Don't Show Again Yes, I would!

Ruang Lingkup Biologi: Cabang Ilmu dan Tingkatan Organisme

Pernahkah kamu mengamati organisme yang berada di suatu kolam? Dalam satu kolam akan ada banyak beberapa komponen biotik maupun abiotik yang saling berhubungan. Komponen-komponen tersebut jika diamati dan dianalisis merupakan salah satu kajian dari ruang lingkup biologi.

Apa yang terlintas di pikiran kalian jika mendengar kata biologi? Biologi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang didalamnya terdapat ruang lingkup mengenai apa saja yang dipelajari. Komponen-komponen dalam ilmu biologi tersebut masuk kedalam ruang lingkup biologi.

Jadi apa saja sih ruang lingkup biologi itu? Untuk mengetahui lebih dalam simak ulasan di bawah ini.

Apa itu ruang lingkup biologi?

Sebelum kita membahas mengenai ruang lingkup biologi, sudah tahukah kalian jika biologi diambil dari bahasa latin bios dan logos. Bios artinya hidup dan logos artinya pengetahuan. Sehingga biologi dapat diartikan sebagai sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kehidupan.

Sebagai sebuah ilmu pengetahuan biologi memiliki komponen yang dijadikan objek, serta ciri-ciri lainya. Seperti dalam buku “Biologi untuk SMA/MA Kelas X” bahwa biologi memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Objek nya adalah suatu kajian atau benda yang konkret baik material atau formal
  • Berkembang dari pengalaman nyata yang dapat dilakukan setiap orang
  • Pengkajian menggunakan langkah-langkah urut dan baku
  • Sebagai ilmu memerlukan pemikiran logis dan konsisten
  • Menghasilkan kajian yang bersifat objektif
  • Teori yang dihasilkan bersifat umum

Dari penjelasan diatas maka ruang lingkup biologi adalah segala hal atau rangkuman tentang hal-hal dan bidang ilmu yang dipelajari dalam keilmuan biologi itu sendiri, mulai dari tingkat terendah hingga tertinggi.

Bidang ilmu atau hal yang dipelajari dalam biologi pasti berkaitan dengan yang lainya sehingga menciptakan ruang saling berhubungan. Misal kajian tentang simbiosis makhluk hidup dimana satu makhluk hidup dapat berpengaruh pada organisme lainya.

Cabang ilmu biologi

Dalam ruang lingkup biologi terdapat berbagai macam jenis ilmu yang dipelajari. Setiap ilmu tersebut terdapat bidang atau kajian khusus yang dipelajari menjadi cabang ilmu biologi. Cabang ilmu biologi ini dibedakan berdasarkan kajian ilmunya.

Ini dia beberapa cabang ilmu biologi yang masuk dalam ruang lingkup biologi.

  • Bioteknologi, yaitu ilmu yang mempelajari cara memanfaatkan makhluk hidup melalui proses produksi.
  • Ekologi, ilmu yang mempelajari interaksi makhluk hidup dengan makhluk hidup lainya dan lingkunganya.
  • Evolusi, yaitu ilmu yang mempelajari perubahan sifat yang diwariskan suatu organisme ke generasi selanjutnya terus menerus.
  • Mikrobiologi, yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari segala jenis mikroorganisme, yang hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop seperti bakteri, protozoa, dan fungi.
  • Zoologi, cabang ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang hewan baik struktur tubuh, fungsi, hingga perilaku hewan.
  • Morfologi, ilmu biologi yang mempelajari bentuk semua organisme secara spesifik.
  • Genetika, ilmu biologi yang mempelajari sel tubuh manusia.
  • Patologi, ilmu yang mempelajarai tentang penyakit, serta bangauman suatu penyakit muncul.

Tingkatan dalam ruang lingkup biologi

Untuk dapat mempelajari ilmu biologi maka kalian harus mengetahui tingkatan dan kajian ruang lingkup biologi itu apa saja. Sebuah ruang lingkup biologi memiliki tingkatan yang saling berhubungan satu sama lain. Berikut ini tingkatan tersebut.

Molekul

Pada tingkat pertama dan molekul sebagai salah satu bidang di ruang lingkup biologi, cabang ilmu yang khusus mempelajari molekul disebut dengan molekuler.

Organisasi molekul adalah tingkatan yang paling rendah dalam ruang lingkup biologi, karen materi penyusun berupa asam nukleat yang terdiri dari ADN atau ARN dna protein.

Sel

Pada tingkatan sel adalah bagian dari makhluk hidup, setiap makhluk hidup terdiri dari berbagai sel yang membentuk sebuah jaringan. Sehingga sel menjadi bagian terkecil penyusun tubuh seperti sel darah merah, sel sperma, sel telur, dll.

Jaringan

Jaringan dalam ruang lingkup biologi adalah sekumpulan sel yang kemudian terbentuk dengan fungsi yang sama. Jaringan tersusun dari sel-sel yang memiliki bentuk dan fungsi sama, lalu mengalami perubahan.

Misal yang termasuk dalam jaringan adalah jaringan ikat, jaringan epidermis, jaringan darah, dll.

Organ dan sistem organ

Setelah membentuk sebuah jaringan, kemudian jaringan-jaringan tersebut akan bergabung dan membentuk sebuah sistem sinergi. Organ merupakan ruang lingkup biologi yang terdiri dari jaringan-jaringan yang akan saling bekerjasama dan bersinergi.

Organ ini juga tidak dapat dipisahkan dari tingkatan lainya. Misal adanya organ jantung yang diatur oleh jaringan untuk dapat tetap memompa darah.

Individu

Individu adalah satu atau tunggal makhluk hidup yang memiliki sistem organ disebut dengan individu. Individu ini terbagi menjadi dua yaitu uniseluler dan multiseluler.

Populasi

Dalam ruang lingkup biologi populasi adalah organisme sejenis yang memiliki habitat dan tempat tinggal tertentu. Populasi adalah sekelompok individu untuk memenuhi sebuah habitat.

Misal kawanan burung sejenis yang terbang bersamaan atau migrasi ke tempat yang lebih hangat saat musim dingin.

Komunitas

Lebih tinggi lagi tingkatan dalam ruang lingkup biologi adalah komunitas. Komunitas adalah kumpulan berbagai populasi yang saling berinteraksi. Misal nya saja adalah populasi pohon cemara.

Ekosistem

Ekosistem merupakan kumpulan dari berbagai jenis populasi yang saling berinteraksi dan menjalin hubungan timbal balik.

Ekosistem dapat tersusun komponen biotik maupun komponen abiotik, biasanya dalam ekosistem inilah terlihat adanya rantai makanan.

Bioma

Daftar paling tinggi ruang lingkup biologi adalah bioma. Bioma adalah sekumpulan atau sejenis ekosistem yang berinteraksi dengan satu sama lain. Misal bioma adalah bioma padang rumput bioma hutan hujan, bioma tropis, bioma hutan gugur, dll.

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *