Don't Show Again Yes, I would!

Rekomendasi Jurusan Kuliah IPS Beserta Prospek Kerjanya

Apa saja jurusan kuliah IPS itu? Halo anak Ilmu Pengetahuan Sosial yang masih bingung untuk menentukan jurusan kuliah, berikut ini akan kami berikan rekomendasinya.

Terdapat banyak sekali jurusan kuliah IPS yang dapat dipilih oleh adik-adik. Memilih jurusan kuliah memang bukan perkara yang mudah, butuh pertimbangan dan rencana yang matang. Untuk anak-anak IPS rekomendasi berikut ini dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk memilih jurusan kuliah.

Jurusan kuliah sangat penting dipertimbangkan, karena menentukan pekerjaan yang akan dijalani kelak.

Oleh karena itu berikut ini adalah kumpulan jurusan kuliah IPS yang dapat dijadikan pertimbangan oleh adik-adik, beserta dengan prospek kerjanya.

Jurusan Kuliah IPS

Berikut ini adalah rekomendasi pilihan jurusan kuliah IPS beserta dengan prospek kerjanya.

Hubungan Internasional

Jurusan kuliah IPS yang pertama untuk adik-adik adalah Hubungan Internasional atau HI yang akan mempelajari berbagai isu-isu mulai dari ekonomi, sosial, politik, hingga kebudayaan yang ada di belahan dunia.

Kamu akan belajar tentang interaksi, komunikasi dan relasi yang terjalin secara internasional. Prospek kerja yang akan dimiliki untuk lulusan ini adalah menjadi: duta besar atau diplomat di kementerian Luar Negeri, jurnalis, konsultan, HR Manager, dosen, staf ahli, staf kedutaan, international officer, dll.

Akuntansi

Jurusan akuntansi termasuk jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa. Karena setiap perusahaan akan memerlukan laporan keuangan yang membutuhkan staf akuntan. Kamu akan belajar tentang bagaimana mengelola strategi dan perencanaan keuangan perusahaan.

Prospek kerja jurusan ini antara lain adalah sebagai berikut: konsultan pajak, pegawai asuransi, auditor, akuntan publik, pegawai bank atau asuransi, manajer keuangan dan lain sebagainya.

Manajemen Pemasaran

Jurusan kuliah IPS selanjutnya adalah Manajemen Pemasaran yang berfokus pada pengelolaan, perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan pada semua proses pemasaran barang atau jasa pada sebuah perusahaan.

Prospek kerja jurusan ini antara lain adalah: sebagai staff humas perusahaan, konsultan pemasaran, sales executive, marketing analyst, manager E Commerce, Market Research Analyst, Digital Marketing Specialist, dan lain sebagainya.

Administrasi Bisnis

Administrasi bisnis menjadi salah satu jurusan kuliah IPS, yang direkomendasikan selanjutnya. Jurusan ini mempelajari pengelolaan sumber daya manusia, pemasaran, operasional, logistik, serta manajemen perusahaan. Jurusan ini juga akan mengajarkan kebijakan tata kelola, dan inovasi pada proses bisnis di sebuah perusahaan.

Beberapa prospek kerja yang akan didapatkan adalah sebagai berikut: bagian manajemen kantor, staf administrasi, staf sumber daya manusia, Human Resource Officer, staff marketing, analisis keuangan, staf pemasaran, management trainee, PNS, dan lain-lain.

Manajemen Perhotelan

Jurusan Manajemen Perhotelan kamu akan mempelajari tentang proses perencanaan, produksi hingga pengawasan dalam jasa pengelolaan perhotelan. Kamu akan belajar bagaimana cara manajemen proses yang ada pada sebuah hotel.

Prospek kerja yang akan didapatkan antara lain adalah sebagai berikut: karyawan hotel, manager hotel. Tour guide, event planner, konsultan perjalanan wisata, chef atau kepala koki, room sales manager, dan lain sebagainya.

Perpajakan

Jurusan ini kamu akan dipersiapkan untuk menjadi ahli pajak, dna mempelajari berbagai kewajiban serta hak wajib pajak seseorang atau perusahaan. Materi yang akan dipelajari antara lain pajak penghasilan pribadi dan badan, ketentuan untuk perpajakan, hingga pemeriksaaan pajak.

Prospek kerja dari jurusan ini antara lain adalah: pegawai pajak, staff lembaga keuangan dan perbankan, staff bea cukai, staff kementerian keuangan, staff kantor akuntan publik dan lain sebagianya.

Jurusan Hukum

Jurusan kuliah IPS selanjutnya adalah untuk kamu yang ingin bekerja di bidang hukum yaitu Jurusan Hukum. Kamu akan mempelajari seluk beluk hukum mulai dari hukum perdata, pidana, hingga hukum tata negara.

Prospek kerja Jurusan Hukum adalah: menjadi pengacara, jaksa, hakim, staff legal, konsultan hukum, diplomat, notaris, legal corporate, legal auditor, dll.

Jurusan Psikologi

Jurusan psikologi adalah bidang keilmuan yang mempelajari tentang perilaku, dan jiwa manusia. Yang dipelajari dalam jurusan ini terkait mental. Jiwa dan kehidupan manusia sehari-hari.

Prospek kerja jurusan kuliah IPS satu ini adalah: staff HRD, Guru BK, psikolog, konsultan SDM, konsultan karir, konsultan pendidikan, konselor, dosen dan lain sebagainya.

Demikian adalah beberapa jurusan kuliah IPS yang dapat menjadi inspirasi untuk adik-adik dalam memilih bidang yang akan diambil.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *