Don't Show Again Yes, I would!

Rekomendasi Cara Memilih Ekstrakurikuler yang Tepat

Bagaimana cara memilih ekstrakurikuler yang tepat? Bagi adik-adik yang ingin memilih kegiatan ekstra yang cocok dapat menyimak tips yang akan dibahas kali ini.

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan di luar program tertulis dalam Kurikulum, mengikuti kegiatan ini bermanfaat mengembangkan kemampuan siswa. Oleh karena penting mengetahui cara memilih ekstrakurikuler yang tepat.

Untuk mengetahui beberapa cara memilih ekstrakurikuler yang tepat, simak ulasan berikut ini.

Apa itu Ekstrakurikuler?

Sebelum mengetahui cara memilih ekstrakurikuler yang tepat, tidak ada salahnya mempelajari pengertian ekskul itu sendiri.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ekstrakurikuler adalah kegiatan di luar program tertulis dalam Kurikulum, seperti latihan pembinaan siswa dan kepemimpinan.

Kemudian menurut Peraturan Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 62 Tahun 2014, ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar intrakurikuler serta kokurikuler yang berada di bawah bimbingan dan pengawas satuan pendidikan.

Kegiatan ekskul ada pada jenjang satuan pendidikan mulai dari SD hingga SMA/SMK. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan bakat minat, potensi, kepribadian, kemandirian serta kemampuan siswa.

Kegiatan ekskul di sekolah sangat beragam dan ada dalam berbagai bidang. Kegiatan ini juga bertujuan sebagai tempat menyalurkan bakat minat siswa, sehingga potensi mereka akan terus berkembang.

Melalui kegiatan ekskul siswa juga dapat meraih prestasi non akademik, yang akan berguna kelak. Bahkan prestasi yang baik tersebut dapat memberikan manfaat untuk siswa, seperti mendapatkan beasiswa. Oleh karena itu memilih ekstrakurikuler yang tepat penting untuk dipelajari.

Cara Memilih Ekstrakurikuler

Terdapat banyak sekali jenis-jenis kegiatan ekskul, sehingga kamu memerlukan cara memilih ekstrakurikuler yang cocok dengan minat dan bakat.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara memilih kegiatan ekstrakurikuler.

Kenali Jenis-jenis Kegiatan Ekskul

Beberapa sekolah memiliki kegiatan ekskul sendiri-sendiri. Beberapa sekolah menyediakan kegiatan ekskul berbagai jenis. Namun, ada juga beberapa sekolah yang hanya membuka ekskul untuk beberapa bidang saja.

Nah, cara memilih ekstrakurikuler adalah dengan mengenal jenis-jenis ekskul yang ada di sekolahmu.

Pelajari setiap jenis ekskul tersebut, kemudian mempertimbangkan matang jika ingin mengikuti kegiatan tersebut.

Kamu juga dapat bertanya pada anggota ekskul yang lain, untuk memperkuat pilihanmu.

Sesuaikan dengan Bakat Minat

Cara memilih ekstrakurikuler selanjutnya adalah dengan memilih kegiatan yang memang menjadi bakat minat, hobi, serta kemampuan yang kamu miliki.

Kamu juga perlu melihat bakat minat serta kemampuan yang kamu miliki. Karena belum tentu apa yang kamu inginkan akan sesuai dan dapat kamu lakukan secara konsisten.

Sesuaikan kegiatan ekskul dengan kemampuan dan hobi,sehingga saat menjalani latihan kamu akan tetap merasa senang. Selain itu mengenali bakat dan minat diri sendiri juga penting dalam pengambilan keputusan.

Jangan Ikut-ikutan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cara memilih ekstrakurikuler selanjutnya adalah jangan ikuti-kuat.

Hanya karena kamu diajak teman atau ingin terlihat keren, kemudian mengikuti ekskul yang tidak sesuai dengan bakat dan minatnya

Sesuaikan Jadwal Sehari-hari

Meskipun kegiatan ekstrakurikuler memiliki banyak manfaat, tentu saja siswa jangan sampai menyepelekan pembelajaran akademik sesuai jadwal. Jadi sesuaikan kegiatan ekskul dengan jadwal sehari hari. Jangan sampai saling bentrok dan mengganggu kegiatan lainnya.

Tentukan Prioritas

Sebagai siswa kamu perlu menentukan prioritas, begitu pula dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Jangan terlalu banyak mengikuti kegiatan ekskul, karena dapat mengganggu kegiatan pelajaran lainnya.

Sebaiknya buat prioritas ekskul yang ingin dilakukan , kemudian pilih yang paling sesuai dengan bakat minat dan kemampuanmu.

Pilih yang Banyak Praktek

Cara memiliki kegiatan ekstrakurikuler selanjutnya dalam memilih kegiatan yang melakukan banyak praktek atau latihan, bukan yang teori saja.

Kegiatan ekskul bertujuan untuk mengembangkan kemampuan serta keterampilan siswa selain dalam bidang akademik. Oleh karena itu sebaiknya memiliki kegiatan ekskul yang terdiri dari kegiatan praktek atau latihan, sehingga kemampuanmu juga akan cepat berkembang.

Lakukan Percobaan

Jika kamu tidak yakin dengan pilihanmu, maka yang dapat dilakukan adalah melakukan percobaan. Kamu dapat mengikuti kegiatan ekstra selama beberapa hari atau melihat bagaimana anggota lain saat melakukan ekskul tersebut. Dengan begitu kamu akan dapat menentukan apakah kegiatan tersebut cocok atau tidak.

Demikian adalah tips cara memilih ekstrakurikuler yang tepat untuk peserta didik, agar lebih memaksimalkan kemampuan dan keterampilan-nya.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *