingga membutuhkan dukungan dari negara lain. Oleh karena itu ada perdagangan internasional.

Peningkatan pendapatan negara

Dengan adanya ekspor dan impor akan mendatangkan penghasilan negara dari pembayaran pajak saat transaksi jual dalam perdagangan internasional. Pendapatan negara yang mengingatkan akan membuat kegiatan perdagangan ini juga terus berlanjut.

Kemajuan teknologi

Adanya kemajuan teknologi baik dalam bidang informasi, komunikasi dan transportasi membuat adanya perdagangan internasional lebih mudah. Kemajuan teknologi dari negara ini dapat diadaptasi dan diterapkan di negara lain dengan mudah. Kegiatan perdagangan internasional juga akan mudah dilakukan dengan adanya teknologi-teknologi yang mendukung hal tersebut.

Faktor Penghambat Perdagangan Internasional

Selain faktor terjadinya perdagangan internasional juga mempunyai faktor penghambat yang dapat mengganggu proses perdagangan. Faktor penghambat tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Kebijakan ekonomi internasional

Beberapa negara memang menerapkan perdagangan bebas, tetapi terdapat pula negara yang mengeluarkan kebijakan ekonomi untuk mengatur perdagangan internasional seperti pembatasan impor atau ekspor. Atau kebijakan ekonomi yang diterapkan karena kondisi negara tertentu dapat menghambat perdagangan internasional.

Terjadi konflik di negara tertentu

Konflik yang terjadi di suatu negara seperti peperangan, kerusuhan, kekuasaan politik dapat membuat perdagangan  internasional terhambat.

Nilai tukar berbeda

Setiap negara memiliki mata uang dan nilainya masing-masing. Setiap nilai mata uang mempunyai sifat fluktuasi karena mekanisme pasar. Sehingga mata uang suatu negara tidak dapat digunakan pada negara lain. Perbedaan nilai mata uang juga dapat menjadi penghambat kegiatan perdagangan.

Sumber daya manusia yang rendah

Karena kualitas SDM yang rendah dapat membuat proses produksi menjadi tidak maksimal serta menghambat. Hal tersebut dapat menurunkan atau menghambat perdagangan internasional.

Proses yang lama

Kegiatan ekspor dan impor yang terlalu lama karena prosesnya yang panjang, dapat membuat perdagangan internasional terhambat. Karena kadang barang yang dikirim sangat dibutuhkan, jika barang tidak tepat waktu kegiatan perdagangan juga akan menjadi terganggu, karena adanya ketidakpercayaan dari pembeli.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *