Don't Show Again Yes, I would!

Soal dan Pembahasan Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 29 34 Kurikulum Merdeka

Pembahasan kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 29 34 – halo sobat duniamu.id kali ini kita akan membahas mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bab I Keluarga Awal Kehidupan.

Manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi bermoral memiliki beberapa ciri khas yang dapat dilihat dalam aktivitas sehari-hari. Kali ini adik-adik dapat memahami perbedaannya dalam pembahasan kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 29 34.

Namun, perlu diingat kembali bahwa pembahasan kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 29 34 38 yang disajikan merupakan jawaban alternatif, yang dapat dikembangkan lagi. Segala jawaban benar dan penilaian adalah tanggung jawab guru masing-masing.

Oleh sebab itu, soal dan pembahasan yang disajikan bertujuan sebagai bahan belajar dan evaluasi bagi adik-adik kelas 7 maupun orang tua serta Bapak/Ibu guru.

Soal dan Pembahasan Kunci Jawaban IPS Kelas 7 halaman 29 34Cara Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus

 

Soal dan pembahasan kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 29 34 dalam artikel kali ini berdasarkan buku paket Ilmu Pengetahuan Kurikulum Merdeka oleh Kemdikbud.

Jangan lupa sebelum menyimak kunci jawaban berikut ini bacalah kembali materi yang ada pada buku paket.

Langsung saja simak kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 29 34 berikut ini.

Kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 29

Pembahasan pertama sesuai dengan Lembar Aktivitas 10,Aktivitas Kelompok.

1. Buatlah kelompok yang masing-masing terdiri dari 4-5 orang.

2. Diskusikan dan jawab pertanyaan berikut ini:

A Carilah contoh aktivitas manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral. Tulis hasil identifikasi dalam tabel berikut: (lihat table pada buku paket).

Alternatif Jawaban:

Contoh Aktivitas Manusia

Sebagai Makhluk Sosial:

  • Bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar bersama dengan tetangga
  • Saling tolong menolong, membantu orang tua menyeberang jalan, membantu guru membawa barang/buku ke kelas
  • Berteman dengan semua anak di kelas tanpa membeda-bedakan suku, ras dan agama
  • Menaati peraturan di sekolah, seperti masuk kelas tidak terlambat, memakai seragam dengan lengkap dan rapi
  • Menegur sapa, menyapa saat bertemu dengan guru dan teman di jalan
  • Aktif dalam organisasi, mengikuti organisasi seperti OSIS atau karang taruna
  • Saling menghormati, berkata sopan dan santun pada orang lain

Sebagai Makhluk Ekonomi yang Bermoral:

  • Menjual barang dengan jujur dan memperhatikan kualitas
  • Menawar saat membeli sesuatu dengan bahasa yang sopan dan santun
  • Sebagai nelayan menangkap ikan menggunakan jala dan alat yang diperbolehkan, tidak mencari ikan dengan racun atau bom yang menimbulkan kerusakan
  • Sebagai seorang guru, mengajar siswa dengan tujuan mencerdaskan generasi muda bangsa dengan
  • Tidak menimbun barang saat ada kelangkaan, seperti gas atau minyak
  • Industri dengan bahan baku kayu, melakukan penebangan pohon sesuai dengan aturan yang berlaku
  • Seorang yang bekerja keras melakukan pekerjaan dengan jujur dan penuh tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan hidupnya

B. Apa pentingnya manusia sebagai makhluk sosial?

Alternatif Jawaban:

Manusia sebagai makhluk sosial berarti bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia memerlukan bantuan dari orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Sehingga manusia tidak akan dapat hidup tanpa adanya bantuan dari orang lain, karena tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari manusia pasti butuh bantuan lain, untuk mempercepat dan memenuhi keinginan dan kebutuhannya.

C. Apa pentingnya manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral?

Alternatif Jawaban:

Sebagai makhluk ekonomi manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan melakukan kegiatan produksi maupun konsumsi. Sehingga sebagai makhluk ekonomi yang bermoral manusia akan dapat melakukan kegiatan ekonomi dengan cara yang baik dan benar.

Melakukan kegiatan ekonomi dengan bermoral berarti tidak melakukan aktivitas seperti korupsi, monopoli atau penipuan yang dapat merugikan orang lain.

D. Bagaimana tanggapan kalian jika di lingkungan sekitar ada orang yang menjalankan kegiatan ekonomi tetapi tidak menjunjung nilai moral? Berikan solusinya.

Alternatif Jawaban:

Tanggapan saya maka kegiatan yang dilakukan akan mengganggu orang lain bahkan dapat merusak orang disekitarnya, sehingga tidak sepantasnya melakukan kegiatan ekonomi tetapi tanpa menjunjung nilai-nilai moral yang baik.

Solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan menegur atau memberi nasihat, tetapi jika kegiatan yang dilakukan telah merugikan orang lain dan termasuk dalam kejahatan maka harus segera dilaporkan dpa pihak yang berwenang.

Kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 34

Lembar Aktivitas 11, Aktivitas Kelompok

1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 3-4 orang kelompok!

2. Diskusikanlah  bagaimana pengaruh masing-masing agen sosialisasi dalam pembentukan karakter Individu?

3. Presentasikan  hasil diskusi kelompok kalian di depan kelas.

Alternatif Jawaban:

Agen sosialisasi adalah pihak yang melakukan sosialisasi. Terdapat empat agen sosialisasi yaitu keluarga, teman sepermainan, sekolah dan media massa,

Sedangkan sosialisasi adalah proses penanaman atau transfer nilai dan kebiasaan dari pihak ke pihak lain. Dalam masyarakat proses sosialisasi sangatlah penting karena sebagai manusia dan makhluk sosial pasti membutuhkan aktivitas sosialisasi.

Berikut ini adalah pengaruh masing-masing agen sosialisasi bagi pembentukan karakter individu.

Keluarga: merupakan agen sosialisasi pertama yang sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter individu. Karena keluarga adalah tempat pertama yang dikenal individu sebelum melangkah ke masyarakat. Misal dibesarkan pada keluarga yang harmonis penuh kasih sayang maka anak akan tumbuh menjadi anak yang memiliki empati tinggi.

Sekolah: pada agen sosialisasi ini berperan untuk mengenalkan individu pada beberapa peran yang dapat dipilih saat beranjak dewasa. Individu akan mulai mengenal bakat, minat dan passion nya yang dapat menentukan masa depan. Individu juga akan belajar hal-hal baru yang tidak didapatkan di lingkungan keluarga. Sosialisasi di sekolah juga akan menampakkan kedisiplinan dan sikap persatuan antar individu.

Teman sepermainan: pada agen ini individu dapat dipengaruhi kebiasaan dan kesukaannya seperti selera musik, sudut pandang, cara belajar dan gaya berpakapakain. Pada sosialisasi teman sepermainan individu akan belajar bersosialisasi. Namun, ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan karena teman sepermainan dapat membawa dampak negatif yang kurang baik bagi pertumbuhan karakter.

Media massa; akan membentuk individu yang kritis dan mendapatkan pengetahuan yang luas. Media massa adalah sarana komunikasi yang dapat memberikan berbagai informasi. Informasi ini yang kemudian akan diserap oleh seseorang dan dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari. Pengaruhnya yang dapat dilihat misalnya ketika menyaksikan hal-hal yang baik di televisi kemudian mengikuti hal tersebut seperti membantu orang lain. Melihat tayangan memasak di televisi kemudian anak ingin menjadi seorang koki.

Demikian adalah soal dan pembahasan kunci jawaban  IPS kelas 7 halaman 29 34 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *