Don't Show Again Yes, I would!

Sistem Pernapasan pada Manusia: Organ dan Prosesnya

Sistem pernapasan pada manusia terdiri dari beberapa organ yang memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing.

Sistem pernapasan merupakan proses penting dalam tubuh manusia, karena menentukan bagaimana tubuh dapat menyuplai oksigen.

Organ atau alat pernapasan membuat kita dapat menghirup oksigen yang nantinya akan diedarkan keseluruhan tubuh, sehingga kita dapat tetap hidup.

Lalu bagaimana proses sistem pernapasan pada manusia itu? Untuk mengetahui organ dan fungsinya masing-masing simak ulasan berikut ini.

Organ pada Sistem Pernapasan Manusia

Udara dapat masuk ke paru-paru melalui sebuah sistem pernapasan yang terdiri dari beberapa organ penting. Berikut ini adalah organ-organ dalam sistem pernapasan pada manusia.

Rongga Hidung

Sistem pernapasan pada manusia yang pertama adalah rongga hidung. Udara masuk pertama kali ke rongga hidung. Di Dalam hidung ini ada rambut-rambut kecil yang berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran yang masuk bersama udara. Selain itu dalam rongga hidung terdapat selaput kelenjar minyak dan kelenjar keringat yang berfungsi menangkap benda asing.

Faring

Faring atau tenggorokan adalah organ  dalam sistem pernapasan pada manusia yang berfungsi untuk menyalurkan udara yang masuk ke butuh ke organ selanjutnya. Dalam faring terdapat dua cabang yaitu saluran pernapasan dan saluran tenggorokan.

Trakea

Trakea merupakan batang tenggorokan yang letaknya di bagian leher hingga ke rongga dada. Bentuknya seperti pipa dan sangat tipis serta kaku, berupa rongga yang bersilia. Silia digunakan untuk menyaring benda asing yang masuk bersama dengan udara dalam saluran pernapasan.

Trakea berfungsi untuk menyalurkan udara ke paru-paru. Trakei kemudian becabang dan menjadi saluran kecil disebut dengan brokiolus.

Laring

Laring adalah pangkal tenggorokan yang berbentuk saluran dan dikelilingi oleh tulang rawan. Tulang rawan ini disebut dengan epiglotis. Katup epiglotis yang fungsinya adalah untuk menutup dan membuka batang tenggorokan sehingga makanan tidak masuk ke saluran pernapasan.

Di Dalam laring terdapat tempat pita suara berada. Ketika kita bernafas maka udara akan masuk melatih pita suara yang berhimpitan, hal ini akan membuat pita suara bergetar dan dapat menghasilkan suara.

Bronkus

Sistem pernapasan pada manusia selanjutnya adalah bronkus yang fungsinya adalah sebagai penyedia jalan untuk udara masuk ke paru-paru. Bronkus juga memiliki silia berupa rambut-rambut kecil yang bergerak bergelombang. Fungsi sillia adalah untuk menyaring udara, sehingga saat kita merasa ada dahak atau lendir itu adalah cara organ pernapasan mencegah debu masuk ke paru-paru.

Alveolus

Alveolus adalah percabangan dari bronkus yang berupa kantong-kantong kecil. Dalam alveolus ini terjadi pertukaran oksigen dengan karbondioksida.

Paru-paru

Paru-paru terletak di dalam tulang rusuk yang berjumlah dua pasang. Paru-paru berfungsi untuk menampung udara, sehingga oksigen dapat disalurkan ke seluruh tubuh. Paru-paru dibagi menjadi dua bagian yaitu paru-paru kanan dan kiri.

Didalam paru-paru inilah terdapat bronkus dan alveolus serta pembuluh darah,. Yang berfungsi santa penting dalam proses peredaran oksigen ke seluruh tubuh.

Proses Pernapasan pada Manusia

Terdapat dua proses dalam sistem pernapasan pada manusia yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut.

Pernapasan dada

Penegasan ini terjadi saat otot tulang rusuk luar berkontraksi, tulang rusuk akan terangkat sehingga dada membesar. Kemudian tekan pada rongga dada menjadi lebih kecil. Sehingga tekanan udara rongga dada mengecil dan aliran udara masuk dari luar tubuh ke dalam tubuh yang disebut dengan inspirasi.

Sedangkan saat otot tulang rusuk berkontraksi, tekanan udara menjadi bertambah, sehingga udara keluar disebut dengan ekspirasi.

Pernapasan Perut

Prosesnya adalah saat otot diafragma rileks maka oto di dinding perut akan kontraksi, yang membuat rongga perut terdesak. Otot diafragma berkontraksi yang disebut dengan inspirasi dan saat berelaksasi disebut dengan ekspirasi.

Demikian Adalah proses sistem pernapasan pada manusia. Organ-organ pernapasan antara lain adalah rongga hidung, tenggorokan, laring, paru-paru, bronkus dan alveolus yang mempunyai fungsi dan kegunaannya masing-masing dalam proses pernapasan manusia. Sistem pernapasan dimulai dari rongga hidung ke faring kemudian udara masuk ke laring dan trakea. Setelah itu udara masuk ke paru-paru melewati trakea-bronkus dan alveolus. Tempat pertukaran udara ada di alveolus paru-paru.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *