Don't Show Again Yes, I would!

7 Rekomendasi Aplikasi Wajib Untuk Membantu Tugas Sekolah Biar Tugasmu Cepat Selesai!

Rekomendasi aplikasi wajib untuk membantu tugas sekolah  – Hadirnya teknologi membantu manusia bisa menyelesaikan tugasnya atau pekerjaanya dengan lebih  mudah dan cepat. Salah satu sektor yang sangat terbantu dengan hadirnya teknologi adalah sektor pendidikan.

Sebagai contoh, dulu tugas anak sekolah tidak bisa terlepas dari buku tulis dan buku paket namun kini tugas anak sekolah jauh berbeda dan beragam. Tugas-tugas kini selalu berhubungan dengan teknologi mulai membuat laporan, makalah, poster, presentasi, mengedit video dan lainnya.

Karena mengerjakan tugas harus  kerja cepat diakibatkan deadline yang padat. Untung ada beberapa Rekomendasi aplikasi wajib untuk membantu tugas sekolah agar lebih cepat selesai, diantaranya adalah:

1. Canva

Rekomendasi aplikasi wajib untuk membantu tugas sekolah

Rekomendasi aplikasi wajib untuk membantu tugas sekolah pertama adalah canva. Siapa yang tidak tahu tentang aplikasi canva? Aplikasi satu ini cukup populer di kalangan pelajar maupun di kalangan pekerja karena kemampuannya dalam membantu mendesain berbagai macam kebutuhan. Misalnya saja mendesain poster, presentasi, resume, kartu nama, CV dan masih banyak lagi yang lainnya.

Aplikasi canva bisa diakses di smartphone maupun di laptop. Cara penggunaannya yang mudah bahkan untuk seorang pemula menjadi nilai tambah tersendiri. Banyak template dalam aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat desain, namun jika anda ingin lebih banyak template dan template yang menarik maka disarankan untuk berlangganan aplikasi ini.

Aplikasi canva menjadi aplikasi wajib yang harus dimiliki oleh semua pelajar karena sangat membantu dalam mengerjakan tugas sekolah. Serta wajib dimiliki oleh mahasiswa jurusan desain baik DKV atau lainnya.

2. PowerPonitify

Rekomendasi aplikasi wajib untuk membantu tugas sekolah selanjutnya adalah powerpointify. Presentasi menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Mengapa presentasi sangatlah penting? Karena lewat presentasi seseorang bisa pemaparan tentang suatu ide, gagasan atau topik tertentu. Agar presentasi lebih menarik dibutuhkan slide presentasi yang nantinya akan ditampilkan di layar proyektor.

Salah satu aplikasi yang membantu pengguna untuk bisa membuat slide presentasi yang menarik adalah PowerPointify. Dilengkapi dengan lebih dari 40.000 templat presentasi yang menarik dan unik yang bisa diunduh secara gratis. Terdapat juga beberapa kategori yang bisa membantu pengguna untuk memilih template yang ssuai seperti business, medical, education dan lainnya. Jadi pengguna tidak perlu scroll-scroll terlalu lama untuk memilih template yang sesuai.

Menariknya PowerPointify ini memiliki banyak sekali daftar font yang bisa digunakan serta dengan sumbernya. Bagi pemula yang belum pernah sama sekali menggunakan aplikasi ini tidak perlu khawatir kebingungan, karena ada panduan menggunakan template untuk pengguna awal.

Asiknya, aplikasi ini bisa digunakan secara gratis lho. Selain membantu mengerjakan tugas ternyata tidak perlu membayar biaya berlangganan.

3. YouCut

Sedang ada tugas membuat video? Baik video dokumenter, video iklan layanan masyarakat atau video cover lagu? Sepertinya aplikasi satu ini cukup recommended untuk digunakan. Rekomendasi aplikasi wajib untuk membantu tugas sekolah satu ini bernama YouCut.  

Aplikasi yang bernama YouCut ini memiliki interface yang sederhana dan mudah dimengerti oleh penggunanya. Fungsi utama dari aplikasi ini membantu para pengguna yang ingin memotong video, menambahkan tulisan dan musik serta mengatur ulang ukuran video.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah tidak membuat kualitas video yang edit menjadi menurun. Karena pengguna bisa memiliki resolusi video sampai 2160P yang tentunya hasil video lebih tajam dan jelas. 

Sayangnya resolusi yang tinggi ini tidak bisa digunakan oleh sembarang smartphone. Selain itu pemilihan resolusi yang tinggi bisa memperlama proses export video hasil editan. Oh ya, hasil editan menggunakan aplikasi ini akan terdapat watermarknya sehingga cukup mengganggu orang yang melihatnya.

4. KineMaster

Rekomendasi aplikasi wajib untuk membantu tugas sekolah

Masih berbicara tentang tugas editing video, selain YouCut ada rekomendasi aplikasi wajib untuk membantu tugas sekolah lain yang cukup mumpuni untuk digunakan yaitu KineMaster. Hadir dengan interface yang sederhana dan mudah dimengerti namun dengan fitur editing video yang lebih kompleks.

Terdapat banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk editing video, diantaranya adalah pemilihan tema, font, media, bisa digunakan untuk memasukan musik dan juga banyak tool editing lainnya. Sayangnya sama seperti aplikasi YouCut, aplikasi KineMaster terdapat watermark di dalam hasil editan. Untuk menghapus watermark ini pengguna perlu berlangganan apliaksi terlebih dahulu.

Meskipun mengeluarkan uang, namun anda tidak akan rugi kok karena fitur di dalam akun berbayar nya jauh lebih banyak dan lebih lengkap. Aplikasi ini cocok bagi anak yang masuk jurusan multimedia atau broadcasting.

5. Gramedia Digital

Butuh referensi-referensi pelajaran tapi malas membelinya secara langsung? Rekomendasi aplikasi wajib untuk membantu tugas sekolah satu ini bisa dimanfaatkan untuk menambah referensi buku bagi anda, namanya Gramedia Digital. Koleksi buku dalam aplikasi ini cukuplah banyak mulai dari majalah, novel sampai Koran.

Banyak genre buku yang tersedia mulai tentang pelajaran, sejarah hingga novel-novel popular. Namun perlu diingat untuk membaca buku-buku dalam aplikasi ini anda harus melakukan pembayaran biaya berlangganan terlebih dahulu. Namun info menariknya, paket berlangganan tersebut bisa digunakan untuk 5 akun, jadi anda bisa mengajak 4 teman lainnya untuk berlangganan bersama, hemat bukan?

6. Sparkpost

Rekomendasi aplikasi wajib untuk membantu tugas sekolah yang selanjutnya bernama adobe spark post. Aplikasi ini wajib sekali dimiliki oleh anak multimedia yang sering sekali mendapat tugas membuat undangan, mencetak poster dan juga infografis lainnya.

Secara sekilas aplikasi ini mirip dengan canva,namun ada yang membedakan aplikasi ini dengan canva yaitu pengguna bisa membuat animasi singkat pada desain yang dibuat. Jadi aplikasi ini memang khusus untuk tugas digital yang bisa memberikan sentuhan animasi didalamnya.

Meskipun belum cukup populer namun anda jangan khawatir tidak bisa menggunakan aplikasi ini ya. Karena sudah banyak tutorial pengguna aplikasi ini yang tersedia. Sparkpost menjadi jawaban untuk pembuatan tugas sekolah yang unik dalam waktu yang singkat.

7. iPusnas

Rekomendasi aplikasi wajib untuk membantu tugas sekolah

Dalam pembuatan karya ilmiah atau jurnal ilmiah tentunya dibutuhkan referensi dari sumber yang terpercaya. Jika anda tidak sempat ke perpustakaan untuk mencari referensi-referensi tersebut anda bisa mencoba rekomendasi aplikasi wajib untuk membantu tugas sekolah perpustakaan digital satu ini. Namanya iPusnas dan merupakan aplikasi karya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Semua buku yang di upload dalam aplikasi ini tentunya adalah buku yang sudah memiliki ISBN serta terjamin kualitasnya. Sistem peminjaman dalam aplikasi ini mirip dengan cara meminjam buku langsung di perpustakaan.

Pengguna yang ingin meminjam buku harus mengajukan pinjaman, mengunduh buku dan membacanya. Anda memiliki batas waktu untuk membaca buku tersebut, jika waktunya habis maka buku secara otomatis tidak bisa dibaca lagi dan anda harus mengajukan pinjaman lagi.

Selain itu, disini tersedia stok buku. Jika stok buku habis maka anda harus mengantri atau menunggu terlebih dahulu sampai buku yang diinginkan selesai dibaca oleh orang lain.

Itulah 7 rekomendasi aplikasi wajib untuk membantu tugas sekolah. Mulai Dari aplikasi yang membantu dalam desain undangan, poster dan lainnya. Rekomendasi aplikasi wajib untuk membantu tugas sekolah lainnya untuk membuat presentasi sampai aplikasi untuk mencari buku referensi. Install semua aplikasi penting ini di perangkat anda agar bisa membantu anda dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah yang harus segera diselesaikan.

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *