Don't Show Again Yes, I would!

Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPA Beserta Prospek Kerjanya

Bagi sobat duniamu.id yang sekarang tengah menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan bingung menentukan pilihan jurusan ke perguruan tinggi, ayo simak daftar jurusan untuk anak IPA berikut ini.

Memilih jurusan kuliah bukalah diperlukan pertimbangan yang matang dan bukanlah perkara yang mudah. Banyak kasus dimana mahasiswa merasa dirinya salah jurusan yang membuat perkuliahan tidak optimal. Oleh karena itu beriktu ini telah kami rangkumkan jurusan kuliah untuk anak IPA beserta dengan prospek kerja dan apa yang dipelajari.

Jurusan Kuliah IPA

Jika kamu sekarang kelas 12 SMA dan bingung ingin berkuliah di jurusan yang linier dengan IPA, ayo simak daftar jurusan kuliah untuk anak IPS yang disajikan dalam artikel ini.

Namun, tentu saja saat memiliki jurusan kuliah tidak boleh asal-asalan, lebih baik mempertimbangkan dengan matang dan disesuaikan dengan bakat, minat dan kemampuan.

Sedangkan tujuan dari daftar jurusan kuliah untuk anak IPA berikut ini adalah untuk dijadikan referensi serta inspirasi mengenal jurusan kuliah yang linier dengan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Bidang Kesehatan

Jurusan kuliah untuk anak IPA dapat masuk ke bidang kesehatan, karena memang pelajaran yang akan diikuti banyak dipelajari saat di SMA. Nah, beberapa diantaranya adalah berikut ini.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Ini adalah salah satu jurusan yang masih jarang diminati, namun mempunyai prospek kerja yang lumayan bagus. Karena setiap perusahaan atau industri produksi pasti akan membutuhkan pegawai K3. Kamu akan mempelajari tentang Ergonomi, Komunikasi Kesehatan, Higiene Industri, Toksikologi Industri dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk prospek kerja kamu dapat mendapatkan peluang bekerja di industri pertambangan, manufaktur, transportasi, minyak dan gas, rumah sakit, dan masih banyak lagi menjadi staff K3.

Farmasi

Jurusan farmasi akan mencetak sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan dalam bidang kesehatan. Farmasi sekarang ini tidak terbatas pada obat-obatan saja tetapi juga industri kosmetik. Lulusan jurusan ini mempunyai prospek kerja menjadi apoteker di rumah sakit, laboratorium, dan apotik, selain itu juga dapat mengisi posisi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Departemen Kesehatan, hingga pabrik atau industri obat-obatan.

Jurusan Ilmu Gizi

Jurusan ini akan mempelajari tentang hubungan antara pertumbuhan manusia, kualitas kesehatan tubuh, dan produktivitasnya. Kamu juga akan mempelajari berbagai jenis penyakit, anatomi tubuh, interaksi tubuh dengan makanan, obat-obatan dan fitokimia. Sedangkan prospek kerja menjadi lulusan ilmu gizi sangat beragam seperti menjadi penyuluh kesehatan, dosen, konsultan gizi, ahli gizi, bekerja pada industri makanan, Kementerian Kesehatan hingga BPOM.

Kesehatan Masyarakat

Dalam jurusan ini kamu akan belajar tentang upaya pencegahan penyakit, dan tindakan promosi kesehatan yang dilakukan di masyarakat. Jadi, selain kemampuan akademik kamu juga harus menguasai teknik berkomunikasi dengan baik. prospek jurusan ini kini sangat beragam kamu akan berpeluang bekerja pada bagian Quality Health Safety and Environment (QHSE) pada industri baik negeri maupun swasta, selain itu kamu juga berkesempatan bekerja di Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Sosial.

Bidang Matematika dan IPA

Statistika

Jurusan kuliah untuk anak IPS satu ini merupakan rumpun dari ilmu matematika, namun lebih menekankan pada perhitungan dan data yang kompleks. Statistika merupakan ilmu yang mempelajari untuk merencanakan, mengumpulkan, menganalisis dan mengimpreterpretasikan sebuah data agar dapat dipahami. Jurusan ini memiliki prospek kerja sebagai Data Analyst, Data Scientist, dan bekerja di Kementerian PPN, kementerian Informasi dan Teknologi, Lembaga survei dan masih banyak lagi.

Aktuaria

Jurusan mungkin masih asing bagi adik-adik dan belum banyak yang mengetahui, namun jurusan aktuaria merupakan disiplin ilmu yang menggabungkan antara statistika dan matematika. Kamu akan belajar cara menganalisis dan mengelola risiko dalam bidang asuransi, dan pensiun, investasi dana perbankan. Cakupan pekerjaan lulusan ini juga luas seperti di bidang asuransi jiwa, kesehatan dan manajemen risiko, agen penjualan asuransi, klaim dana asuransi properti, auditor, akuntan, surveyor asuransi hingga financial analyst.

Biologi

Pada jurusan kuliah untuk anak IPA program studi Biologi kamu akan mendalami ilmu tentang makhluk hidup, hewan, manusia, tumbuhan dan mikroba. Kamu juga akan mempelajari berbagai jenis atom organisme, genetika, fisiologi, molekul dan ekologi. Prospek jurusan ini kamu dapat menjadi ilmuwan yang bekerja di laboratorium, dosen, konsultan, Quality Control, analis, guru hingga biopreneur.

Bidang Pertanian dan Peternakan

Teknologi Pangan

Jurusan kuliah untuk anak IPA selanjutnya adalah Teknologi Pangan, kamu akan mempelajari tentang teknik pengolahan hasil pertanian dan peternakan untuk diproduksi menjadi produk siap konsumsi. Yang akan kamu pelajari antar lain dalam keterampilan praktis tentang produksi, pengawetan, keamanan dan evaluasi kualitas makanan. Prospek kerja yang akan kamu dapatkan setelah lulus adalah dapat bekerja di BPOM, Departemen Pertanian, LIP, BULOG, PTPN, Industri makanan menjadi seorang Quality control, food market research, konsultan gizi dan wirausaha.

Bioteknologi

Jurusan ini adalah gabungan antara ilmu biologi, kimia dan teknologi, kamu akan mempelajari pengembangan teknologi yang diterapkan pada makhluk hidup dengan tujuan menghasilkan nilai yang berguna. Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari tentang imunologi, DNA forensik, aplikasi bioinformatika, rekayasa genetika, dan masih banyak lagi, sedangkan prospek kerjanya adalah dalam bidang Riset dan Pengembangan, analisis, pengajar, auditor, quality control, biochemist engineer dan lain-lain.

Bidang Teknik

Teknik Nuklir

Jurusan ini kamu akan mempelajari tentang inti atom dengan menggunakan prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi serta materi dasarnya. Prospek kerja yang akan didapatkan adalah bekerja pada bidang energi seperti PLN, Pertamina, BATAN, PLTN dan lain-lain.

Teknik Elektro

Jurusan teknik elektro kamu akan mempelajari bidang kelistrikan seperti sistem tenaga, mikropropseseor, pembangkit listrik, konversi energi, dan lain-lain. Sedangkan prospek kerja yang akan kamu dapatkan adalah menjadi teknisi, bekerja di Pembangkit Listrik, industri telekomunikasi, manufaktur, hingga IT dan perminyakan.

Teknik Biomedis

Jurusan ini merupakan bidang ilmu yang mempelajari antara bidang biologi dan kedokteran dengan berbagai ilmu dasar serta rekayasa. Ilmu yang akan dipelajari meliputi ilmu elektro, komputer, biologi, kelistrikan, kimia dan kedokteran. Sedangkan prospek kerja jurusan ini kamu akan dapat bekerja di perusahaan farmasi, menjadi quality control, tenaga ahli mitra, bidang pendidikan hingga layanan masyarakat.

Demikian adalah beberapa rekomendasi jurusan kuliah untuk anak IPA yang dapat adik-adik jadikan inspirasi.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *