Don't Show Again Yes, I would!

Soal dan Pembahasan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 41 42 43 44 Kurikulum Merdeka, Review Bab

Kali ini, kita akan membahas kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 41 42 43 44 Kurikulum Merdeka. Halo sobat duniamu.id, adik-adik kelas 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang saat ini tengah belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) ayo simak pembahasan dalam ulasan berikut.

Tujuan dari pembahasan kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 41 42 43 44 Kurikulum Merdeka dalam artikel ini dengan tujuan supaya dapat digunakan sebagai bahan belajar dan evaluasi adik-adik.

Soal dalam pembahasan kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 41 42 43 44 yang disajikan berdasarkan buku paket Ilmu Pengetahuan Alam yang disusun oleh Victoriani Inabuy, dkk dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud) Republik Indonesia.

Pembahasan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 41

Sebelum sobat duniamu.id menyimak kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 41 42 43 44 Kurikulum Merdeka jangan lupa membaca kembali materi Bab 1 Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah dalam buku paket.

Pembahasan yang akan disajikan merupakan alternatif jawaban dan masih perlu pengembangan lebih jauh. Semua jawaban serta nilai tergantung pada guru pengajar masing-masing.

Review Bab

Jawablah pertanyaan dibawah ini untuk melatih mengingat kembali pemahaman kalian akan materi yang telah dipelajari pada Bab 1 ini.

1. Ada enam cabang utama ilmu Sains, yaitu Astronomi, Biologi, Fisika, Kimia, Geologi dan Ekologi. Sebutkan fokus masing-masing cabang ilmu tersebut.

Astronomi: benda-benda langit seperti bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang atau galaksi.

Biologi: makhluk hidup di bumi, mulai organisme mikro hingga organisme makro.

Fisika: zat dan energi, seperti energi panas, cahaya dan bunyi.

Kimia: materi, susunan struktur materi dan perubahannya, sifat benda.

Geologi: bumi, termasuk material pembentuk bumi dan segala proses yang terjadi di dama serta permukaan bumi.

Ekologi: hubungan atau interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungannya.

2. Identifikasi lima hal yang akan menimbulkan masalah keselamatan di laboratorium IPA dalam gambar berikut ini. Berikan alasan kalian mengapa hal tersebut menjadi masalah.

Jawaban:

Hal-hal yang dapat menimbulkan masalah adalah:

  • Berlarian di dalam laboratorium, hal ini dapat membahayakan karena dapat menumpahkan bahan-bahan kimia atau zat berbahaya yang dapat mencelakai.
  • Tidak menggunakan peralatan laboratorium seperti jaz, kacamata pelindung dan sarung tangan, hal tersebut dapat berbahaya karena jika terkena tumpahan bahan kimia akan langsung terkena kulit dan dapat menyebabkan iritasi atau bahkan terluka. Tidak menggunakan sarung tangan dapat menyebabkan kecelakaan kerja saat menyentuh tabung reaksi yang panas. Tidak menggunakan kacamata pelindung menambah resiko terpercik cairan atau bahan kimia.
  • Meletakkan benda-benda sembarangan, hal ini dapat membahayakan karena jika diletakkan di jalan dapat menimbulkan resiko tersandung dan jatuh. Meletakkan benda sembarangan seperti di ujung meja dapat menyebabkan benda jatuh dan mengenai orang disekitarnya.
  • Bersenda gurau dna melempar-lempar benda sembarangan. Hal tersebut adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan di dalam laboratorium karena dapat mengganggu orang lain sehingga ornag tersebut dapat melakukan kesalahan. Melempar benda ke teman dapat menyebabkan teman terkejut atau terluka saat melakukan uji coba menggunakan bahan-bahan atau zat kimia.
  • Melakukan praktikum atau uji coba tidak sesuai instruksi guru. Melakukan sesuatu yang tidak sesuai instruksi seperti mencampur beberapa bahan kimia tanpa arahan guru dapat menyebabkan kecelakaan atau terluka jika bahan yang dicampur aktif.
  • Sembarangan memutus kabel atau beraian dengan stop kontak, hal tersebut dapat menyebabkan tersetrum, jadi saat bekerja menggunakan kabel yang tersambung harus hati-hati dan tidak boleh asal memutus, memegang atau memotongnya.
  • Makan di dalam laboratorium, makan dan minum dilarang dilakukan karena kondisi laboratorium harus steril. Bisa saja makanan terkontaminasi bahan dan zat kimia jika masuk ke tubuh dapat menjadi racun.

Pembahasan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 42, Nama Alat Laboratorium

3. Apakah nama alat-alat laboratorium di bawah ini? Terbuat dari bahan apakah alat-alat tersebut dan apa saja kegunaan alat-alat itu? Tuliskan jawaban kalian dengan lengkap.

Jawaban:

a. Gelas kimia, terbuat dari kaca berfungsi untuk mencampur dan memanaskan atau mendidihkan bahan kimia dengan jumlah yang sedikit.

b. tabung reaksi terbuat dari gelas/kaca, berfungsi untuk mereaksikan dua larutan atau bahan kimia lebih, sebagai penampung reaksi kimia dalam skala medium dan melakukan percobaan reaksi kimia skala kecil.

c. cawan porselen terbuat dari keramik, berfungsi untuk melakukan percobaan dalam reaksi kimia, seperti proses penguapan, pemisahan, evaporasi dan kristalisasi.

d. gelas ukur terbuat dari plastik atau kaca, berfungsi untuk mengukur volume larutan maupun zat cair yang akan digunakan dalam percobaan.

e. corong terbuat dari kaca atau plastik, berfungsi untuk memindahkan atau memasukkan larutan ke wadah seperti botol dan tabung reaksi.

f. labu erlenmeyer terbuat dari kaca, berfungsi untuk menampung cairan atau larutan dalam proses titrasi, serta untuk mencampur atau memanaskan larutan/cairan.

g. termometer terbuat dari kaca yang berisi alkohol atau air raksa, berfungsi untuk mengukur suhu.

h. kaki tiga terbuat dari logam, berfungsi sebagai penopang alat alin saat proses pemanasan.

Pembahasan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 43, Hasil Pengukuran

4. Apakah perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan?

Jawaban:

Besaran pokok adalah besaran yang digunakan untuk menetapkan besaran lain, sedangkan besaran turunan adalah besaran yang ditetapkan dari besaran pokok. Besaran pokok tidak tergantung dengan besaran lain, sedangkan besaran turunan bergantung pada besaran pokok.

5. tuliskan hasil pengukuran di bawah ini disertai dengan satuannya yang benar. (lihat gambar dalam buku paket).

a. hasilnya 410C

b. 220 ml

c. 17,4 cm

d. 100 g

Pembahasan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 44, Menyelidiki Pengaruh Penambahan Garam

6. Berdasarkan gambar di bawah ini (lihat buku paket), tentukan volume baru.

Jawaban:

Diket:

V sebelum = 20 ml

V sesudah = 40 ml

Ditanya: Berapa volume batu?

Jawab: Volume batu = V sebelum – V sesudah

V batu = 40 – 20 = 20 ml

Jadi, volume batu adalah 20 ml.

7. Bagus, Raffen, Nyongki, dan Daniel ingin mengetahui apakah waktu untuk mendidihkan air akan cepat apabila airnya diberikan garam terlebih dahulu atau tidak.

Jawaban:

a. menentukan tujuan percobaan: untuk Menyelidiki Pengaruh Penambahan Garam pada Waktu Didih Air

b. menentukan variabel dalam percobaan: variabel bebas adalah jumlah garam, variabel terikat adalah waktu didih air, variabel kontrol adalah wadah yang digunakan, jumlah air, dan pengaduk yang digunakan.

c. tulis langkah-langkah kerja:

  • Siakan dua wadah berisi air dengan volume yang sama
  • Berikan garam pada salah satu wadah, dan aduk hingga larut
  • Taruh kedua wadah pada kompor/ tempat memanaskan
  • Nyalakan kompor sekaligus mulai timer
  • Ukur suhu pada beberapa kurun waktu, seperti setelah satu menit, dua menit dan catat hasilnya
  • Saat air mendidih catat waktu pada masing-masing wadah
  • Analisa apakah ada pengaruh pemberian garam terhadap waktu didih air.

Itulah soal dan pembahasan kunci jawaban IPA Kelas 7 halaman 41 42 43 44 Kurikulum Merdeka. Selamat Belajar.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *