Don't Show Again Yes, I would!

Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak Bahasa, Beserta Prospek Kerja

Bagi kamu siswa SMA/SMK yang berminat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi di bidang bahasa terdapat beberapa prodi yang dapat dipilih. Dalam artikel kali ini akan memberikan rekomendasi jurusan kuliah untuk anak bahasa.

Jurusan kuliah untuk anak Bahasa juga dapat menjadi pilihan untuk kamu yang saat ini menempuh SMA/SMK di kelas Bahasa.

Apa saja jurusan kuliah untuk anak Bahasa? langsung saja simak ulasan lengkapnya.

Jurusan Kuliah untuk Anak Bahasa

Ilmu Komunikasi

Salah satu jurusan kuliah untuk anak Bahasa yang cocok adalah program studi Ilmu Komunikasi. Kamu akan mempelajari bagaimana cara menyampaikan pesan yang efektif dan efisien serta teknologi dalam komunikasi.

Prospek kerja yang akan didapatkan nantinya antara lain adalah bekerja di bidang broadcasting, menjadi editor, wartawan, public relation, perusahaan periklanan, komunikasi pemasaran, komunikasi bisnis dan lain sebagainya.

Bahasa dan Sastra

Jurusan yang satu ini sudah jelas ditujukan untuk kamu yang memiliki minat dalam hal Bahasa dan Sastra. Pada jurusan ini kamu dapat mengambil prodi Bahasa yang kamu sukai atau minati misal Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa Korea, Bahasa Jepang, serta Bahasa lainnya.

Peluang kerja yang akan kamu dapatkan juga cukup menjanjikan, tidak nya dapat bekerja sebagai penerjemah atau interpreter. Kamu juga dapat bekerja sebagai penjara, penulis, budayawan sastrawan hingga mengisi beberapa posisi di perusahaan, 

 Hubungan Internasional

Jurusan untuk anak Bahasa selanjutnya adalah Hubungan Internasional. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang mempunyai kemampuan komunikas yang baik, karena membutuhkan kemampuan berbahasa dan berdiplomasi. Kamu akan mempelajari tentang ekonomi, sosial budaya, dan dinamika politik antar negara serta mengkaji solusi dari permasalahan-permasalahan global.

Lulusan HI dapat bekerja di instansi mulai dari Kementerian Luar Negeri sehingga perusahaan multinasional. Prospek kerja untuk urusan ini kamu dapat mengisi posisi sebagai diplomat, duta besar, staf kedutaan, Goverment Relation Officer, konsultan, hingga Dosen.

Jurnalistik

Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang wartawan? Kuliah di jurusan jurnalistik kamu akan mempelajari bagaimana suatu informasi didistribusikan, kamu juga kan belajar cara mencari, menulis dan menyunting berita yang benar. Selain itu kamu juga kan mempelajari tentang penulisan naskah, dan etika kerja sebagai seorang jurnalistik.

Setelah lulus kamu akan mendapat peluang untuk bekerja di berbagai kantor surat kabar dan majalah nasional, regional atau lokal. Mengingat sekarang banyak sekali media online, maka kesempatan menjadi jurnalis juga kan terbuka lebar. Selain itu, kamu juga dapat bekerja di berbagai stasiun TV, radio atau media penyiaran lainnya.

 Antropologi

Jurusan antropologi akan cocok bagi kamu yang menyukai budaya dan ciri khas suatu masyarakat. Karena antropologi adalah studi yang akan mempelajari ciri khas serta kesamaan pada suatu masyarakat dan kebudayaan. Jurusan metrologi kamu akan mempelajari berbagai jenis dan seluk beluk unsur kebudayaan yang dihasilkan oleh manusia.

Prospek kerja dari lulusan jurusan antropologi adalah kamu dapat bekerja di bidang budaya seperti staff penelitian, teknisi museum, kurator seni, atau jurnalistik. Selain itu peluang kerja yang akan didapatkan adalah menjadi manajemen SDM, perusahaan telekomunikasi, konsultan hingga staff penelitian dan pengembangan suatu perusahaan.

Psikologi

Jurusan kuliah untuk anak Bahasa selanjutnya adalah Psikologi, mungkin sudah banyak yang tahu dengan istilah psikologi. Program studi ini adalah keilmuan yang mempelajari tentang tingkah laku manusia, mencakup mental, pikiran, serta perilaku manusia.

Sedangkan prospek kerja yang akan  didapatkan untuk lulusan jurusan psikologi. Diantaranya adalah menjadi staff Human Resource Development (HRD). Seperti Yang diketahui bahwa setiap perusahaan bahkan suatu lembaga pasti membutuhkan staff HRD. Salah satu lulusan yang dapat mengisi posisi sebagai HRD adalah mahasiswa lulusan jurusan Psikologi.

Sedangkan prospek kerja yang akan didapatkan antara lain adalah menjadi konselor, psikolog, guru konseling, dosen, konsultan pendidikan, konsultan karier dan lain sebagainya.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *