Salah satu fungsi pameran di sekolah bagi siswa adalah – Pasti sahabat duniamuid sering bertanya-tanya apa salah satu fungsi pameran di sekolah bagi siswa adalah?

Pertanyaan satu ini sering keluar di berbagai kegiatan di sekolahan. Sedangkan jawabannya sendiri cukup luas dan memiliki fungsi yang positif bagi siswa dan keikutsertaannya dalam pameran.

Saat ini lingkungan sekolah menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar dimana salah satu yang menjadi ciri utama kurikulum ini adalah kegiatan P5nya. Kegiatan P5 memiliki banyak manfaat bagi siswa terutama untuk menumbuhkan jiwa nasionalis pancasila pada siswa.

Sebelum membahas tentang salah satu fungsi pameran di sekolah bagi siswa adalah mari kita bahas tentang kegiatan P5 dimana keduanya saling berkaitan.

Mengenal Kegiatan P5 Kurikulum Merdeka

Salah Satu Fungsi Pameran Di Sekolah Bagi Siswa Adalah

P5 merupakan singkatan dari project penguatan profil pelajar pancasila. Dimana tujuannya untuk membangun jiwa pancasila siswa dalam keseharian dan kehidupan individunya.

Diharapkan setelah terjun ke masyarakat, siswa menjadi manusia yang berjiwa pancasila. Ada 6 dimensi utama dari P5 yaitu:

  • Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
  • Berkebinekaan global.
  • Bergotong-royong.
  • Mandiri.
  • Bernalar kritis.
  • Kreatif.

Tema Project P5

Salah Satu Fungsi Pameran Di Sekolah Bagi Siswa Adalah

Cakupan P5 sangatlah luas dan fleksibel sesuai dengan instansi masing-masing sekolah. Ada banyak tema yang bisa pendidik pilih untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif untuk peserta didik. Berikut ini beberapa tema dan contoh referensinya:

  • Gaya Hidup Berkelanjutan. Topik konservasi lingkungan: Gerakan peduli sampah untuk cegah banjir, penanaman pohon dan pengelolaan limbah.
  • Kearifan Lokal. SMK tata kecantikan: eksplorasi seni pranatacara adat Jawa. SMK tata busana: eksplorasi busana adat. dan lainnya.
  • Bhinneka Tunggal Ika. Topik kerukunan antar-agama: Membuat dialog lintas agama bersama tokoh masyarakat, pentingnya toleransi dan lainnya.
  • Bangunlah Jiwa dan Raganya. Jenjang SMP/SMA dan setara: Mencari solusi untuk masalah cyber bullying yang marak di kalangan remaja, Antisipasi bully di kalangan remaja, Pentingnya mental health dan lainnya.
  • Suara Demokrasi. Eksplorasi sistem musyawarah yang dilakukan masyarakat adat tertentu untuk memilih kepala desa, Eksplorasi pentingnya siskamling dan lainnya.
  • Rekayasa dan Teknologi. Membuat desain inovatif sederhana yang menerapkan teknologi untuk menjawab permasalahan di sekitar satuan pendidikan seperti administrasi keuangan, teknologi ujian dan lainnya.
  • Kewirausahaan. Membuat produk dengan konten lokal yang memiliki daya jual baik barang dan jasa.
  • Kebekerjaan. Kawasan industri sekitar Jakarta: budidaya dan pengolahan tanaman lokal yang ada di suatu daerah.

Biasanya kolaborasi dari beberapa tema itu dibuat pameran di sekolahan. Karena ada banyak fungsi dari pameran tersebut. Mari kita simak bersama.

Mengenal Pameran di Sekolah

Pameran merupakan sebuah aktivitas yang bertujuan untuk mempertunjukkan sebuah produk, karya seni dan lainnya. Jika pameran sekolah maka produk yang ditampilkan berhubungan dengan sekolah tersebut. Fungsi dari pameran adalah mempromosikan atau mengenalkan kepada khalayak tentang suatu hal khususnya siswa.

Salah Satu Fungsi Pameran Di Sekolah Bagi Siswa Adalah

Salah Satu Fungsi Pameran Di Sekolah Bagi Siswa Adalah

Jika anda bertanya salah satu fungsi pameran di sekolah bagi siswa adalah, maka jawabannya cukup luas. Berikut ini penjabaran fungsi dari pameran yang diadakan sebuah instansi sekolah:

1. Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Siswa

Pameran di sekolahan memiliki banyak fungsi dan manfaat, salah satunya adalah sebagai sarana untuk mengembangkan bakat kreatifitas siswa. Karena biasanya dalam pameran akan ada karya seni yang ditunjukkan seperti tarian, lagu, dekor stand dan lainnya untuk menarik perhatian orang lain.

Siswa yang sudah memiliki bakat makin semangat mengasah bakatnya karena diberikan ruang. Sedangkan siswa yang belum pernah memiliki bakat di suatu bidang akan mencoba hal baru yang menambah pengalamannya.

Karya seni yang dipamerkan tentu akan mendapatkan apresiasi dari orang lain. Dari apresiasi itulah siswa bisa mengetahui apakah kelebihan dan kekurangan dari suatu karya. Nantinya bisa menjadi perbaikan siswa ke depannya.

2. Melatih Siswa untuk Bersosialisasi dengan Masyarakat Luas

Salah satu fungsi pameran di sekolah bagi siswa adalah lainnya dari pameran adalah melatih siswa untuk bisa bersosialisasi dengan masyarakat luas. Dalam penyelenggaraan pameran tentunya butuh kerjasama yang melibatkan banyak orang. Seperti sesama siswa, guru, komite dan orang disekitar lingkungan sekolah.

Untuk mewujudkan pameran yang sukses dibutuhkan persiapan yang matang. Salah satu bentuk yang mendukung persiapan matang adalah komunikasi yang baik antara tim.  Nah di fase inilah siswa belajar bagaimana bekerjasama dengan orang lain dan bagaimana berkomunikasi yang tepat.

Belum lagi ketika pameran berlangsung pasti akan ada banyak tamu yang datang. Siswa akan lebih dituntut untuk bisa berkomunikasi dan merespon orang lain. Tentunya pembelajaran ini sangat berguna apalagi nanti di masa siswa sudah lulus sekolah dan waktunya terjun di masyarakat.

3. Sarana Rekreasi dan Perencanaan Program

Dalam pameran jika siswa dilibatkan dalam perencanaan hingga pelaksanaan maka siswa akan memiliki pengalaman yang berharga dalam membuat suatu acara. Pengalaman inilah yang bisa menjadi bekal siswa untuk membuat kegiatan serupa.

Selain itu, pameran juga bisa menjadi sarana siswa untuk berkreasi. Pasalnya, kegiatan satu ini berbeda dari kegiatan-kegiatan pembelajaran biasanya yang dilakukan di kelas.

Pameran biasanya dilakukan di luar kelas dengan suasana yang lebih menyenangkan. Siswa jadi tidak bosan dengan metode pembelajaran yang itu-itu saja.

4. Media Promosi Siswa dan Sekolah

Pameran bisa menjadi ajang promosi baik bagi siswa maupun sekolahan. Siswa diuntungkan dengan adanya pameran karena bisa mempromosikan keahlian atau produk yang dimilikinya.

Pameran biasanya menampilkan produk-produk siswa untuk dikenalkan ke masyarakat, siswa bisa menyiapkan brosur untuk dibagikan sehingga masyarakat bisa lebih mengenal apa yang siswa miliki.

Sedangkan promosi di sekolahan adalah mengenalkan sekolah dan kegiatan unggulan dari sekolah ke masyarakat luas. Ini juga bisa dijadikan promosi PPDB secara gratis.

Sebagai contoh ketika pameran produk hasil kewirausahaan siswa maka masyarakat akan tertarik dan memberikan label ke sekolahan bahwa jika sekolah di sekolah tersebut maka anaknya bisa mandiri berwirausaha dan dibekali dengan ilmu-ilmu berwirausaha.

5. Membangkitkan Motivasi Siswa dalam Berkarya

Salah satu fungsi pameran di sekolah bagi siswa adalah berikutnya adalah membangkitkan motivasi siswa dalam berkarya. Artinya dalam pameran tentu mengangkat satu tema, siswa diwajibkan memiliki produk atau kreativitas yang bisa dipamerkan.

Misalkan saja produk kewirausahaan, produk karya seni, atau lainnya. Inilah yang membangkitkan motivasi siswa karena harus memiliki suatu produk sendiri sehingga memikirkan bagaimana cara membuatnya.

6. Saran Edukasi

Fungsi yang selanjutnya adalah fungsi edukasi. Karena dengan adanya pameran bisa mendidik siswa baik secara knowledge maupun skill. Siswa bisa mendapatkan pengalaman tidak terlupakan dari perencanaan pameran, produk yang akan dipamerkan, pengelolaan kegiatan dan juga lainnya.

Penutup

Karena banyak sekali Salah satu fungsi pameran di sekolah bagi siswa adalah, maka tidak heran bila kegiatan pameran sering diadakan oleh pihak sekolah.terutama saat kegiatan P5 berlangsung. Pameran dalam kegiatan P5 biasanya bertema kearifan lokal sesuai dengan daerah sekolah masing-masing.

Kearifan lokal ini mengangkat seni pertunjukan, seni musik, produk-produk, dan lainnya yang berbau ciri khas daerah tertentu. Dengan hadirnya pameran P5 ini diharapkan siswa lebih mengenal tentang keunikan daerah tempat tinggalnya dan semakin mencintai budaya khas setempat.

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *