Don't Show Again Yes, I would!

Simak Syarat Masuk Dapodik 2023 Beserta Kelengkapan Dokumen yang Dibutuhkan

Apa saja syarat masuk Dapodik bagi guru honorer?.

Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sebuah aplikasi pendataan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud), dimana aplikasi ini digunakan untuk mengumpulkan dan memeriksa data satuan pendidik, peserta didik, dan tenaga kependidikan, serta substansi pendidikan lainya.

Dapodik ini digunakan oleh satuan pendidikan SD/MI/SDLB, SMP/MTs, SMPLB, dan SLB, sehingga bagi Anda Bapak/Ibu guru harus dapat mengoperasikan aplikasi ini dengan baik.

Bagi guru Dapodik ini sangatlah penting, apalagi jika Anda akan mendaftarkan diri dalam seleksi PPPK guru. Hal tersebut karena untuk mendaftar menjadi PPPK, seorang guru honorer harus terdaftar dalam Dapodik Kemdikbud. Untuk mendaftarkan diri, Bapak/Ibu guru harus mengetahui syarat masuk Dapodik itu sendiri.

Oleh karena itu, berikut ini disajikan syarat masuk Dapodik serta dokumen yang dibutuhkan untuk para guru.

Syarat Masuk Dapodik

Bagi Bapak/Ibu guru yang sekarang mengajar di satuan pendidikan Sekolah Negeri, simak syarat masuk Dapodik berikut ini untuk mempersiapkan diri saat mendaftarkan diri.

Surat Pengantar Kepala Sekolah

Untuk syarat masuk Dapodik pertama adalah guru honorer harus mengantongi surat pengantar resmi dari Kepala Sekolah. Surat ini berisi bahwa guru tersebut resmi menjadi bagian dari satuan lembaga pendidikan di tempatnya mengajar.

Salinan SK Pembagian Tugas

Salinan Surat Keputusan (SK) pembagian tugas diperlukan oleh guru honorer, surat ini harus dikeluarkan oleh satuan pendidikan.

Fotokopi KTP

Sebagai tand apengenal maka siapkan fotokopi KTP saat mendaftar di Dapodik.

Fotocopy KK

Kartu Keluarga (KK) juga diperlukan sebagai syarat masuk Dapodik.

Fotocopy Ijazah Terakhir

Salinan dari ijazah terakhir juga jangan lupa untuk disiapkan.

Surat Pernyataan Kepala Sekolah PTK baru dibayar dengan Dana BOS

Salinan Surat Keputusan (SK) pengangkatan

-Bagi PTK berstatus pegawai tidak tetap dan mengajar di sekolah negeri, berupa SK pengangkatan atau Surat Perjanjian Kerja, yang ditetapkan oleh satuan pendidikan disana.

-Bagi PTK berstatus CPNS/PNS, berupa SK pengangkatan sebagai CPNS/PNS yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian yang bersangkutan.

-Bagi PTK yang mengajar di sekolah swasta, berupa SK pengangkatan atau Surat Perjanjian Kerja yang ditetapkan oleh Ketua Yayasan Pendidikan.

Nah itu dia syarat masuk Dapodik 2023 terbaru, beserta dengan kelengkapan dokumen yang perlu Anda siapkan mulai dari sekarang.

Prosedur Pengajuan

Setelah Anda memenuhi kelengkapan dokumen, maka selanjutnya data tersebut perlu diajukan terlebih dahulu. Proses pengajuan Dapodik ini pertama pihak sekolah akan menyetorkan berkas-berkas guru lewat GTK Dinas Pendidikan Kota untuk disampaikan ke Kemendikbud.

Lalu berkas-berkas tersebut akan diverifikasi terlebih dahulu,setelah itu baru data-data yang telah disetorkan akan dimasukkan ke dalam sistem Dapodik. Anda perlu menunggu proses ini dengan sabar, karena proses pemasukan data membutuhkan waktu yang lumayan lama, jika banyak antrian lain.

Jika data yang diajukan telah dimasukkan oleh operator Dinas Pendidikan, maka data Anda telah masuk ke dalam sistem Dapodik.

Tetapi jika terdapat masalah pada dokumen seperti kurang lengkap, maka data Anda tidak akan dapat masuk. Sehingga jangan lupa untuk memastikan kelengkapan dan kebenaran dokumen syarat masuk Dapodik.

Pemberitahuan untuk apakah data Anda telah masuk akan disampaikan kembali melalui Satuan Pendidikan, dimana Anda mengajar.

Mengecek Apakah Data Telah Masuk

Jika syarat masuk Dapodik elah lengkap,d na data Anda telah dimasukkan pada sistem, Anda dapat mengecek aplikasi Dapodik.

Anda dapat mengunjungi website resmi Dapodik atau klik http://dashboardgtk.data.kemdikbud.go.id/.

Selanjutnya jika Anda telah masuk ke dashboard GTK, pilih tab cek data GTK atau guru honorer. Selanjutnya aturlah data-data sesuai dengan diri Anda. Pilih data sekolah dengan mencari nama sekolah Anda. Setelah ditemukan maka akan tampil semua data guru yang ada di sekolah Anda.

Kemudian untuk mengetahui apakah Anda telah masuk cari nama Anda, jika nama telah tercantum maka artinya Anda telah masuk dalam sistem Dapodik guru.

Demikian informasi mengenai syarat masuk Dapodik 2023 terbaru, beserta dengan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen dengan baik agar data Anda dapat segera masuk ke dalam sistem Dapodik.

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *