Don't Show Again Yes, I would!

Sistem Pencernaan Manusia, Organ yang Berperan dan Fungsinya

Sistem pencernaan manusia terdiri dari beberapa tahap yang dijalankan oleh organ-organ pencernaan. Proses pencernaan ini sangat penting bagi manusia. Karena manusia mendapatkan energi dari apa yang dimakan.

Sistem pencernaan manusia seperti saluran yang memanjang dari mulut hingga ke anus. Dalam proses tersebut terdapat organ yang memiliki peran dan fungsi untuk membantu sistem pencernaan manusia berjalan dengan baik.

Makanan akan dapat diserap oleh tubuh secara baik, jika kita memiliki sistem pencernaan yang baik.

Lalu organ apa saja yang berperan dalam sistem pencernaan ini? Ayo simak penjelasannya dalam ulasan berikut ini.

Jenis Pencernaan Manusia

Dalam sebuah sistem pencernaan manusia makanan akan dipecah menjadi molekul yang bentuknya lebih sederhana, sehingga sari-sari makanan dapat diserap oleh tubuh.

Pemecahan makanan tersebut pasti membutuhkan organ yang digunakan dalam proses pencernaan. Organ pencernaan dapat bekerja secara dua cara yaitu secara mekanik dan kimiawi.

Apakah perbedaan jenis sistem pencernaan manusia tersebut? Berikut adalah perbedaan pencernaan mekanik dan kimiawi.

Pencernaan Mekanik

Pencernaan mekanik merupakan proses perubahan makanan dari bentuk semula menjadi lebih kecil. Berawal dari bentuk yang besar dan kasar menjadi kecil dan halus. Sistem pencernaan manusia mekanik dilakukan dengan bantuan gerakan-gerakan pada tubuh. .

Gerakan-gerakan pada proses pencernaan mekanik dapat berupa mengunyah, menelan, menghancurkan, mendorong, dan meremas makanan.

Sedangkan anggota tubuh yang berperan dalam pencernaan mekanik adalah gigi, lidah, kerongkongan dan organ lain yang dapat bergerak untuk membantu proses penyerapan energi dalam sistem pencernaan manusia.

Pencernaan Kimiawi

Pencernaan kimiawi adalah proses pencernaan yang menggunakan enzim-enzim dalam tubuh. Dalam sistem pencernaan manusia ini makanan diolah dengan bantuan enzim supaya dapat diserap oleh tubuh. Enzim adalah sebuah zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh, enzim berfungsi untuk mempercepat reaksi-reaksi kimia dalam tubuh.

Dalam proses ini makanan diubah menjadi partikel kecil kemudian dipecah lagi sehingga dapat diserap oleh tubuh manusia. Enzim dapat dihasilkan dalam sistem pencernaan oleh kelenjar pencernaan. Kelenjar pencernaan misalnya adalah air liur, kelenjar hati, kelenjar getah bening dan kelenjar pankreas.

Organ Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan manusia dikerjakan oleh organ mulai dari mulut hingga anus. Organ inilah yang bertugas membuat makanan dicerna oleh tubuh dan diserap.

Berikut ini adalah organ dalam sistem pencernaan manusia.

1. Mulut

Organ pertama yang dimasuki makanan dalam sistem pencernaan manusia adalah mulut. Pencernaan yang terjadi di dalam mulut adalah jenis pencernaan mekanik dan kimiawi. 

Pencernaan mekanik dilakukan oleh gigi dan lidah, sedangkan pencernaan kimiawi oleh kelenjar ludah.

Bagian-bagian yang membantu sistem pencernaan manusia di mulut yakni gigi, lidah, dan kelenjar ludah.

  • Gigi

Gigi digunakan untuk mengunyah, menggigit, serta mengoyak makanan supaya menjadi lebih halus, dan dapat masuk ke saluran pencernaan. 

  • Lidah

Lidah berguna untuk mengaduk makanan dalam rongga mulut serta membantu proses penelanan makanan ke kerongkongan. Lidah juga memiliki fungsi sebagai indra perasa. Rasa asin pada bagian tepi lidah, rasa manis bagian ujung, rasa asam bagian samping, dan rasa pahit bagian belakang lidah.

  • Kelenjar ludah

Terdapat 3 kelenjar ludah dalam rongga mulut yaitu kelenjar parotis pada bawah telinga, kelenjar submandibularis pada rahan bawah, dan kelenjar sublingualis bapa bawah lidah. Kelenjar parotis berfungsi menghasilkan ludah cair. Kelenjar submandibularis dan sublingualis berfungsi menghasilkan getah yang mengandung air dan lendir

Kelenjar ludah menghasilkan enzim yang berfungsi sebagai membantu proses pencernaan kimiawi, yaitu enzim ptialin yang berfungsi mengubah karbohidrat menjadi gula sederhana atau maltosa.

2. Kerongkongan

Esofagus atau kerongkongan pada sistem pencernaan manusia berfungsi sebagai saluran yang menghubungkan rongga mulut dengan lambung.

Pada ujung esofagus terdapat daerah yang disebut dengan faring, yang berupa klep atau katup yang mengatur agar makanan tidak masuk ke tenggorokan.

Kerongkongan melakukan pencernaan kimiawi karena melakukan gerakan mendorong makanan masuk ke lambung, gerakan tersbeut dinamakan peristaltik. 

3. Lambung

Dalam lambung sistem pencernaan manusia yang terjadi adalah pencernaan kimiawi yang dibantu oleh enzim. Sedangkan pencernaan mekanik dilakukan oleh otot yang melingkar dan memanjang sehingga menyebabkan lambung dapat berkontraksi dan membuat makanan teraduk.

Enzim di lambung yang membantu proses pencernaan antara lain adalah.

  • Mukus atau lendir lambung: melindungi dinding lambung dari kerusakan asam lambung.
  • Asam HCl atau asam lambung: berfungsi untuk membunuh kuman penyakit atau bakteri yang masuk melalui makanan, serta mengaktifkan pepsinogen dan pepsin.
  • Enzim lipase: memecah lemak menjadi asam lemak serta gliserol
  • Enzim renin: berfungsi mengendapkan protein susu atau kasein
  • Enzim pepsin: berfungsi untuk mengubah protein menjadi pepton dan proteosa.

4. Usus halus

Usus halus atau intestinum berfungsi sebagai tempat penyerapan sari-sari makanan serta disini makanan akan diproses secara kimiawi. Terdapat 3 bagian yang ada pada usus halus yakni usus 12 jari, usus kosong, dan usus penyerapan.

  • Usus 12 jari atau duodenum

Mempunyai fungsi sebagai tempat pencernaan kimiawi, dari lambung makanan akan masuk ke usus duabelas jari. Kemudian makanan dicerna oleh enzim amilase,lipase, dan tripsin yang dihasilkan oleh pankreas, serta maltase yang dihasilkan oleh usus halus.

  • Usus kosong atau jejunum

Setelah makanan dicerna di usus dua belas jari, makanan akan masuk usus kosong. Dalam usus kosong Berfungsi untuk menyerap gula, asam amino dan asam lemak.

  • Usus penyerapan atau ileum

Setelah makanan diserap dari usus kosong maka makanan masuk ke usus ileum disini akan terjadi prose penyerapan makanan.

5. Usus besar

Kolon atau usus besar adalah lanjutan dari usus ileum dimana akan telah terserap kemudian masuk ke usus besar ini. Fungsi kolon adalah menyerap air, menghasilkan vitamin K, vitamin H sebagai hasil simbiosis dengan bakteri usus seperti E.coli, membentuk feses, mendorong makanan hasil pencernaan keluar tubuh. Proses pembusukan makanan pada usus besar dibantu oleh bakteri Escherichia coli.

Bagian dari usus besar digolongkan menjadi 2 yakni kolon dan rektum.

  • Kolon: merupakan tempat dimana fese mengalami pemadatan,serta sisa-sisa air akan diserap kembali oleh tubuh.
  • Rektum: adalah tempat penyimpanan feses sementara waktu.

6. Anus

Anus atau rektum merupakan organ sistem pencernaan manusia yang terakhir setelah semua hasil pencernaan diserap tubuh. Rektum berupa lubang pembuangan feses, fungsi utama rektum adalah sebagai tempat pembuangan sisa-sisa pencernaan tubuh yang sudah tidak berguna. 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *